Pentingnya Kalsium Untuk Menjaga Kehamilan Muda, Bukan Hanya Untuk Janin

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Jika selama ini ibu menganggap kalsium itu hanya dibutuhkan oleh janin, maka anggapan tersebut salah. Karena kalsium juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Bahkan kenyamanan seorang ibu hamil muda itu ditentukan apakah jumlah kalsium di dalam tubuh tercukupi atau tidak. Jadi, untuk menjaga kehamilan muda, pemenuhan nutrisi berupa kalsium wajib dilakukan.

Tentu banyak hal yang bisa ibu lakukan karena banyak opsi seperti mengkonsumsi sayuran atau minum susu ibu hamil.

Terlepas dari itu semua, semua ibu hamil harus sadar bahwa penting sekali pemenuhan kalsium jika benar-benar ingin menjaga kesehatan ibu hamil muda.

Akibat Kekurangan Kalsium

Banyak orang yang tahu bawasannya kalsium itu berhubungan dengan tulang dan gigi. Memang benar. Jika ibu kekurangan kalisum, maka ibu akan mudah sakit gigi dan tulang terasa nyeri.

Namun, tidak itu saja. Jika ibu selama masa kehamilan muda sering mengalami mood swings atau perubahan perasaan seperti mudah marah, mungkin ibu kekurangan kalsium. Sekilas tidak ada hubungan antara mood swings dengan kekurangan kalsium.

Para ahli kesehatan bisa menjelaskan hubungan tersebut. Ternyata, ibu hamil yang kekurangan kalsium akan membuat neurotransmitter mengirimkan sinyal kepada otak dan menimbulkan sakit kepala. Sakit kepala dalam waktu yang lama akan membuat tubuh merasakan kelelahan yang luar biasa. Dan jika tidak ditangani, hal ini akan berimbas pada mood. Jadi, sekarang jelas sudah kenapa kekurangan kalsium bisa berimbas pada mood swing. Dan yang pasti, untuk menjaga kesehatan kehamilan, ibu harus memastikan asupan kalsium terpenuhi.

Apakah selama ini ibu sudah sering merasa kram? Biasanya kram dialami oleh ibu hamil yang masa kehamilannya sudah mencapai trimester kedua atau ketiga. Hal ini disebabkan berat bayi di dalam kandungan yang semakin berat sehingga bisa mengakibatkan kram pada perut dan juga kaki.

Namun, jika saat hamil muda ibu sudah mengalami kram, bisa jadi hal tersebut disebabkan ibu kekurangan kalsium. Karena ketika kebutuhan kalsium di bawah standar, otot akan bereaksi dan mengalami kaku.

Bagi ibu yang memiliki jadwal pekerjaan yang ketat, pasti penting sekali mengingat-ingat apa saja yang berhubungan dengan pekerjaan. Jika ada yang terlupakan, maka pekerjaan ibu bisa kacau.

Agar daya ingat tidak menurun, diperlukan juga kalisum yang cukup. Kebutuhan kalsium saat hamil meningkat. Jika tidak terpenuhi, maka seorang wanita hamil seperti ibu bisa memiliki masalah dengan daya ingat yang menurun.

Jadi, kekurangan kalsium tidak hanya berkaitan dengan kesehatan gigi dan juga tulang. Kalsium mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Penting bagi seorang ibu hamil muda untuk menjaga asupan kalsium sebagai cara untuk menjaga kesehatan hamil muda.

Sumber Kalsium Paling Tinggi

Ada banyak jenis makanan yang merupakan sumber kalsium yang tinggi. Jadi, ibu tidak perlu khawatir. Ibu bisa mengganti makanan setiap hari di mana makanan tersebut akan memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Sayuran hijau, keju, kacang, ikan salmon, dan tahu merupakan beberapa makanan yang kandungan kalsiumnya tinggi. Ibu bisa membuat makanan yang berbeda dengan bahan tersebut.

Namun, ibu juga perlu mempertimbangkan untuk mengkonsumsi susu ibu hamil setiap hari. Bukan hanya kandungan kalsiumnya saja yang dibutuhkan, tapi juga nutrisi lainnya. Karena kandungan nutrisi di dalam susu seimbang sehingga sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan ibu hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*