Pentingya ASI Bagi Bayi Yang Harus Diketahui Para Calon Ibu

pentingnya asi bagi bayi tribunnews.com

Mungkin Anda masih ingat bagaimana banyaknya cara pemerintah dalam menyerukan pemberian Air Susu Ibu ASI untuk bayi, memang keputusan untuk memberi ASI adalah sesuatu yang bersifat personal tetapi para ahli kesehatan mendukung pemberian ASI dan mereka pun menyampaikan banyak pesan bahwa pentingnya ASI bagi bayi dalam memberikan nutrisi yang lengkap dan kekebalan pada bayi serta keuntungan psikologi untuk kesehatan bayi.  Namun kenyataannya pemberian ASI sangat sulit dalam prakteknya. Kapanpun bayi merasa lapar, para ibu lebih cenderung memilih memberikan susu formula.

Beberapa Bukti Pentingya ASI Untuk Si Kecil

Jika dibandingkan ASI dengan produk susu kalengan atau formula untuk sang buah hati, ASI tetap terunggul dan tak terkalahkan. Karena ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh sang bayi , misalnya saja  DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi, oleh karenanya ASI jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu apapun.

ASI, menjadi makanan utama sang buah hati, selain karena kegunaannya sebagai makanan utama ASI juga berperan dalam mendekatkan kedekatan jiwa antara sang ibu dan sang anak. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau anak yang mendapatkan ASI eklusif dari sang ibu akan cenderung mempunyai kedekatan dan hubungan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI.

Karena ASI mempunyai  banyak keunggulan kandugan zat-zat penting yang terkandung didalamnya yang membuat bayi berkembang dengan optimal. ASI juga mempunyai keunggulan lain untuk pembentukan sistim Imun sang bayi. Sistem imum merupakan sistim yang sangat krusial untuk sang bayi, semakin baik sistim imun anak maka akan membuat anak jarang sakit. Dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI, bayi yang mendapatkan asupan ASI mempunyai sistim imun atau sistim kekebalan tubuh yang jauh lebih baik. Tidak seperti susu yang lain, ASI tidak akan basi, sebab ASI langsung dihasilkan dipayudara sang ibu tanpa campur tangan bahan kimia, yang terpenting selama asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu bergizi seimbang dan tepat, maka ASI yang dihasilkanpun mempunyai kualitas yang baik.

Karena ASI langsung diberikan melaui puting sang ibu dengan ASI yang tersimpan dipayudara ibu akan menjaga keadaan ASI steril dan dengan suhu yang tepat sesuai untuk kebutuhan sang buah hati. Bila dibandingkan dengan susu formula atau susu kaleng, keduannya memerlukan alat bantu berupa botol dot agar bisa dikonsumsi oleh sang bayi. Kesterilan dari susu seperti ini perlu dipikirkan lagi, sebab  dalam proses pembuatan susu dan memasukan ke dalam botol ada banyak kemungkinan bahwa susu tersebut tercemar dengan senyawa lain.

Baik itu  dari susunya sendiri sudah tercemar, air yang digunakan belum tentu streril dan yang penting botol dot yang digunakan untuk minum sang bayi juga belum tentu bebas dari kuman. ASI menjadi pelindung yang baik untuk sang bayi dari berbagai penyakit atau insiden seperti kematian bayi secara mendadak, gangguan pencernaan, diare, infeksi telinga dan lain-lain. ASI memiliki sistematika cara kerja yang sangat unik, karena dengan sendirinya komponen ASI akan berubah sesuai dengan kebutuhan dan usia sang bayi.

ASI juga mampu memberi rangsangan kepada sang bayi agar kebal terhadap berbagai bahan makanan, perlu diingat untuk hal ini keragaman dan ke-berimbagan makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu akan turut menentukan. ASI sangat penting keberadaanya khususnya untuk bayi usia 0-6 bulan, karena di usia ini ASI merupakan makanan wajib bagi sang buah hati. Manfaat ASI bukan hanya untuk sang bayi akan tetapi juga untuk sang ibu , karena dengan menyusui sang ibu dapat melepaskan ketegangan yang ada pada payudaranya, selain itu memperkecil resiko sang ibu terkena kanker ovarium, dibanding dengan wanita yang tidak memberikan ASI.

Manfaat Dan Pentingnya ASI Bagi Bayi  

Sistem imun tubuh bayi lebih kuat dan kebal sama penyakit. Karena setiap ASI yang masuk ke dalam tubuh bayi mengandung zat anti bodi yang bisa membantunya melawan dan menghadang segala macam bakteri dan virus. Oleh karena itu, resiko terkena atau terserang penyakit seperti diare, infeksi pendengaran, infeksi saluran pernapasan, kontipasi, bahkan bisa berkembang menjadi pengidap diabetes tipe 2 lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi yang selalu diberikan ASI eksklusif.

Anak akan  jauh lebih cerdas. Karena menurut para ahli kesehatan bahwa asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki atau mengandung peran yang sangat penting bagi kecerdasan otak bayi. Ditambah lagi dengan hubungan emosional antara ibu dan si buah hati yang terjadi selama proses menyusui sehingga memungkinkan untuk berkontribusi. Berat badan menjadi ideal. Oleh karenanya dengan  minum ASI eksklusif , si buah hati akan tumbuh dengan bobot tubuh normal. Kenapa demikian? Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa ASI mengandung lebih sedikit insulin jika dibandingkan dengan susu formula.

Sedangkan insulin sendiri dapat memicu pembentukan lemak. Dan ASI sendiri tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi. Disamping  itu, bayi akan memiliki suatu hormon leptin yang lebih dimana fungsinya mengatur nafsu makan dan metabolise lemak. Manfaat yang ke empat yaitu tulang bayi akan menjadi lebih kuat. Pentingnya ASI bagi bayi dan pemberian ASI eksklusif kepada bayi selama 3 bulan atu lebih akan membentuk tulang leher dan tulang belakang menjadi lebih kuat jika dibandingkan pemberian ASI kurang dari 3 bulan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*