Pentingnya Susu Untuk Ibu Menyusui Yang harus Diketahui

cara memperbanyak asi www.awalsehat.nestle.co.id

Kita sepakat bahwa ibu menyusui membutuhkan sejumlah nutrisi yang lebih besar agar kualitas ASI terjaga. Banyak tersedia produk susu untuk ibu menyusui yang terkadang membuat para ibu berfikir bahwa itu memang diperlukan .Kualitas dan kuantitas ASI, itulah yang harus selalu dijaga oleh setiap ibu menyusui. Karena walau bagaimanapun ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, tidak bisa tergantikan oleh susu fomula sebagus apapun atau semahal apapun.

Cara menjaga kualitas ASI diantaranya dengan menjaga asupan makanan selama menyusui, penuhilah kebutuhan nutrisi harian dengan makanan bergizi dan seimbang. Apapun yang diknonsumsi oleh ibu menyusui, maka sedikit banyak akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI yang pada gilirannya berdampak pada kesehatan bayi. Diperlukan apabila ibu khawatir bahwa ada beberapa nutrisi vitamin dan mineral yang tidak dapat dipenuhi dengan menu makanan sehari-hari.

Perlukah Susu Untuk Ibu Menyusui?

Tidak perlu apabila ibu sudah menjaga asupan nutrisi harian dengan baik. Tidak boleh apabila penggunaan susu ibu menyusui menimbulkan dampak buruk pada bayi, seperti reaksi alergi. Susu ibu menyusui memang diperlukan. Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi dua sampai tiga gelas susu setiap harinya. Keterangan ini disinyalir untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

Sedangkan kalsium tidak hanya terdapat dalam susu sapi, tetapi juga di banyak makanan di sekitar kita. Lebih lanjut silahkan pelajari di sini: Makanan yang Mengandung Tinggi Kalsium Namun perlu difahami bahwa susu sapi tidak wajib dikonsumsi selama menyusui, yang perlu digarisbawahi dalam masalah ini adalah asupan nutrisi penting yang ibu butuhkan harus terpenuhi.

Susu untuk ibu hamil dan menyusui yang kaya nutrisi dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi selama masa kehamilan, serta memberikan pondasi yang baik untuk perkembangan janin. Ibu, tentunya kehamilan merupakan momen kebahagiaan yang sangat dinantikan dalam kehidupan rumah tangga anda. Tentunya Ibu juga pasti akan memilih produk susu ibu hamil yang terbaik agar janin yang dikandung tumbuh dengan baik dan sehat.

Bahkan kebutuhan nutrisi Ibu di masa kehamilan dan menyusui ikut meningkat seiring dengan kehadiran si Kecil yang memerlukan asupan bergizi untuk tumbuh dan berkembang. Tahukah Ibu, bahwa susu yang diperkaya dengan nutrisi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan si kecil saat masih di dalam kandungan. Susu yang memiliki kandungan Prebiotik, diperkaya dengan ALA, LA, Nukleotida, Asam Folat, Kalsium, dan Zat Besi sangat penting untuk perkembangan Ibu dan si kecil.

Nutrisi tersebut tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu ketika hamil dan menyusui, tetapi juga mengoptimalkan perkembangan si Kecil dengan memperkuat dan melindungi tubuhnya dari dalam. Sebagai Ibu yang bijak, tentunya Ibu perlu tahu apa saja fungsi dari masing-masing nutrisi yang terkandung pada susu Ibu hamil dan menyusui.

Protein yang terkandung dalam produk susu harus mudah dicerna, karena seluruh proses produksi, mulai dari pakan rumput berkualitas hingga menjadi produk akhir, dilakukan sendiri oleh Friesland Campina untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan yang berlebihan, sehingga nutrisi alami yang terkandung dalam susu tetap terjaga kualitasnya.

Nukleotida adalah nutrisi mikro yang berfungsi membangun blok-blok DNA dan RNA sebagai inti dari sel tubuh, sehingga dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan saluran pencernaan. Nutrisi ini pun mendukung kesehatan pencernaan si Kecil serta dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuh.

Cara Tepat  Memilih Susu Untuk Ibu Menyusui

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi susu selama menyusui, maka pilihlah susu yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang harus Ibu perhatikan;

– Kandungan kalsium.

Salah satu sumber kalsium adalah susu. Kalsium yang masuk dalam tubuh sang ibu akan ikut dikeluarkan bersama dengan ASI. Dengan demikian, akan dihasilkan ASI yang mengandung kalsium tinggi, dimana kalsium ini sangat dibutuhkan oleh bayi untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kebutuhan selama menyusui adalah 1000 mg perhari. Kandungan Lemak. Lemak memang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi, namun umumnya ibu menyusui harus membatasi asupan lemak.

Dengan memilih susu rendah lemak, maka upaya ibu untuk mendapatkan kembali berat badan ideal atau bahkan tubuh langsing dan sehat akan lebih mudah tercapai. Susu ibu menyusui biasanya disertai dengan kadnungan tambahan yang memang khusus untuk masa menyusui. Ekstrak daun katuk atau ekstrak kurma biasanya sengaja ditambahkan karena bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI. Dengan demikian, kuantitas ASI akan selalu terjaga untuk memenuhi asupan bayi setiap harinya.

– Jenis Susu

Jenis susu yang sering digunakan oleh ibu menyusui adalah susu sapi. Karena sinyalir bahwa susu ini memiliki kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang cukup lengkap sebagai tambahan nutrisi selama menyusui. Akan tetapi, bila ternyata sang bayi mengalami gejala-gejala alergi setelah ibu minum susu sapi, maka jangan gunakan lagi. Sebagai gantinya pilihlah susu kambing, jika susu kambing alergi juga maka gunakanlah susu kedelai.

Dan yang terakhir jika gak mau ribet, maka tak perlu minum susu. Pada dasarnya, susu untuk ibu menyusui hanyalah sebagai pelengkap saja.

Fokus utama dan terpenting adalah memenuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi dan susu untuk ibu menyusui agar ASI yang dihasilkan juga berkualitas, kesehatan ibu pun ikut terjaga.  Sebagian kecil bayi sensitif terhadap protein yang ditemukan dalam susu sapi. Jika bayi mengalami tanda-tanda sensitif atau alergi terhadap susu sapi, maka ibu harus menghentikan diri dari konsumsi susu sapi atau produk lain yang terbuat dari susu sapi.

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*