Penuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil dengan Mengkonsumsi Cemilan

gizi ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Gizi ibu hamil bisa didapatkan dari mana saja, tak terkecuali cemilan. Mungkin ibu banyak mendapatkan informasi tentang gizi untuk ibu hamil yang bisa didapatkan dari jenis makanan yang sangat membosankan. Beberapa makanan terasa tidak lezat untuk dikonsumsi.

Namun, ternyata ibu bisa mendapatkan nutrisi ibu hamil dari cemilan yang sangat lezat dan enak untuk dijadikan teman saat bekerja atau bersantai di rumah.

Anggapan yang Salah tentang Cemilan

Menjaga bayi sehat mulai saat di dalam kandungan itu tanggungjawab ibu. Namun, bukan berarti mengkonsumsi cemilan bisa mengganggu kesehatan bayi dalam kandungan. Ada yang bilang cemilan itu banyak mengandung zat yang kurang baik. Apalagi kebanyakan cemilan diproduksi dengan mencampurkan zat perasa dan bahan pengawet. Dari situlah banyak orang menganggap tidak ada gunanya menngkonsumsi cemilan. Selain tidak ada nilai gizi ibu hamil, beberapa bahan yang digunakan untuk membuat cemilan tersebut juga tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Memang benar kebanyakan cemilan mengandung bahan kimia. Namun, apakah ibu yakin bahan kimia tersebut bisa mengganggu kesehatan ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan?

Yang harus dipahami adalah bahwa tidak semua kandungan berupa bahan kimia di dalam cemilan itu berbahaya. Sama halnya dengan fast food. Para ahli gizi pasti setuju jika fast food itu tidak baik bagi kesehatan, terutama ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan adanya bahan kimia dan proses memasaknya yang tidak betul-betul matang. Namun, bukan berarti fast food dilarang untuk dikonsumsi. Dalam kadar yang tidak terlalu banyak, boleh saja mengkonsumsi fast food, tak terkecuali ibu hamil karena di dalam fast food terdapat juga gizi ibu hamil yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan.

Begitu juga dengan cemilan. Selain bahan kimia yang belum tentu berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin, terdapat juga nutrisi ibu hamil yang diperlukan. Hanya saja, ibu harus memilih cemilan yang bahan kimianya sedikit atau kalau bisa cemilan yang ibu pilih benar-benar tidak mengandung bahan kimiawi. Lebih dari itu, pastikan juga cemilan tersebut dibuat dari bahan yang mengandung gizi ibu hamil.

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Dari penjelasan tersebut di atas, jelas bahwa cemilan juga mengandung gizi untuk ibu hamil asalkan ibu benar-benar selektif memilih cemilan.

Salah satu cemilan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah cemilan berupa kacang-kacangan. Jika ibu bekerja, ibu bisa membawa satu bungkus cemilan berupa kacang polong untuk menemani hari-hari ibu di kantor.

Selain kacang polong, ibu juga bisa membawa cemilan berupa keripik bayam. Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung gizi ibu hamil yang diperlukan untuk memastikan janin berkembang dengan normal.

Tentu saja masih banyak lagi jenis cemilan yang bisa ibu pilih. Yang jelas, pilihlah cemilan yang bahan kimiawinya minim dan pastikan cemilan tersebut terbuat dari bahan yang mengandung nutrisi ibu hamil.

Apa Pentingnya Cemilan

Sekarang berapa usia kehamilan ibu? Jika masih dalam masa kehamilan muda, ibu harus tahu bahwa janin rentan sekali mengalami keguguran. Gizi ibu hamil trimeseter 1 benar-benar diperlukan. Hindari menahan lapar karena pada dasarnya kebutuhan nutrisi tidak hanya diperlukan oleh tubuh ibu, tapi juga janin.

Untuk menahan rasa lapar ketika waktu makan belum tiba, ibu bisa mengkonsumsi cemilan. Cara yang mudah, efektif, dan sehat untuk menjamin kesehatan ibu dan janin, bukan?

Itulah mengapa penting sekali cemilan karena banyak sekali cemilan yang bisa ibu pilih yang mengandung gizi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*