Pastikan Ibu Belikan Permainan Bayi 3 Bulan Yang Tepat

permainan bayi usia 3 bulan www.ibudanbalita.com

Ketika ibu masuk ke sebuah toko mainan bayi, maka ibu akan bingung jika ibu tahu permainan apa yang sesuai dengan usia si kecil. Tentu saja ibu ingin si kecil senang, bukan? Dan tidak hanya itu. Permainan bayi mampu mengoptimalkan tumbuh kembang sang buah hati lho.

Oleh sebab itu, ibu tidak boleh asal-asalan dalam memilihkan mainan bayi. Khususnya untuk bayi usia 3 bulan, ada beberapa permainan bayi 3 bulan yang bisa ibu dapatkan. Apa saja mainan yang dimaksud tersebut?

  1. Mainan Cermin

Lho kok cermin? Mungkin itu yang ada di benak ibu. Tapi betul. Cermin bisa dijadikan mainan bayi 3 bulan.

Saat usianya sudah mencapai 3 bulan, ia mulai mengenal hal-hal yang ada di sekitar si kecil. Ia juga mulai mengenal anggota tubuhnya. Dengan memberikan mainan bayi ini, maka si kecil akan berkaca dan mengetahui bentul wajahnya. Ia akan menggerakkan beberapa bagian tubuh dan memahami tentang dirinya sendiri.

Ketika anak bermain dengan cermin, ibu bisa mulai mengenalkan nama-nama anggota tubuhnya. Memang, bayi ibu tidak akan bisa menirukan dan mengucapkan nama anggota tubuhnya. Akan tetapi, ia akan mulai menghafal nama-nama anggota tubuhnya.

Ibu bisa mencoba mengajukan pertanyaan, “Kaki yang mana?”, “tangan yang mana?”, dan seterusnya.

  1. Mainan Digantung

Salah satu perkembangan bayi usia 3 bulan adalah ketika pergerakan motoriknya sudah mulai terlihat, terutama motorik kasar seperti menggenggam dan lain sebagainya. Dan untuk meningkatkan kemampuan tersebut, ibu bisa berikan permainan untuk bayi 3 bulan berupa mainan yang digantung.

Biasanya permainan ini berwarna-warna, bergerak, dan ada musiknya. Tidak lain, warna yang berbeda, mainan bergerak, serta musik akan membuat bayi tertarik. Ia akan mulai mencoba menggapai dan memegang permainan bayi 3 bulan tersebut. Karena mainan ini bergerak, maka tidak mudah bagi bayi untuk memegang mainan tersebut.

  1. Mainan Mobil-Mobilan

Ada yang menganggap mainan mobil-mobilan ini hanya untuk bayi laki-laki saja. Memang mainan untuk bayi 3 bulan ini identik dengan anak laki-laki. Namun, jika dilihat dari fungsinya, maka tidak salah jika bayi perempuan ibu memainkan permainan ini.

Mobil-mobilan bisa dengan mudah digerakkan. Dengan ini, maka bayi ibu akan terstimulasi untuk bergerak. Ia akan mencoba bergerak mengikuti mobil-mobilan entah itu dengan cara merangkak atau menggeser badannya dengan dadanya.

Bukankah permainan bayi 3 bulan ini sangat bagus untuk perkembangan sang buah hati?

Dan pada dasarnya, masih banyak permainan lainnya yang bisa ibu belikan untuk sanga buah hati. Yang pasti, ibu harus sesuaikan dengan usianya. Ibu harus tahu tahap perkembangan bayi. Dengan demikian, ibu tahu permainan seperti yang sesuai dengan tahap tumbuh kembang bayi.

Untuk bayi usia 3 bulan, ia membutuhkan permainan yang bergerak dan permainan yang bisa genggam. Pasalnya, pada saat itu, ia mulai mengembangkan kemampuan motoriknya, entah itu kemampuan motorik kasar maupun kemampuan motorik halus.

Untuk ide mainan bayi usia 3 bulan lainnya, ibu bisa kunjungi www.ibudanbalita.com. Atau ibu bisa konsultasi dengan pakar perkembangan anak terlebih dahulu. Di situs tersebut, terdapat fasilitas konsultasi secara online. Ibu tinggal daftarkan diri dan ibu bisa bertanya langsung dengan ahlinya.

Banyak hal yang harus ibu ketahui tentang bagaimana cara mendidik dan merawat bayi. Pengetahuan tentang cara mendidik anak menjadi modal yang sangat berharga jika ingin melihat tumbuh kembang anak sangat. Dan hal ini harus dimulai dari hal yang sangat kecil, yaitu tentang bagaimana memilihkan permainan bayi 3 bulan yang sesuai.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*