Nyeri Saat Menstruasi Akan Hilang Setelah Kehamilan

keluhan kesehatan ibu hamil www.ibudanbalita.com

Senang sekali jika mendengar kabar kehamilan. Ketika ibu yakin sudah ada tanda-tanda kehamilan, tentu ibu akan mulai melakukan apapun untuk menjaga kesehatan. Ibu harus konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan setidaknya satu kali dalam satu bulan. Dan tentu masih banyak hal lain yang perlu ibu lakukan.

Terlihat sangat merepotkan, bukan? Tapi, ada banyak hikmah dari kehamilan ini. Selain ibu akan segera mendapatkan buah hati, beberapa penyakit atau keluhan kesehatan yang selama ini ibu alami bisa disembuhkan.

Salah satunya adalah keluhan nyeri saat menstruasi. Sebenarnya, nyeri ini biasa dirasakan oleh seorang wanita. Hanya saja, ada beberapa wanita yang merasakan nyeri yang luar biasa. Apakah ibu merasakan hal tersebut?

Setelah melahirkan nanti, ibu tidak akan lagi merasa nyeri setiap kali menstruasi.

Penyebab Nyeri Saat Haid

Sebelum membahas tentang bagaimana kehamilan bisa meredakan nyeri yang sering dialami saat menstruasi, ibu harus tahu terlebih dahulu bagaimana ibu merasakan nyeri yang begitu parah ketika sedang haid.

Menurut ilmu kesehatan, nyeri saat haid ini disebabkan oleh konstraksi. Pembuluh darah semakin menekan dan akhirnya oksigen serta darah tidak bisa tersalurkan ke rahim secara normal.

Nyeri ini semakin parah ketika tubuh mengeluarkan bahan kimia yang disebut dengan prostaglandin. Bahan kimia inilah yang menyebabkan rahim tidak berhenti berkontraksi.

Mungkin ibu pernah dengar ada obat yang bisa menghentikan konstraksi ini sehingga ibu tidak lagi merasakan nyeri saat haid. Namun, ibu harus tahu obat tersebut hanya bersifat meredakan saja, tidak menghentikan faktor penyebab nyeri.

Kehamilan menjadi masa di mana nyeri saat haid tersebut tidak akan ibu alami lagi. Pasalnya, saat hamil, tubuh ibu melakukan proses di mana penyebab nyeri saat haid bisa dihilangkan.

Nyeri Saat Hamil Teratasi Setelah Hamil

Memang banyak keluhan kesehatan saat hamil, mulai dari morning sickness, kurang darah, sakit kepala, dan juga nyeri. Namun, selayaknya ibu bersabar dan bersyukur karena setelah kelahiran anak ibu nanti, penyakit seperti nyeri saat haid akan hilang.

Tahukah ibu kenapa?

Saat hamil, produksi hormone meningkat sangat tajam. Hormone ini memang dibutuhkan untuk kebutuhan perkembangan bayi di dalam kandungan. Tanpa hormone tersebut, bayi tidak bisa berkembang secara optimal.

Dan hormone ini tidak langsung kembali normal. Hormone ini masih meningkat tajam setelah kehamilan. Akibatnya, rahim tidak akan merasa nyeri saat kontraksi ketika masa haid tiba.

Jadi, sudah sepantasnya ibu menjalani masa kehamilan ini dengan suka cita. Kalaupun ada keluhan kesehatan yang ibu rasakan, ibu tidak boleh mengeluh. Toh sudah ada cara mengatasi keluhan kesehatan saat kehamilan. Salah satu sumber informasi kesehatan ibu hamil yang bisa ibu andalkan adalah www.ibudanbalita.com. Semua informasi di situs tersebut ditulis berdasarkan penelitian ilmiah.

Tidak itu saja. Ibu juga bisa konsultasi kehamilan secara online di situs tersebut. Mungkin ibu memiliki masalah yang perlu ibu tanyakan langsung dengan ahlinya. Dan fasilitas konsultasi ini bisa ibu gunakan.

Itulah mengapa nyeri saat haid bisa teratasi setelah ibu hamil. Jadi, nikmati masa kehamilan saat ini karena ada manfaat yang akan ibu dapatkan setelah proses persalinan nanti.

Ikuti diskusi di forum Ibu dan Balita agar wawasan ibu selalu bertambah. Di sana, tidak hanya masalah kesehatan ibu hamil saja yang dibahas, melainkan juga tentang bagaimana merawat dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

1 Comment on Nyeri Saat Menstruasi Akan Hilang Setelah Kehamilan

  1. makasih Dok informasinya,
    bisa dikatakan benar, nyeri saat masih gadis lebih sakit dibanding saat sudah bersuami

Leave a comment

Your email address will not be published.


*