Pada Tahap Apa Si Kecil Belajar Bicara Sekarang?

Belajar Bicara https://www.facebook.com/ibudanbalita

Belajar bicara sebenarnya sudah dimulai ketika bayi masih berusia beberapa bulan. Hanya saja, suara yang diproduksi hanya berupa suara vokal dan itupun sangat terbatas. Oleh karena itu, masyarakat umum tidak menganggap suara tersebut merupakan cara bayi belajar bicara.

Jika patokannya adalah suara yang setidaknya berbunyi layaknya orang dewasa (setidaknya suara vokal yang jelas), maka belajar berbicara anak itu dimulai dari usia 6 bulan.

Tahap Mengucapkan Huruf Vokal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bayi yang baru saja lahir sebenarnya sudah bisa bicara. Hanya saja suara yang dikeluarkan sangat lirik dan kecil. Suara tangisan merupakan jenis dari komuikasi si kecil.

Hanya saja, ketika usianya menginjak 6 bulan, sang buah hati sudah bisa membunyikan vokal. Para ahli kesehatan bayi sangat menyarankan agar ibu membawa si kecil ke dokter anak jika pada usia 6 bulan si kecil belum bisa mengucapkan huruf vokal.

Tahap Si Kecil Mengoceh

Ini merupakan tahap yang membuat setiap orang tua pasti senang. Ketika anak ibu sudah mulai mengoceh, ingin rasanya mengajak si kecil bercanda terus menerus. Lalu, kapan si kecil mulai mengoceh? Pada 12 bulan, sang buah hati ibu seharusnya sudah bisa mengoceh. Ini merupakan cara ia belajar bicara.

Pada tahap ini, anak tidak hanya bisa mengucapkan huruf vokal, tapi juga bisa membunyikannya dengan intonasi. Pada tahap anak belajar bicara seperti ini, ibu harus semakin rajin mengajak si kecil untuk berkomunikasi. Kenalkan pada nama benda dan ulangi mengucapkan nama benda tersebut. Cara ini akan membuatnya lebih mudah mengucapkan kata dengan lebih jelas.

Tahap Mengucapkan Satu Kata

Sebenarnya banyak balita yang baru menginjak usia satu tahun sudah bisa mengucapkan satu kata dengan jelas. Hanya saja, kebanyakan balita baru bisa mengucapkan kata yang sedikit lebih jelas ketika usianya sekitar 14-15 bulan. Bagaimana dengan balita ibu?

Jika balita ibu sudah masuk usia ke 15 bulan namun belum masuk ke tahap belajar bicara ini, ada baiknya ibu melakukan evaluasi. Mungkin saja ibu kurang memberikan stimulus agar sang buah hati lebih intens belajar berbicara. Selain itu, aa baiknya juga ibu mengajak si kecil ke dokter anak untuk melakukan konsultasi.

Tahap Mengucapkan Kata yang Lebih Jelas

Nah ini merupakan tahap yang sangat menggembirakan. Pada saat usia balita ibu menginjak 18 bulan, seharusnya ia sudah bisa mengucapkan kata dengan jelas. Beberapa kata yang biasa sudah diucapkan adalah ibu, bapak, mama, ayah, ada kata-kata lain yang sering ibu ucapkan.

Sayangnya, tidak sedikit kasus anak yang terlambat belajar bicara. Tahap belajar berbicara tersebut di atas berdasarkan yang sering terjadi. Bayi yang perkembangannya normal akan melewati tahap-tahap tersebut.

Bagaimana dengan sang buah hati ibu? Pada tahap apa si kecil sudah mulai belajar berbicara?

Yang jelas, ibu harus tahu setiap anak mengalami kecepatan dalam hal perkembangan yang berbeda-beda. Ada yang cepat sekali belajar bicara, ada juga yang terlambat. Itu dikarenakan faktor nutrisi dan juga stimulus dari luar.

Oleh karena itu, jika ibu ingin sekali melihat tahap perkembangan yang baik, ibu harus memberikan nutrisi yang anak butuhkan. Nutrisi ini sebenarnya dibutuhkan sejak bayi masih dalam kandungan. Itulah mengapa penting sekali wanita yang sedang mengandung memperkaya wawasan tentang info ibu hamil. selain itu, stimulus dari luar juga harus diberikan agar sang buah hati ibu bisa lebih lancar dalam belajar bicara.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*