Pada Saat Kondisi ini, Hukumnya Wajib Konsultasi Kehamilan

konsultasi kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi kehamilan umumnya dilakukan setiap bulan sekali. Akan tetapi, pada kondisi tertentu, ibu tidak harus menunggu satu bulan sekali untuk datang berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan. Ibu harus langsung untuk menanyakan perihal keluhan yang ibu rasakan.

Pada kondisi seperti apakah ibu harus segera berkonsultasi dengan tenaga medis?

Terdapat Bercak Darah pada Celana Dalam

Bercak darah atau flek yang sering muncul pada celana dalam tidak boleh dianggap remeh. Itu merupakan salah satu tanda ada resiko bayi akan mengalami keguguran. Untuk itu, ibu harus segera konsultasi kehamilan secara langsung agar mendapatkan penanganan sedini mungkin?

Apakah berbahaya jika bercak darah tersebut dibiarkan? Tentu saja berbahaya. Diperlukan penanganan khusus agar bercak darah tidak muncul lagi. Biasanya, dokter akan memberikan obat untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, ibu juga harus berhenti beraktivitas yang membutuhkan gerak fisik. Semua kegiatan harus berhenti sejenak sampai bercak darah tersebut tidak lagi keluar.

Influenza

Terdengar sangat remeh temeh memang. Tapi, apakah ibu tahu ada sebuah penelitian yang menyimpulkan di mana ibu yang mengandung dalam keadaan flu akan melahirkan bayi yang sangat beresiko terkena skizofrenia? Hal ini dikarenakan antibody yang ada di dalam tubuh ibu hamil berkurang sehingga mempengaruhi perkembangan otak janin.

Setelah ibu mengetahui hasil dari penelitian tersebut, pasti ibu tidak akan menganggap sepele lagi jika terserang flu. Hanya saja, ibu tidak perlu terlalu khawatir. Flu yang ibu derita tidak akan mengakibatkan hal buruk tersebut di atas asal flu yang ibu derita tidak berkepanjangan. Jika ibu mengalami flu dalam kurun waktu yang lama sekitar 1 minggu dan bahkan lebih, konsultasi kehamilan sangat diperlukan.

Berat Badan Naik Signifikan

Tentu sangat wajar jika berat badan ibu naik. Hal tersebut dikarenakan janin dalam kandungan juga berkembang. Hanya saja, ibu harus waspada jika berat badan ibu naik terlalu signifikan. Dikhawatirkan ibu mengalami kegemukan. Pasalnya, wanita hamil yang memiliki masalah kegemukan atau obesitas beresiko sekali terhadap beberapa penyakit yang bisa menular pada si bayi. Selain itu, proses persalinan akan sulit.

Konsultasi wanita hamil di perlukan untuk mengetahui apakah berat badan ibu yang naik apa bayi dalam kandungan mengalami kegemukan. Jika bayi mengalami kegemukan, hal tersebut beresiko terhadap sulitnya proses persalinan dan bahkan akan berakhir dengan keguguran.

Tentu saja ibu tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri ibu dan janin yang ibu kandung. Untuk itu, segeralah konsultasi jika merasa berat badan ibu naik sangat signifikan.

Konsultasi dengan Dokter atau Bidan

Apakah ibu harus konsultasi dengan dokter atau cukup dengan bidan? Sebenarnya, konsultasi ibu hamil dengan bidan saja sudah cukup. Bidan memiliki pengetahuan tentang kesehatan ibu hamil sehingga jika ibu mengalami keluhan kesehatan, bidan bisa memberikan solusi.

Jika memang bidan merasa penanganan harus dilakukan oleh dokter kandungan, maka bidan akan memberikan rujukan. Biasanya, bidan akan merujuk ke dokter spesialis kandungan jika ibu memerlukan pengetasan USG. Jika tidak, bidan biasanya bisa menangani sendiri dengan melakukan diagnose-diagnosa ringan seperti pengecekan tekanan darah, berat badan, dan lain sebagainya.

Jadi, ibu tidak boleh hanya berpatokan pada jadwal konsultasi satu bulan sekali. Jika terjadi hal tersebut di atas, maka ibu harus segera ke bidan atau dokter kandungan untuk konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*