Penting, Ibu Hamil Muda Harus Rajin Konsultasi Kandungan

hamil muda www.facebook.com/ibudanbalita

Hamil muda merupakan masa yang sangat krusial di mana janin bisa saja keguguran hanya karena sedikit goncangan. Namun, tidak itu saja yang harus ibu antisipasi. Ibu juga harus rajin berkonsultasi dengan dokter. Kenapa?

Karena saat kehamilan baru masuk pada trisemester pertama, gangguan kesehatan yang mungkin terjadi pada janin bisa diatasi. Penyakit keturunan yang mungkin menyerang janin bisa ditanggulangi. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk memastikan apakah ada penyakit keturunan yang dialami oleh janin. Jika memang ada, dokter bisa memberikan penanganan khusus agar ibu tidak melahirkan bayi dan mengalami gangguan kesehatan berupa penyakit keturunan.

Selain itu, janin yang masih dalam masa trisemester pertama juga bisa mendapatkan treatment khusus jikalau ternyata ibu terjangkit virus HIV/AIDS. Seperti yang ibu ketahui, penyakit ini belum ditemukan obatnya. Yang bisa dilakukan saat ini hanya pencegahan. Salah satu pencegahan menyebarnya virus ini adalah dengan cara melakukan deteksi dini. Saat ini pemerintah menganjurkan ibu hamil melakukan tes HIV/AIDS agar jika penyebaran virus ini bisa dicegah.

Dan yang tak kalah penting, konsultasi saat kehamilan muda akan memberikan informasi kepada ibu tentang bagaimana kondisi perkembangan janin. Pada masa kehamilan trisemester pertama, dokter sudah bisa mengetahui detak jantung janin serta ukuran tubuh janin.

Jadi, pemeriskaan kesehatan serta konsultasi kehamilan itu tidak hanya perlu dilakukan sebelum masa persalinan tiba atau ketika ada keluhan kesehatan. Konsultasi kehamilan itu sangat penting dilakukan mulai pada saat hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*