Nutrisi Ibu Hamil Perlu Dipenuhi Untuk Menentukan Sehatnya Janin  

nutrisi ibu hamil https://www.facebook.com/FrisoIndonesia

 

Nutrisi ibu hamil mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Maksudnya, pertumbuhan janin erat kaitannya dengan apa yang dikonsumsi oleh ibu sehingga wajib bagi ibu hamil untuk merencanakan asupan apa saja yang perlu dipenuhi di tiap harinya.

Asupan makanan ini meliputi protein, zat besi, kalori, vitamin dan masih banyak lagi. Dan tentunya harus dipenuhi dengan kadar yang berimbang agar kondisi kesehatan ibu hamil dan janinnya terjaga.

Permasalahannya, asupan gizi ini berbeda kadarnya. Hal ini didasarkan pada usia dari kandungan sehingga pengetahuan akan berapa jumlah nutrisi di tiap harinya sangat diperlukan. Nah, mau tahu selengkapnya? Mari ikuti ulasannya di bawah ini!

Asupan-Asupan Yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil berbeda dengan ibu pada umumnya. Perbedaannya adalah dari kondisi tubuhnya yang tidak lagi biasa, menanggung nyawa buah hati di dalamnya. Ini artinya, ibu hamil perlu memperhatikan nutrisi ibu hamil yang bermanfaat penuh untuk dirinya dan janin yang dikandungnya.

Ada beberapa jenis asupan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satunya adalah kalori. Kalori ini dibutuhkan untuk memberikan energi yang cukup untuk menopang dirinya dan janin yang selalu ditanggungnya.

Kemudian asupan lainnya adalah protein. Nutrisi ini nantinya akan berperan dalam membantu pembentukan kesempuranaan otak janin, tentunya setelah dikombinasikan dengan DHA dan kolin.

Sementara itu, asupan kalsium juga wajib dipenuhi. Manfaatnya adalah untuk membantu memperkuat rangka atau pertumbuhan tulang janin.

Sedangkan nutiri lainnya datang pada sejumlah vitamin seperti vitami A, B1, B6, B2, serta B2. Manfaatnya adalah untuk menghindari resiko cacat ketika buah hati terlahir ke dunia.

Dengan kata lain, asupan nutrisi tersebut memang sangat krusial dalam menentukan pertumbuhan dan kesehatan janin. Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan asupan yang Anda makan di tiap harinya.

Jumlah Asupan Makanan Yang Dibutuhkan Tiap Harinya

Nutrisi ibu hamil ini berbeda kadarnya di tiap trimesternya, artinya jumlah yang dibutuhkan terus meningkat mengikuti perkembangan janin yang dikandungnya.

Anda yang cenderung mengkonsumsi dalam jumlah yang sama jelas kurang peka terhadap janin. Maksudnya, tidak sayang terhadap janin sehingga resiko kurang sehatnya janin bisa saja terjadi.

Supaya bisa terhindar dari resiko kurang sehatnya janin, sudah seharusnya jika Anda mulai memperhatikan jumlah asupan yang diperlukan tubuh dan janin di tiap trimesternya.

Nah, pada trimester pertama, jumlah asupan yang Anda perlu rencanakan adalah sekitar 2000 kalori perharinya. Hal ini dikarenakan pertumbuhan janin sangat pesat, dan kondisi tubuh Anda akan terus naik sehingga energi lebih dibutuhkan.

Sementara untuk kalisumnya, Anda setidaknya memenuhi tubuh sekitar 1000 mg perharinya. Hal ini juga dimaksudkan untuk menunjang pertumbuhan tulang dari janin.

Sementara untuk asupan lainnya seperti vitamin bisa diberikan sekitar 60 gram perharinya. Tentunya didapatkan dari semacam buah dan sayuran.

Nah, ketika memasuki trimester kedua, nutrisi ibu hamil kemudian ditingkatkan. Karena perkembangan bayi dan kondisi tubuh ibu hamil mengalami peningkatan pula.

Contohnya jumlah kalorinya setidaknya sekitar 3000 untuk memberikan cadangan energi. Selain itu, perbanyaklah dalam mengkonsumsi air dan makanan berserat. Tidak lupa untuk mengkonsumsi zat besi sebesar 100 gram untuk membantu dalam menyeimbangkan sel darh merah.

Sedangkan ketika menginjak trimester ketiga, jumlah kalorinya meningkat pesat sampai sekitar 70 ribu. Karena pada tahap ini, kalori dimanfaatkan untuk pertumbuhan janin, plasenta, serta menambah volume darah dan air ketuban.

Kesimpulannya, Anda tidak hanya akan mendapati kesehatan janin saja, namun juga memberikan penjagaan pada diri sendiri selama masa kehamilan serta penjagaan ketika akan melahirkan dengan pemenuhan nutrisi ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*