Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama Yang Dibutuhkan Untuk Memperkuat Rahim

nutrisi ibu hamil trimester-pertama www.friso.co.id

Bayi rentan sekali mengalami keguguran saat kehamilan baru berusia sangat muda. Inilah mengapa penting sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil trimester pertama, khususnya untuk memperkuat rahim. Memang bukan hanya rahim yang lemah saja yang menjadi faktor penyebab keguguran. Akan tetapi, harus diketahui jika rahim yang lemah merupakan faktor penyebab yang paling sering terjadi.

Bagaimana jika ibu memiliki kondisi rahim yang sehat dan kuat? Apakah masih membutuhkan nutrisi kehamilan trimester pertama yang dimaksud? Memang ada definisi yang berbeda tentang rahim lemah. Secara medis, ini merupakan kondisi yang sangat berbahaya. Resiko keguguran sangat tinggi.

Namun, harus dipahami, semua ibu hamil mengalami masalah rahim yang belum kuat. Struktur masih lemah sehingga janin yang ada di dalam rahim bisa mengalami kegugurann jika terjadi sedikit guncangan.

Bahaya Fibroid Di Rahim

Apakah ibu tahu apa itu fibroid? Ini merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal yang terjadi di dalam rahim. Pada dasarnya, inilah yang bisa menyebabkan rahim menjadi lemah sehingga bisa menganggu perkembangan janin. Bahkan, bukan tidak mungkin janin akan mengalami keguguran lho.

Ada banyak sekali jenis fibroid. Ada yang tumbuh di dalam dan juga di luar dinding rahim. Namun, yang pasti, masalah yang satu ini tidak boleh dianggap sepele. Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Ibu perlu sekali untuk bertemu dan berkonsultasi dengan dokter. Ibu akan mendapatkan pemeriksaan menggunakan gelombang suara ultrasonik, MRI, atau pemeriksaan yang lain. Hal tersebut dibutuhkan untuk memastikan apakah ada fibroid di dalam rahim atau tidak. Jika positif, maka akan dilakukan tindakan medis.

Mencegah Fibroid Berkembang

Sebenarnya diharapkan tidak perlu ada pembedahan jika ada fibroid. Yang perlu ibu lakukan adalah memenuhi nutrisi ibu hamil muda. Ini sangat penting agar fibroid tidak berkembang dan membahayakan janin.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah serat. Serat ini bisa ibu dapatkan dari sayuran atau buah-buahan. Serat akan mampu menghambat pembentukan fibroid di rahim. Jadi, ibu tidak boleh hanya memahami serat sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan saja ya.

Selain serat, ada juga nutrisi ibu hamil trimester pertama yang diperlukan untuk menghambat fibroid sehingga rahim menjadi lebih kuat. Yaitu vitamin C. Kandungan ini sangat banyak didapatkan dari buah-buahan yang rasanya asam. Hanya saja, karena ibu sedang hamil muda, sebaiknya ibu tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah-buahan rasa masam karena dikhawatirkan ibu mengalami diare. Konsumsi buah masam secukupnya saja.

Susu juga tak kalah penting lho bu. Itulah mengapa saat ini semakin gencar kampanye agar ibu hamil mau minum susu. Memang mengkonsumsi bukan suatu keharusan. Namun, jika tujuannya adalah agar terhindar dari masalah rahim yang lemah yang bisa mengakibatkan keguguran, maka mengkonsumsi susu menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.

Kini sudah ada Frisomum Gold yang bisa ibu dapatkan dari www.friso.co.id. Ini merupakan susu ibu hamil terbaik dengan kandungan nutrisi yang seimbang. Khusus untuk ibu hamil muda, nutrisi di dalamnya akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan rahim serta memperkuat rahim. Dengan demikian, resiko keguguran bisa ditekan.

Semoga ibu bisa lebih memahami mengapa penting sekali menjaga kesehatan rahim. Dan hal tersebut bisa ibu lakukan dengan cara memenuhi semua kebutuhan nutrisi ibu hamil trimester pertama.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*