Nutrisi Terpenting Dalam Susu Untuk Balita 1-3 Tahun

susu formula untuk balita balitapedia.com

Sebenarnya tidak mengkonsumsi susu untuk balita pun tidak masalah. Toh sebenarnya kebutuhan nutrisi yang utama didapatkan dari makanan. Susu sebenarnya suplemen saja.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah ibu sudah bisa memastikan makanan yang ibu berikan bergizi? Dan apakah kandungan nutrisi pada makanan yang ibu berikan untuk si kecil lengkap dan seimbang?

Sayangnya, tidak ada orang tua yang yakin 100% jika menu makanan yang mereka siapkan setiap hari untuk balita mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang. Inilah yang menjadi alasan kenapa susu balita harus diberikan untuk si kecil. Walaupun susu merupakan suplemen, mengkonsumsi susu akan memastikan balita ibu mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan balita setiap hari.

Tidak itu saja. Ternyata, di dalam susu balita Frisian Flag Jejalah, terdapat kandungan nutrisi yang terpenting untuk balita usia 1-3 tahun.

Jenis Nutrisi Untuk Balita 1-3 Tahun

Apakah ibu tahu susu itu dibedakan berdasarkan usia balita? Apapun merk susunya, susu selalu dibedakan. Seperti contoh, susu Frisian Flag dibagi menjadi dua. Yang pertama susu Frisian Flag Jelajah untuk balita 1-3 tahun. Yang kedua, susu Frisian Flag Jejalah untuk balita usia 4-6 tahun.

Kenapa dibedakan?

Karena kebutuhan nutrisi balita itu berbeda. Semakin dewasa maka mereka membutuhan jumlah nutrisi yang lebih banyak. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa susu balita dibedakan.

Akan tetapi, tidak itu saja yang menjadi alasannya. Menurut kajian ilmu kesehatan, kebutuhan nutrisi untuk balita di bawah 3 tahun dengan balita di atas 3 tahun berbeda. Untuk balita yang usianya di bawah 3 tahun, kebutuhan nutrisinya lebih berhubungan dengan perkembangan saraf. Hal ini disebabkan balita usia di bawah 3 tahun sedang dalam masa perkembangan yang membutuhkan kemampuan otak. Meskipun demikian, bukan berarti nutrisi untuk perkembangan fisik tidak diperlukan. Nutrisi untuk perkembangan fisik tetap saja ada di dalam susu balita.

Salah satu nutrisi yang ada di dalam susu balita yang menunjang perkembangan saraf adalah asam lemak atau yang sering disebut dengan omega 3, 6, dan 9. Menurut penelitian, anak yang diberi asam lemak mendapatkan nilai yang tinggi pada ujian membaca. Penelitan ini dilakukan di Inggris. Bahkan, asam lemak ini menjadi bahan yang digunakan untuk terapi anak hiperaktif.

Selain asam lemak, ada juga nutrisi lainnya yang berpengaruh terhadap perkembangan saraf, yaitu vitamin B. Ini merupakan kandungan yang harus ada di dalam susu balita. Vitamin B mampu meningkatkan memori balita. Ini sangat dibutuhkan balita usia 1-3. Pasalnya, pada usia itu, balita mulai belajar bicara dan menghafalkan kosakata.

Dan tentunya masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang diperuntukkan untuk mengembangkan saraf balita. Semua itu sudah ada di dalam susu terbaik untuk balita.

Kecerdasan Tidak Hanya Dipengaruhi Oleh Nutrisi

Harus dipahami bawasannya kecerdasan balita tidak hanya dipengaruhi oleh kandungan nutrisi yang didapatkan entah itu dari makanan atau dari susu. Kecerdasan harus diasah. Dan cara mengasahnya dengan cara latihan.

Untuk balita yang baru mulai belajar bicara, ia harus lebih banyak diajak berkomunikasi. Ini merupakan cara mengasah yang tepat agar kecerdasan balita bertambah sehingga ia semakin pintar berbicara.

Berbeda dengan balita yang baru mulai belajar berjalan. Ibu harus lebih sering mengajak si kecil jalan-jalan. Ibu bisa berikan alat seperti baby walker sebagai alat bantu jalan meskipun alat ini tidak begitu dianjurkan untuk dipakai balita yang sedang belajar jalan.

Yang pasti, ibu tidak boleh hanya mengandalkan pemberian nutrisi saja jika ibu ingin sekali memiliki anak yang cerdas. Harus ada stimulus dari luar. Stimulus tersebut bisa berupa kegiatan atau permainan. Ada banyak sekali game edukatif yang bisa ibu pilihkan untuk sang buah hati. Ini sangat penting untuk mengasah kecerdasan anak.

Hati-Hati Memberikan Susu Balita

Meskipun kandungan nutrisi di dalam susu balita usia 1-3 tahun sangat penting untuk mengembangkan saraf, bukan berarti ibu bisa memberikan susu dalam porsi yang banyak. Tetap saja ibu harus memberikan susu sesuai dengan aturan. Balita sebaiknya mengkonsumsi susu 3 gelas atau 3 botol setiap hari. Lebih atau kurang dari itu tidak dianjurkan.

Sayangnya, banyak orang tua yang membiarkan balita mereka minum susu lebih dari 3 gelas setiap hari. Apakah ibu tahu akibatnya? Beberapa balita yang terlalu banyak minum susu kehilangan nafsu makan. Hal ini disebabkan ia sudah merasa kenyang sehingga ia tidak mau makan.

Selain itu, ada juga balita yang mengalami obesitas atau kegemukan. Memang masalah kesehatan yang satu ini disebabkan oleh banyak faktor. Hanya saja, pemberian susu berlebihan bisa menjadi faktor penyebab utamanya. Dengan memberikan susu yang berlebihan, tubuh balita mendapatkan nutrisi yang berlebihan. Ketika nutrisi tersebut tidak digunakan lantaran kegiatan fisik kurang, maka yang terjadi adalah kegemukan.

Oleh sebab itu, memilih susu balita yang terbaik saja tidak cukup. Ibu juga harus juga memperhatikan aturan pemberian susu. Ini harus dipatuhi agar balita mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi susu tanpa harus merasakan efek sampingnya.

Ibu bisa mendapatkan susu untuk balita yang terbaik di www.ibudanbalita.com. Susu Frisian Flag Jelajah merupakan susu untuk anak balita usia 1-3 tahun yang dilengkapi dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh balita, khususnya untuk mengembangkan otak dan kecerdasan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*