Nutrisi Ibu Menyusui Supaya ASI Lebih Lancar

nutrisi ibu menyusui www.mediamanado.com

Nutrisi ibu menyusui umumnya diperoleh dari makanan yang dikonsumsi ibu. Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui harus merupakan makanan yang mempunyai  nutrisi yang baik, sehingga nutrisi untuk ibu menyusui dan bayinya akan  tercukupi secara optimal. Jika nutrisi sang ibu tercukupi maka secara otomatis ASI yang dihasilkan juga banyak dan berkualitas. Ibu menyusui tentunya memerlukan karbohidrat yang banyak. Asupan karbohidrat dapat diperoleh  dari nasi dan roti. Supaya tidak bosan, Anda dapar sesekali mengganti menu makanannya dengan bahan gandum utuh. Sebab seratnya lebih banyak daripada  nasi.

Makanan ini mempunyai banyak sekali manfaat yang  cukup baik untuk ibu dan bayi, sebab mengandung banyak asam folat. Disamping itu ada juga yang dapat dijadikan alternatif, yakni  nasi merah. Dengan mengkonsumsi nasi merah maka produksi ASI akan selalu  meningkat dan berkualitas, hal tersebut disebabkan oleh banyaknya kalori dalam nasi merah yang sangat tinggi. Ibu menyusui tentu saja sangat membutuhkan protein di dalam makanannya. Oleh sebab  itu Anda harus mengonsumsi  telur dan daging, sebab  banyak mengandung vitamin D yang sangat berperan untuk pembentukan tulang bayi.

Telur juga mempunyai DHA yang banyak, sehingga kandungan asam lemak esensial diperoleh lebih tinggi. Disamping telur, ikan juga mempunyai  kandungan protein yang tinggi. Setidaknya 2 porsi dalam satu minggu. Anda bisa memilih ikan yang kandungan DHA nya banyak, misalnya saja ikan salmon. Kandungan DHA ini selain baik untuk perkembangan syaraf bayi, juga baik dalam mengurangi stres pasca melahirkan.

Sumber Makanan Sehat Untuk Nutrisi Ibu Menyusui

Menyusui adalah  salah satu hal yang wajib untuk  seorang ibu setelah proses persalinan. Menyusui merupakan cara untuk memberikan asupan nutrisi untuk si kecil. Pada umumnya proses menyusui perlu dilakukan secara ekslusif selama 6 bulan. Untuk menunjang proses tersebut dibutuhkan asupan makanan bergizi khusus  bagi ibu menyusui. Pada intinya makanan ibu menyusui itu tidak ada sebab yang terpenting dalam hal ini yaitu pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Menurut ahli kesehatan mengatakan bahwa makanan bergizi sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui untuk menunjang ASI yang baik. Berikut ini beberapa sumber makanan yang baik untuk ibu menyusui ;

-Ikan salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk ibu menyusui. Salmon adalah  salah satu jenis ikan yang mempunyai kandungan gizi hampir sempurna. Jenis ikan ini menjadi salah satu pilihan terbaik bagi  ibu menyusui sebab  mengandung asam lemak yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan bayi.

Kandungan asam lemak DHA pada ikan salmon cukup tinggi dan bermanfaat  untuk menunjang perkembangan saraf dan membentuk kecerdasan otak si kecil.

-Daging sapi yang tidak berlemak

Mengonsumsi  daging sapi tanpa lemak bisa dilakukan untuk menambah energi pada saat menyusui. Daging sapi biasanya mengandung zat besi yang bermanfaat untuk membantu proses pembentukan hemoglobin. Dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak dapat berguna untuk memperlancar sirkulasi darah yang membawa nutrisi lewat ASI bagi bayi.

-Produk susu rendah lemak

Produk susu seperti yoghurt dan keju dapat menjadi salah satu pilihan Anda dalam melengkapi keperluan gizi saat masa menyusui. Biasanya  susu mengandung protein, kalsium dan vitamin yang bermanfaat untuk menunjang kualitas dan kuantitas ASI.

-Gandum

Gandum adalah  salah satu sumber makanan yang mengandung asam folat sangat  tinggi. Asam folat diperlukan untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil . Oleh sebab itu Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti roti maupun sereal gandum.

-Buah berry

Kandungan antioksidan pada buah berry sangat berguna untuk menjaga kesehatan Anda dan meningkatkan sistem imun si kecil. Anda bisa mengonsumi buah berry seperti blueberi, stroberi maupun blackberry.

-Sayuran hijau

Ibu menyusui jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini. Sayuran sangat penting untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral saat masa menyusui. Disamping itu kandungan serat pada sayuran sangat bermanfaat  untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

-Telur

Anda bisa menambahkan telur dalam menu makanan Anda saat menyusui. Telur mengandung protein yang bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak bayi.  Disamping  itu, telur juga mempunyai kandungan vitamin D yang berguna  untuk permbentukan dan memperkuat tulang bayi.

Gizi Ibu Menyusui Yang Diperlukan Saat Masa Menyusui

Tahukah Anda berapa kalori yang diperlukan oleh ibu menyusui setiap hari.  Saat ibu menyusui bayi, sangat wajar jika Anda akan lebih sering merasa lapar, apalagi ketika bayi berada dalam tahap Grow spurt atau percepatan pertumbuhan. Menghitung kebutuhan kalori per hari jarang dibutuhkan kecuali jika inu menyusui memiliki masalah dengan kesehatan dan berat badan . Saat  bayi sudah mulai memasuki masa MPASI atau selesai  menjalani masa ASI Eksklusif selama 6 bulan maka kebutuhan kalori ibu  secara bertahap akan berkurang .

Saran dari beberapa sumber yaitu ibu  yang sedang menyusui harus mempertahankan 2.200 kcal setiap harinya, baiknya yaitu sekitar  2.700 kcal dan 1.800 kcal sebab jumlah tersebut sudah menjadi batas standar. Jika menyusui hanya mengkonsumsi 1.500 kcal per hari maka produksi ASI tidak terganggu dan komposisi ASI tidak mengalami perubahan. Produksi ASI akan mengalami masalah jika secara terus menerus ibu menyusui mengkonsumsi kurang dari 1.500 kcal per harinya. Keuntungan nutrisi ibu menyusui dan makan secara sehat yaitu  untuk kesehatan ibu sendiri.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*