Orang Tua Wajib Tahu, Inilah Tips Anak Sehat Yang Perlu Diperhatikan!

tips anak sehat www.friso.co.id

Bahasan mengenai tips anak sehat memang selalu menggugah rasa ingin tahu. Pasalnya, tidak ada orang tua manapun yang ingin melihat buah hatinya terganggu pertumbuhannya, apalagi sampai jatuh sakit di usia emasnya.

Siapapun orangnya, anak yang sehat selalu menjadi harapan. Kalau bisa, anak terus menunjukkan gelak tawa bahagia, bermain riang bersama teman sebayanya, sampai tumbuh dewasa dengan bentuk fisik sempurna serta cerdas.

Meskipun begitu, ada satu waktu dimana anak bisa saja jatuh sakit. Kondisi ini membuat pikiran orang tua gelisah. Dan akan bertambah kalut ketika sakit anak tidak segera sembuh.

Kondisi di atas tentu sangatlah wajar. Tetapi bukan berarti Anda bisa menerimanya begitu saja dengan sakitnya anak.

Andalah yang harus memikirkan apa yang terbaik buat anak. Artinya, Andalah yang perlu menjaga segala sesuatu yang akan berdampak pada kesehatan anak.

Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Tiga hal tersebut nantinya akan menentukan kesehatan anak. Dan hal tersebut merupakan paket dari tips untuk anak sehat. Mau tahu apa 3 hal itu?

Pola Makan Untuk Anak

Sudah barang tentu anak butuh asupan makan untuk tumbuh kembangnya. Makanan yang dikonsumsi nantinya akan berpengaruh besar dalam perkembangan organ tubuhnya. Bahkan berpengaruh pula untuk hormon pertumbuhannya.

Telah banyak kasus dimana anak kekurangan asupan gizi. Anda mengenalnya dengan sebutan gizi buruk.

Anda juga melihat seperti apa anak yang mengalami gizi buruk. Tubuhnya kurus kering, matanya cekung, dan pertumbuhannya seakan sangat lamban. Bahkan dalam beberapa kasus, anak menderita penyakit langka.

Cukup beberapa anak sajalah yang mengalami hal tersebut. Serta doakan anak yang dimaksud agar bisa kembali sehat.

Anda sekarang hanya perlu memutuskan untuk menyediakan makanan yang kaya akan gizi dan sehat. Ini adalah bagian pertama dari tips sehat untuk anak.

Caranya tentu saja dengan membuat daftar makanan yang baik untuk usia anak. Artinya, makanan yang akan diberikan harus sesuai dengan usia anak. Karena asupan yang dibutuhkan anak akan berbeda di setiap usianya.

  • Masalah Yang Mungkin Terjadi Ketika Memberikan Makanan

Anak yang sehat ditunjang oleh asupan makanannya. Jadi, anak perlu mengkonsumsi makanan di tiap harinya.

Masalahnya, terkadang anak malas untuk mengkonsumsi makanan. Memaksanyapun bukan solusi terbaik untuk itu.

Dari sini, Anda sebenarnya perlu mencermati dengan benar alasan dibalik anak tidak mau mengkonsumsi makanan.

Diantara penyebab paling umum adalah anak sedang sakit. Kemudian adanya perubahan pola makan.

  • Solusi Mengatasi Anak Susah Makan

Cara terbaik untuk menangani masalah susah makan adalah mencari penyebabnya. Jika penyebab sudah ditemukan, Anda tinggal menghilangkan penyebab tersebut.

Contohnya adalah jika penyebab susah makan adalah sakit fisik, maka solusinya tentu mengobatinya. Datanglah ke dokter dan tangani sakit anak sesegera mungkin.

Sementara jika penyebabnya adalah perubahan pola makan, Anda perlu kembali ke pola makan sebelumnya.

Jika memang diperlukan perubahan, rubahlah pola makan anak secara bertahap. Ini akan berhasil sebagai bagian dari tips menyehatkan anak.

Beraktifitas Secara Teratur Di Tiap Hari

Selain menjaga asupan makanan anak, bagian yang tak boleh dilepaskan adalah mengajak anak untuk beraktifitas.

Jangan biarkan anak asik sendiri di depan TV atau alat teknologi. Karena diamnya anak akan membuat sejumlah sistem motoriknya tidak berkembang.

Anda memang harus meluangkan waktu ekstra banyak. Bahkan Anda perlu mencurahkan seluruh waktu Anda untuk bersama dengan anak.

Dengan mencurahkan seluruh waktu, Anda bisa mengajak anak untuk beraktifitas. Malahan, Anda juga bisa mengawasi apa yang dilakukannya.

Masalah paling umum, anak terkadang enggan beraktifitas fisik ketika sudah berada di depan layar TV.

Di sinilah peran Anda yang paling krusial. Anda perlu mencari cara cerdas supaya anak tidak terpaku di depan layar TV.

Anda bisa mensiasatinya dengan menyediakan permainan yang mendidik. Dengan permainan, anak akan fokus pada  mainannya. Dan ini bisa membuat anak lebih aktif. Contohnya adalah memberikan bola.

Ketika memberikan permainan tertentu, Anda juga perlu berpartisipasi. Kalau bisa, Anda juga bisa mengajak anak Anda agar bisa bermain dengan anak lainnya agar suasana permainan yang mengedepankan kekuatan fisik lebih menyenangkan.

Cukupkan Waktu Istirahat Anak

Setelah beraktifitas selama seharian, tips sehat untuk buah hati yang harus dijaga adalah memberikan waktu istirahat yang cukup untuk anak.

Istirahat nantinya akan sangat bagus untuk mengisi ulang energi yang telah terkuras. Malahan, istirahat ini erat kaitannya dengan menjaga kesehatan anak.

Dan perlu Anda ketahui jika istirahat yang cukup akan membuat anak lebih produktif, pertumbuhannya juga akan sangat baik. Karena memang segala aktifitas yang melelahkan diistirahatkan.

Lain ceritanya ketika anak minim istirahat. Anak yang kurang istirahat tentu akan sangat kelelahan. Jika tidak istirahat, daya tahannya akan menurun dan mudah jatuh sakit. Contohnya adalah terlihat pucat dan lesu.

Begitupun ketika sudah duduk di bangku sekolah. Konsentrasi anak akan turun, membuat anak tidak menangkap pelajaran dasar yang berharga dengan baik.

Untuk itulah, pelengkap dari tips sehat untuk anak-anak ini adalah istirahat yang cukup. Artinya, istirahat yang cukup menjadi paket kesehatan yang harusnya ibu sadari.

Istirahat yang dimaksud tentu istirahat siang dan malam. Kedua waktu tersebut, minimal anak punya waktu yang cukup untuk tidur.

Kesimpulannya, berikan asupan gizi yang baik, waktu beraktifitas serta tidur yang cukup sebagai paket lengkap dari menjaga kesehatan anak mulai dini. Jadi, siapkah Anda menerapkan tips anak sehat sekarang?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*