Penyebab Kondisi Bayi Susah Tidur

Bayi susah tidur www.johnsonsbaby.co.id
Bayi susah tidur

www.johnsonsbaby.co.id

Masalah bayi susah tidur memang bisa menimbulkan rasa frustasi. Salah satu penyebab frustasi adalah karena orang tua merasa tidak berdaya mengatasi hal ini. Bayi memiliki pola tidur yang berbeda dari orang dewasa, dan perbedaan ini membatasi solusi yang bisa orang tua lakukan. Sebagai contoh, kamu tidak bisa membuat bayi baru lahir untuk tidur 8 jam dalam semalam tanpa terbangun, kamu juga tidak seharusnya mencoba meraih gol tersebut. Bayi memiliki kebutuhan psikologis tersendiri.

Menimbang hal tersebut, kamu tidak bisa menghadapi masalah bayi susah tidur dengan cara yang sama dengan masalah tidur pada anak. Sebagai contoh, peneliti memperingatkan masalah penolakan perilaku umum seperti membiarkan anak menangis hingga tidur, sebetulnya tidak cocok untuk bayi berusia dibawah 6 bulan. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apa – apa. Untuk bayi berusia lebih muda dari 6 bulan, ada banyak taktik aman dan lembut untuk meningkatkan kualitas tidur.

Pada banyak kasus, kesulitan tidur pada bayi disebabkan masalah kondisi medis yang tidak terlihat, beberapa kondisi medis ini bisa berbahaya, jadi penting untuk menyamakan bahasa atau cara mendidik dengan pengasuh bayi paling utama, baik ayah, ibu, atau orang lain.

Namun, tenang saja, peneliti juga menemukan majoritas kesulitan tidur pada bayi disebabkan karena faktor lingkungan. Artikel ini berfokus pada menghadapi perilaku bayi yang memiliki masalah tidur.

Mengenali masalah tidur pada bayi sangatlah bergantung pada usia sang bayi itu sendiri. Pola tidur bayi baru lahir jauh berbeda dibanding anak yang lebih tua, dan bayi umumnya tidak bisa diharapkan tidur lelap dalam waktu lama atau bisa diatur jam tidurnya saat malam, pola tidur ini akan berlangsung setidaknya sampai bayi berusia 3 bulan. Di banyak kasus, bayi dengan kondisi baik malah tidak bisa mencapai target tidur teratur sampai dengan berusia 6 bulan.

Jadi jika kamu memang ingin mencari koreksi yang tepat, mohon tetap mengingat berapa usia bayi kamu saat ini. Misal saja, bayi kamu sekarang berusia 8 minggu, sangat tidak masuk akal jika kamu mengkhawatirkan bayi tidak mau menuruti jadwal tidur yang ketat. Tapi bisa saja membantu jika ritual menenangkan bayi pada waktu malam.

Kebanyakan bayi tidak bisa membedakan kapan waktu yang tepat untuk merasa capek. Jadi beri pengenalan perlahan dengan membiarkan bayi terekspos sinar matahari di pagi dan siang hari, dan jauhkan bayi dari cahaya lampu sebelum dan selama waktu tidur. Sebagai tambahan, pastikan bayi dapat memahami tanda perbedaan malam dan siang.

Hindari mendorong bayi beraktivitas yang terlalu membuatnya senang sebelum tidur (seperti main ciluk ba) karena dapat membuat sistem saraf simpatik menyala, saraf inilah yang membuat bayi terjaga. Jadi sangat penting untuk menghindari aktivitas semacam ini setidaknya 2 sampai 3 jam sebelum waktu tidur.

Sangat wajar jika bayi mengeluarkan suara atau bahkan menangis ketika masih dalam tidur atau setengah tidur. Bahkan, hal ini bisa terjadi ketika bayi tidur lelap, Sebagai salah satu bagian siklus tidur yang mana sangat kecil kemungkinan ia bangun. Jika kamu terlalu cepat menenangkan bayi, sebetulnya kamu malah membangunkan bayi yang sedang tidur.

Beberapa orang tua mungkin sedikit berlebihan yang mana menyebabkan masalah kesulitan menidurkan bayi dengan terlalu heboh ketika bayi bergerak sedikit saja. Jika memang kamu ingin menidurkan bayi dengan cepat, hindari interaksi sosial dalam bentu apapun dengan bayi. Ingat, berinteraksi dengan kamu adalah hal paling menarik di mata bayi, jadi biarkan rutinitas menidurkan bayi terlihat membosankan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*