Penyebab Bayi Susah Tidur

Penyebab bayi susah tidur www.johnsonsbaby.co.id
Penyebab bayi susah tidur

www.johnsonsbaby.co.id

Penyebab Bayi Susah Tidur dapat bermacam-macam, semua ini tergantung keluhan atau perasaan yang bayi sedang alami. Jika bayi merasakan ketidak nyamanan atau merasa butuh sesuatu, ia akan cenderung sering menangis dan rewel hingga akhirnya ia sulit tidur.

Tentunya hal ini sering kali  membuat orangtua gusar ketika melihat si buah hati tidak bisa tidur nyenyak. Karena itu, agar Anda lebih peka dengan permasalahan ini, Anda perlu mengetahui penyebab bayi susah tidur.

          Bayi Lapar

          Salah satu bentuk komunikasi bayi ketika ia membutuhkan sesuatu adalah menangis. Bayi yang rewel dan susah ditidurkan, baik di siang hari maupun di malam hari bisa disebabkan karena lapar. Coba susui si Kecil jika ia susah ditidurkan. Selain itu, bayi yang sudah mendapatkan MPASI bisa juga diberi makan terlebih dulu supaya perutnya tidak lapar dan mau tidur, namun sebaiknya berikan anak makan 1 – 2 jam sebelum tidur.

          Ingin Ganti Popok

          Rata-rata bayi usia 6 bulan mengompol sekitar 5-7 kali dalam semalam, maka segeralah ganti popoknya apabila basah, dengan begitu si kecil akan lebih nyenyak tidurnya. Hal ini akan membuat si Kecil merasa tidak nyaman dan sulit ditidurkan. Usahakan untuk sering mengecek popok sekali pakai si Kecil dan segera ganti jika sudah penuh atau terkena kotorannya, begitupun di malam hari. Popok yang bersih akan membuat bayi merasa nyaman dan tidur lebih nyenyak.

          Ruam Popok

          Bayi sering menangis dan rewel bisa jadi karena ia merasakan perih dan tak nyaman dibagian bokongnya. Penyebabnya bisa karena sering buang air, kebersihan kulit yang tidak terjaga, atau bisa juga dikarenakan bayi Anda menerima asupan antibiotik dari ASI sang ibu.

Bila ruam popok sudah terlanjur menimpa bayi Anda, agar tidak bertambah parah, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Gantilah popok yang basah sesering mungkin
  2. Hindari penggunaan tisu basah karena dapat menambah iritasi
  3. Cukup keringkan bagian yang basah dengan cara menepuk kulitnya, jangan digosok
  4. Gunakan krim pelindung dengan dioleskan tipis di kulit bayi
  5. Hindari menggunakan popok terlalu kencang

Gangguan Kesehatan

Bayi yang mengalami gangguan kesehatan memang biasanya akan rewel dan susah ditidurkan. Gangguan kesehatan yang kerap dialaminya dan membuat susah tidur, seperti batuk, pilek, demam, dan hidungnya tersumbat. Maka Anda dapat membawa buah hati Anda ke dokter untuk diperiksa. Jika perlu, bawa bayi ke dokter.

Bayi Tidak Nyaman dengan Pakaian yang Digunakan

Sering kali bayi sulit tidur dan rewel karena ketidaknyamanan yang dia alami. Bayi bisa saja susah tidur karena baju yang dikenakannya tidak nyaman. Pakaikan baju bayi yang berbahan lembut, nyaman dipakai, dan tidak membuat bayi gerah. Perhatikan pula ukuran bajunya, jangan pakaikan baju yang terlalu sempit maupun kedodoran karena akan membuat anak tidak bebas dalam bergerak.

Terlalu Banyak Bermain

Jika Anda mengajak bayi bermain mendekati waktu tidurnya, bisa membuatnya senang sekaligus kelelahan. Hal ini dapat membuat bayi sulit diajak tidur. Usahakan untuk tidak mengajaknya bermain ketika bayi sudah terlihat mengantuk.

Pembiasaan Orang Tua

Membantu bayi untuk tidur setiap malam akan membuat dia tidak bisa belajar untuk tertidur sendiri. Sebaliknya ia akan menangis untuk mendapatkan apa yang membantu dia untuk bisa tidur. Jika ibu senantiasa menemani bayi sebelum tidur, ia akan bergantung pada ibu untuk menunggu ditemani tidur.

Jika bayi sebelum tidur selalu ditemani benda seperti empeng atau dot, ia akan bergantung pada benda-benda ini. Jika suatu ketika dot atau empeng kesayangan bayi hilang, Ibu akan kerepotan karena bayi akan rewel. Cobalah menempatkan dia ke tempat tidur ketika dia mengantuk, tapi tidak menungguinya hingga tertidur dan jangan juga membiasakan bayi dengan benda-benda tersebut karena hal itu dapat menjadi penyebab bayi susah tertidur.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*