Pentingkah Menggunakan Sabun Cuci Muka yang Bagus dalam Perawatan Wajah Berjerawat? 

sabun cuci muka yang bagus https://www.facebook.com/cleanclearindonesia

Semua pasti ingin yang terbaik untuk wajahnya, termasuk memilih untuk menggunakan sabun cuci muka yang bagus. Namun, ketika sedang melakukan perawatan wajah berjerawat apakah pilihan sabun yang digunakan  itu penting? 

Wajah yang berjerawat tentunya memerlukan perhatian yang lebih, terutama dalam hal menjaga kebersihannya. Salah satu cara yang banyak digunakan untuk menjaga kebersihan wajah adalah dengan mencuci wajah secara rutin atau setiap setela beraktifitas, agar kotoran tidak terlalu lama menempel di wajah dan berpotensi menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Ketika memilih sabun cuci muka yang bagus, perlu diketahui juga penting atau tidaknya bahan – bahan yang tekandung di dalam sabun cuci muka yang bagus.

Dalam memilih sabun cuci muka yang tepat, perlu dipastikan sabun cuci muka tersebut dapat membersihkan kotoran dan sel kulit mati di wajah secara menyeluruh, namun kandungannya juga tidak boleh terlalu keras hingga dapat merusak kulit, terutama bagi jenis kulit yang sensitif. Pada umumnya, sabun cuci muka yang bagus untuk kulit adalah yang mengandung bahan – bahan yang lembut, bebas alkohol, dan tidak menyebabkan abrasi pada kulit. Jika permukaan kulit wajah sudah bersih, maka perawatan kulit yang lainnya pun bisa menjadi lebih efektif dalam merawat wajah.

Sama seperti sabun mandi dan shampo, sabun cuci muka kebanyakan terbuat dari bahan dasar yang mengandung alkali. Bahan ini dapat dengan mudah bercampur dengan air dan merupakah bahan utama yang membuat sabun berfungsi mengangkat kotoran di kulit dengan mudah. Hal ini cukup penting dalam perawatan wajah berjerawat, sebab kotoran yang terlalu lama menempel di wajah akan menimbulkan bakteri yang membuat jerawat menjadi lebih mudah timbul.

Sabun cuci muka yang bagus dan efektif dalam menghilangkan jerawat biasanya terdapat kandungan bahan aktif yang dapat mengatasi jerawat. Salah satu kandungan bahan tersebut yang umum didapatkan di dalam sabun cuci muka untuk wajah berjerawat adalah benzoil peroksida. Sabun cuci muka dengan bahan aktif benzoil peroksida ini dapat mempermudah mengangkat minyak di wajah. Selain itu, sabun cuci muka dengan kandungan ini juga dapat mencegah terjadinya inflamasi pada kulit sekaligus membersihkan bakteri yang ada. Akan tetapi, sabun cuci muka jenis ini sebaiknya tidak digunakan bagi yang memiliki kulit wajah yang sensitif karena dapat menyebabkan kemerahan dan jerawat justru akan semakin terlihat.

Bahan aktif kedua yang membuat sabun cuci muka efektif dalam menghadapi jerawat adalah asam salisilat atau salicylic acid. Asam salisilat inilah yang berguna untk membersihkah sel kulit mati dan pori – pori yang tersumbat dan menyebabkan jerawat timbul. Sabun cuci muka dengan bahan dasar ini dapat digunakan sebagai pengganti sabun cuci muka dengan bahan aktif benzoil peroksida bagi yang memiliki kulit sensitif.

Akan tetapi, dalam perawatan wajah berjerawat, jika sudah menemukan sabun cuci muka yang cocok dan ampuh dalam membersihkan jerawat, sangatlah penting untuk tetap menggunakan produk yang sama untuk mencuci wajah. Walaupun jerawat sudah hilang, sebaiknya tetap melanjutkan menggunakan sabun cuci muka yang sama. Alasannya, jika tidak dilanjutkan, pori – pori yang sudah bersih dapat kembali tersumbat sehingga jerawat akan dengan mudah kembali.

Dalam memilih sabun cuci muka untuk merawat wajah berjerawat memang diperlukan untuk lebih jeli dalam memeriksa apa saja bahan – bahan yag terkandung dalam sabun cuci muka tersebut. Untuk selanjutnya, kamu jadi sudah tahu apa yang perlu dicari ketika memilih sabun cuci muka yang bagus dan benar – benar dapat membantu mengatasi jerawat di wajah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*