Pengalaman Beberapa Ibu Ketika Mengatasi Anak Susah Makan

anak susah makan

Sudah banyak sekali para ahli kesehatan yang membagikan tips tentang bagaimana mengatasi anak susah makan. Sayangnya, tidak semua ibu berhasil membuat anak lahap ketika makan walaupun sudah menerapkan berbagai tips tersebut. Apakah itu artinya tipsnya salah? Tentu saja tidak.

Ada baiknya ibu belajar juga dari ibu-ibu yang lain. Banyak juga lho ibu yang mengalami pengalaman yang sama. Anak susah makan dan mereka bingung apa yang harus mereka lakukan. Mereka berbagi informasi di Forum Ibu dan Balita dan justru di forum tersebut mereka mendapatkan solusinya.

Di forum tersebut, banyak ibu yang memiliki balita yang bercerita tentang bagaimana mereka mengatasi anak yang susah makan. Berikut ini beberapa ringkasannya.

Mengajak Anak Ke Pasar

Ibu pernah mengajak anak pergi ke pasar? Tentu bukan hanya pasar, tapi tempat mana saja di mana ibu bisa membeli berbagai jenis makanan.

Kegiatan ini menjadi sangat penting untuk mengenalkan kepada si kecil berbagai jenis makanan. Ibu bisa mengajaknya ke pasar dan meminta si kecil untuk memilih sendiri apa yang ingin dimasak. Ibu bisa mengajaknya berbelanja berbagai jenis sayuran, ikan, daging, dan lain sebagainya.

Dengan mengenal berbagai macam bahan makanan yang bisa dimasak, maka anak akan semakin tertarik dengan makanan. Seperti pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Seperti inilah yang mungkin dialami oleh anak. Ia tidak kenal dengan bahan mentah makanan sehingga ia tidak mau makan.

Sembari berbelanja, ibu bisa mengenalkan nama-nama dari berbagai bahan makanan. Ini akan membuat anak semakin tertarik terhadap jenis makanan. Silakan ibu praktikkan dan lihat hasilnya apakah ibu berhasil mengatasi anak yang susah makan. Jika tidak, ibu bisa coba cara yang lain.

Mengajak Anak Memasak

Ketika anak ibu sudah berusia di atas 2 tahun, sebenarnya ibu bisa mengajaknya untuk memasak. Tentu bukan berarti ia harus memegang alat-alat masak yang berbahaya. Ibu bisa memintanya membantu membawakan sayuran atau melakukan pekerjaan yang paling sederhana. Pada intinya, ibu harus biarkan anak melihat proses memasak dari awal hingga akhir.

Hal ini akan menumbuhkan keinginannya untuk makan makanan tersebut. Akan lebih baik lagi jika ibu juga memberikan nasihat sambil mengajarinya memasak. Ibu bisa menasihati agar ia mau makan yang banyak sayuran agar kuat dan tinggi. Dan nasihat lainnya bisa ibu berikan.

Makan Di Luar

Terkadang anak mogok makan karena bosan dengan suasana di rumah. Ibu bisa mengajak si kecil ke restoran. Toh sekarang ada restoran yang didesain bagus untuk anak-anak di mana ada taman bermainnya. Jadi, sambil menunggu makanan dihidangkan, ibu bisa mengajak si kecil untuk bermain terlebih dahulu. Setelah letih, ia pasti mau makan.

Tentu ibu tidak harus mengajak makan di luar terus menerus. Ini juga tidak bagus untuk tabungan. Ibu bisa belajar dari hal ini. Ketika anak lahap makan di luar, ada hal yang bisa ibu simpulkan. Mungkin anak suka dengan suasana di restoran. Ibu bisa mengubah ruang makan di rumah seindah mungkin seperti di restoran.

Mungkin juga anak suka masakan yang ibu pesan tadi. Jadi, ibu bisa meniru membuatkan menu makanan yang sama untuk mengatasi anak yang mogok makan. Itu artinya anak sudah memiliki selera makan. Ia tahu makanan apa yang ia sukai dan mana yang ia tidak sukai. Ibu mencatat itu semua.

Hentikan Memberikan Cemilan

Sebenarnya, beberapa kasus di mana anak tidak mau makan itu sering disebabkan oleh cemilan. Tanpa sadar, orang tua membiarkan anak mereka mengkonsumsi cemilan berlebihan. Asalkan ibu tahu cemilan inilah yang menyebabkan anak kekenyangan sehingga tidak mau makan.

Bagi orang dewasa, cemilan itu tidak akan membuat mereka kenyang. Tapi, ini anak kecil yang kondisi lambungnya masih kecil. Jadi, cemilan sudah bisa membuatnya kenyang.

Begitu juga dengan susu. Ini juga mengenyangkan lho bu. Itulah mengapa pemberian susu Frisian Flag harusnya dilakukan setelah anak makan, bukan sebelum makan. Ini untuk menghindari anak mogok makan.

Dari sekian banyak tips yang dibagikan oleh para ibu tersebut, ada juga yang menyarankan untuk memberikan multivitamin. Memang ada multivitamin yang bisa membangkitkan selera makan si kecil. Efektifkah?

Dalam hal ini, ibu harus tahu apa yang menjadikan munculnya produk tersebut. Tentu ini berkaitan dengan kandungan yang ada di dalamnya. Temulawak sering menjadi kandungan utama di dalam multivitamin penambah nafsu makan. Dan ada juga kandungan yang lainnya.

Ibu bisa memberikan multivitamin seperti ini sebagai bagian dari cara mengatasi anak susah makan. Akan tetapi, hal ini tidak akan berhasil jika ibu tidak tahu penyebab utamanya. Terkadang, orang tua tidak tahu makanan apa yang diinginkan oleh si kecil sehingga anak terkesan susah makan. Padahal ini jelas kesalahan orang tua.

Solusi jangka pendeknya adalah memberikan susu balita terbaik. Ini diperlukan agar nutrisi harian si kecil terus terpenuhi sembari ibu mencari cara bagaimana agar anak mau makan dengan lahap lagi.

Jika semua itu sudah ibu lakukan tapi tidak berhasil juga, ibu bisa konsultasi dengan dokter anak secara online di www.ibudanbalita.com. Ibu bisa menjelaskan apa yang sudah ibu lakukan dan apa yang terjadi pada si kecil sehingga dokter bisa memberikan saran lanjutan tentang bagaimana cara mengatasi anak susah makan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*