Pentingnya Menjaga Kebersihan Tempat Tidur Bayi

Tempat tidur bayi www.johnsonsbaby.co.id

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bayi menghabiskan mayoritas waktu dalam sehari hari di lingkup tempat tidur bayi. Entah hanya untuk bermain, berguling, melihat langit langit kamar, atau tidur siang, kasur telah menjadi bagian besar dari hidupnya.

Mengingat kasur bayi adalah salah satu investasi yang cukup merogoh kocek orang tua, tentu bunda harus memastikan hasil pengeluaran yang cukup banyak ini tidak berakhir dengan sia sia dengan memperhatikan bagaimana kondisi tempat tidur si kecil, termasuk kebersihan.

Meski bayi termasuk mahluk yang masih suci, dan polos, namun bakteri dan kuman tidak mengenal siapa yang ia hinggapi, dimana ia tinggal, apa kerugian yang ia sebabkan. Sedangkan seperti yang telah diketahui bayi masih memerlukan waktu untuk membangun pertahan kekebalan tubuh, kuman dan bakteri bisa masuk dan mengacaukan kesehatan bayi tanpa memerlukan kerja keras berlebih. Lebih sedih lagi, terkadang bunda atau ayah malah menyalahkan faktor faktor di sekeliling bayi kala bayi sedang tidak sehat padahal bisa jadi sumber penyakit bayi ada pada kasur.

Mulailah dengan memperhatikan kebersihan yang menutupi matras kasur bayi. Cobalah mengingat kembali kapan terakhir kali bayi muntah? Bayi mengompol? Atau mengganti popok? Apabila memang baru terjadi beberapa menit sebelum bunda membaca artikel pentingnya menjaga kebersihan tempat tidur bayi, dan seprei yang melekat di kasur bayi masihlah seprei yang sama, segera mungkin bangkit dang anti seprei tersebut. Apabila mungkin ada baiknya langsung mencuci seprei daripada nantinya menumpuk.

Jangan masukkan ke dalam mesin cuci baju. Mesin cuci baju telah dimasuki banyak pakaian dan mungkin telah banyak deterjen yang terlalu keras mengendap di dalam, jadi yah, mesin cuci baju adalah pilihan yang jelek. Sama halnya dengan pakaian dalam, seprei bayi harus diperlakukan khusus karena media satu ini akan menempel di kulit bayi paling sering dibanding peralatan bayi lain.

Carilah deterjen super lembut yang diklaim tanpa bau sehingga cenderung lebih aman untuk bayi. Semprotkan ke area dimana bekas bekas kotoran (muntahan, tempat mengganti popok, atau ompol) berada lalu gosok. Jemur di tempat penuh cahaya dengan banyak angin agar seprei cepat kering dan bisa digunakan kembali.

Hanya karena seprei terlihat masih bersih, bukanlah jaminan bahwa ‘kebersihan’ ini benar benar menjauhkan kuman. Ingatlah bayi adalah mahluk menggemaskan dan selalu ingin dicintai oleh banyak orang di luar bunda. Orang orang ini termasuk ayah, kakek, saudara, om, bulek, tante, atau teman yang berkunjung dan mencoba setidaknya mencium pipi menggemaskan bayi atau bermain ciluk ba dengan malaikat bunda.

Tentunya bunda tidak tahu darimana dan apa saja kegiatan yang dilakukan tamu bayi bunda sebelum datang dan mendaratkan kontak fisik dengan area bayi. Tidak perlu heran jika udara sekeliling penuh racun dan bakteri serta kuman bertebangan siap menempel di tubuh bayi. Tidak kasat mata bukan berarti bahaya bahaya tersebut tidak ada. Karenanya cucilah seprei bayi secara total seminimal mungkin 2 kali dalam sebulan.

Hal kedua yang harus dikhawatirkan bunda adalah serangga. Kemungkinan besar bunda sadar ada kemungkinan munculnya kutu kasur atau serangga apapun di area kasur bayi, namun kebanyakan merasa hal ini hanya kemungkinan kecil. Tapi, bukankah kemungkinan kecil tetaplah kemungkinan ? Tidak ada salahnya untuk rajin rajin memeriksa kondisi tempat tidur bayi sebelum membiarkan diri bunda merasa aman dengan tidur lelapnya sang bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*