Orang Kuno Melarang Ibu Hamil Muda Makan Nanas. Kenapa?

hamil muda www.facebook.com/ibudanbalita

Hamil muda masih sangat rentan terhadap berbagai hal terutama keguguran. Itulah mengapa banyak sekali ibu yang parno ketika dalam masa kehamilan muda. Apakah ibu juga seperti itu?

Tentu saja wajar, apalagi jika ibu baru pertama hamil. Pasti senang bercampur dengan was-was. Senang karena sebentar lagi akan memiliki anak. Was-was karena ia harus menjaga betul janin yang ada di dalam kandungan agar tetap sehat sampai nanti proses persalinan.

Untuk itu, dengarkan apa yang dokter bilang. Dengarkan juga apa yang orang tua sering katakan. Jika ada nasehat jangan makan ini atau itu, dengarkan karena mereka tahu makanan tersebut tidak baik untuk janin.

Bagaimana dengan nanas? Buah segar ini dilarang untuk dikonsumsi. Orang kuno dulu pun melarang ibu hamil mengkonsumsi nanas, apalagi usia kehamilannya muda. Kenapa demikian?

Ilmu Niteni

Tidak ada hal yang ilmiah pada waktu dulu sebelum ada ahli kesehatan yang bisa menjelaskan segala fenomena secara ilmiah. Orang kuno dulu hanya menggunakan ilmu niteni (bahasa Jawa yang artinya mengingat). Orang dulu sering melihat wanita hamil muda akhirnya keguguran ketika makan buah nanas. Dan itu sering terjadi. Itulah mengapa orang kuno sering mewanti-wanti agar ibu hamil tidak mengkonsumsi buah nanas.

Lalu, apakah cukup dengan ilmu niteni saja? Bagi ilmuan modern, tentu hal tersebut tidak cukup. Harus ada bukti ilmiah kenapa nanas bisa mengakibatkan keguguran. Dan berikut informasi selengkapnya tentang kandungan berbahaya pada nanas.

Zat Berbahaya dalam Buah Nanas

Setelah orang tua dulu mengetahui bahwa nanas itu bisa mengakibatkan keguguran, kini saatnya ilmuah modern di bidang ilmu kesehatan unjuk gigi. Mereka harus mengetahui ada zat apa yang menjadikan nanas bisa mengakibatkan keguguran.

Ternyata, ada enzim yang bernama enzim protease bromelain. Enzim ini seperti enzim papain pada papaya yang bisa mengakibatkan keguguran. Enzim tersebut membuat jeher rahim lemah dan akan mengakibatkan keguguran.

Itulah mengapa mulai sekarang ibu harus menghindari makan makanan yang mengandung nanas. Ada banyak sekali pilihan makanan sehat ibu hamil lainnya.

Hindari makan rujak yang biasanya menggunakan nanas sebagai salah satu buahnya. Hindari juga minuman jus yang terbuat dari nanas. Jika ibu membutuhkan vitamin C, ibu tidak hanya bisa mendapatkannya dari nanas saja, tapi bisa dari brokoli, bunga kol, dan lain sebagainya.

Nanas Tidak Hanya Mengakibatkan Keguguran

Sebenarnya, keguguran itu hanya konsekuensi paling buruk jika ibu mengkosumsi nanas. Bayi lahir prematur juga sering menjadi akibat dari mengkonsumsi nanas.

Jika ibu sudah terlanjut mengkonsumsi nanas karena tidak tahuan, segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hal itu sangat penting untuk memastikan apakah janin dalam kandungan ibu sudah mengalami hal-hal yang berbahaya atau tidak.

Agar kesalahan seperti ini tidak terjadi lagi, ibu bisa mengikuti forum diskusi ibu hamil. Di forum tersebut, ibu bisa bertukar pengalaman dengan ibu-ibu hamil lainnya. Informasi kehamilan terupdate bisa ibu dapatkan di forum tersebut.

Di forum tersebut, ibu juga bisa bertanya apapun seputar kehamilan. Anggota akan menanggapi pertanyaan tersebut. Bahkan, ada juga forum yang dikelola oleh ahli kandungan juga. Jadi, di sana ibu langsung berkonsultasi kehamilan.

Yang jelas, hindari makan buah nanas. Kenali beberapa makanan yang sehat dan baik untuk ibu konsumsi ketika hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*