Penyakit Yang Banyak Membunuh 20% Balita Di Dunia

Friso

www.friso.co.id

Ada yang dinamakan dengan kematian tunggal pada balita. Artinya, kematian yang disebabkan oleh satu jenis penyakit saja, jumlahnya cukup mencengangkan dimana 20% balita di seluruh dunia meninggal karena penyakit ini. Penyakit apakah yang dimaksud? Yaitu penyakit pneumonia. Beruntung sekali jika ibu sudah tahu apa itu penyakit pneumonia. Jadi, ibu bisa benar-benar melakukan antisipasi agar anak ibu tidak terkena pneumonia.

Apa sajakah yang seharusnya ibu ketahui tentang penyakit mematikan ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Ciri-Ciri pneumonia

Sebenarnya tidak mudah untuk mengetahui apakah si kecil mengalami penyakit pneumonia atau tidak. Karena gejalanya hampir sama dengan balita yang mengalami masalah sesak nafas. Biasanya disertai dengan batuk.

Banyak orang tua yang tidak menyadari jika anak mereka mengalami pneumonia karena memang gejalanya seperti penyakit biasa. Penting sekali bagi ibu untuk segera membawa si kecil ke dokter jika ia batuk, sesak nafas, dan disertai badan panas sangat tinggi.

Setidaknya ibu bisa mendapatkan penjelasan dari dokter apakah si kecil mengalami penyakit biasa atau justru pneumonia. Karena langkah cepat dibutuhkan agar pneumonia tidak merenggut nyawa si kecil.

Penyebab Pneumonia

Sekarang, ibu juga perlu tahu apa yang menjadi penyebab pneumonia yang bisa dialami oleh balita. Ternyata, menurut penelitian, bakteri menjadi penyebab utamanya. Akan tetapi, tidak hanya itu saja. Karena virus juga bisa menyebabkan penyakit pneumonia. Dan penyebab yang berbeda membutuhkan penangangan yang berbeda pula.

Memang ada beberapa penyakit pada balita yang disebabkan oleh bakteri dan juga virus. Ada juga yang disebabkan oleh kuman yang masuk ke dalam tubuh. Dari sekian banyak penyakit, pneumonia menjadi penyakit yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih.

Ibu bisa lebih banyak mempelajari penyakit pada balita yang disebabkan oleh bakteri di www.friso.com. Dengan harapan ibu bisa melakukan pencegahan jika tahu bakteri tersebut itu berasal dari mana.

Tindakan yang Tidak Boleh Ibu Lakukan

Salah satu gejala pneumonia adalah sesak nafas yang disertai dengan batuk. Sayangnya, banyak orang tua yang jika menemukan balita mereka batuk langsung memberikan obat batuk.

Jika positif balita mengalami pneumonia, sebenarnya pemberian obat batuk itu tidak disarankan. Karena justru hal tersebut bisa mengakibatkan durasi infeksi lebih lama.

Akan lebih baik jika ibu konsultasi dengan dokter secara langsung. Atau ibu bisa konsultasi online dulu dengan dokter anak di situs Friso. Silakan ibu mengajukan pertanyaan dan juga tunjukkan gejala apa saja yang dialami oleh balita ibu dan dokter anak akan merespon secepatnya.

Banyak penyakit membahayakan bagi balita yang bisa mengakibatkan kematian. Sayangnya, hal tersebut tidak banyak diketahui oleh para orang tua.

Jadi, bukan karena penyakitnya saja yang berbahaya tapi juga disebabkan ketidaktahuan orang tua sehingga mereka tidak bisa melakukan penanganan yang tepat.

Itulah mengapa ibu sebagai orang tua harus lebih banyak mencari referensi tentang bagaimana menjaga kesehatan balita dan bagaimana cara melakukan penanganan yang tepat terhadap segala jenis penyakit. Salah satu referensi yang direkomendasikan adalah www.friso.com. Di sana, terdapat berbagai jenis artikel yang bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, ada juga forum tanya jawab dengan pakar. Jadi, di sana ibu tidak hanya mendapatkan informasi penting tapi juga bisa sekaligus berkonsultasi dengan dokter.

Diharapkan dengan mudahnya mendapatkan informasi kesehatan, balita di Indonesia lebih terjamin kesehatannya karena bukan dokter yang memiliki tugas menjaga kesehatan balita tapi juga ibu sebagai orang tua.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*