Normalkah perkembangan bayi 4 bulan? Cek apa yang orang tua harus tahu disini!

bayi sehat www.ibudanbalita.com

Lebih baik mencegah dibanding berusaha mengobati adalah nasihat yang tepat untuk semua orang tua dengan kasih sayang melimpah untuk malaikat kecilnya. Tidak heran, buku mengenai kehamilan, informasi tumbuh kembang anak seperti perkembangan bayi 4 bulan, pendidikan tata boga terutama mengasuh anak, dan kegiatan pembelajaran membesarkan anak sangat populer.

Setelah berbulan bulan meluangkan waktu dengan si kecil, kini tiba saatnya anda kembali menemui dokter kepercayaan anda untuk berkonsultasi mengenai kondisi bayi. Tentu saja, agar sesi janji temu anda tidak terbuang sia sia, ada baiknya anda telah memiliki persiapan rendetan pertanyaan untuk dokter anak pilihan anda dan pasangan.

Pertama, perkembangan bayi 4 bulan mendasar yang semua orang tua harus paham dan analisa adalah berat badan. Secara kasat mata pun anda bisa tahu ukuran bayi membesar dibanding saat ia beru pertama kali keluar dari rahim ibu, tapi anda tidak tahu berapa berat badan bayi secara pasti. Tentu hal ini menjelaskan kenapa kebanyakan suster selalu membawa bayi anda keatas timbangan atau minimal menanyakan berapa berat badan bayi sekarang sebelum membawa anda ke ruangan dokter.

Berat badan bukan data yang patut diremehkan, dari berat saja sudah bisa mencerminkan setengah dari total kondisi bayi, karena tidak hanya menimbang, si kecil pun akan dibandingkan dengan berat bayi pada umumnya. Dengan demikian anda bisa tahu apakah anak anda obesitas yang mana anda harus mulai memperhatikan konsumsi anak ke depannya, dan bila anak terlalu kurus anda harus mulai memperhatikan selama ini seberapa banyak makanan yang anda berikan kepada anak. Anda boleh merasa khawatir jika berat badan bayi cenderung naik turun daripada menunjukkan stabilitas, karena artinya bayi anda memiliki masalah dengan penyerapan nutrisi.

Kedua, jika anda atau pasangan pernah mengidap suatu penyakit karena keturunan, atau anda merasa mulai banyak isu virus berdatangan, ini saat yang tepat untuk menambah kekebalan tubuh dengan vaksinasi. Jangan buru buru mengiyakan apabila ada yang menawarkan vaksin, dan jangan pula merasa bersalah jika tetangga, teman, atau siapapun sudah memberi suatu jenis vaksin pada anaknya sedangkan bayi anda belum. Ingat, badan bayi anda tidak sama dengan anak anak lainnya, bayi anda memiliki kebutuhan sendiri.

Hanya karena bayi orang lain membutuhkan bukan berarti bayi anda cocok dan butuh dengan jenis vaksin tersebut. Anda bisa menanyakan pada dokter vaksinasi apa yang ada di rumah sakit saat ini, yang mana sesuai untuk bayi anda tersayang. Setelah saran dokter disampaikan barulah anda mencari vaksinasi yang cocok, dengan latar belakang penyedia produk vaksin yang jelas. Tentu anda tidak ingin membiarkan jarum suntik yang masuk ke anak anda adalah jarum suntik tidak jelas nan penuh kuman.

Ketiga, mulai peduli dengan fisik anak anda di usia 4 bulan, dimana perkembangan tubuh bayi 4 bulan sangatlah sensitif dan menyeluruh. Jika ada yang salah dengan anak anda lebih baik diketahui sekarang daripada anak anda tumbuh besar membawa penyakit yang bisa jadi menganggu aktivitasnya sehari hari. Mulai dari mata, periksa apakah ada tanda tanda masalah pengelihatan di masa depan, atau penghalang keluarnya air mata (ingat air mata tidak hanya ekspreksi kesedihan namun sebagai alat pembersih mata alami).

Kemudian cek mulut bayi anda, pastikan tidak ada tanda tanda kemunculan jamur di dalamnya, dokter anak akan dengan senang hati membantu anda menemukan masalah mulut. Telinga tidak jauh berbeda dengan mulut, selain anda memeriksa jumlah tumpukan kotoran telinga, namun juga mengecek pendengaran anak anda sejauh ini. Bahkan anda bisa memeriksa di rumah dengan membuat kegaduhan kecil, jika anak anda merespon berarti pendengaran anak dalam posisi aman.

Kepala anak anda adalah pelindung otak dari benturan dan hal tak diinginkan lainnya, sehingga anda harus memastikan kepala bayi anda terbangun dengan baik. Pegang kepala bayi dan pastikan tidak ada bidang datar di kepala bayi anda atau lapisan kulit yang terlalu empuk. Setelah kepala, cek pula perkembangan tubuh bayi 4 bulan. Dari segi kulit pastikan tidak ada reaksi alergi dari bayi seperti kulit memerah dan bentol.

Sedangkan dari segi organ dalam minta bantuan dokter anak untuk memeriksa refleks bayi lengkap dengan otot bayi saat ini. Jika anda ingin mengecek sendiri sebelum bertanya lebih lanjut pada dokter, coba tengkurapkan bayi, lihat seberapa lama bayi anda mampu mengangkat kepala. Setelah itu, baringkan bayi dalam posisi terlentang dan gerak gerakkan kaki bayi seperti gerakan naik sepeda, perhatikan bentuk sendi bayi. Apabila bayi menangis keras seperti kesakitan segera hubungi dokter karena sumber masalah ada di pinggul dan kaki.

Perlu diingat, ketika anda berkonsultasi dengan dokter anak, tekankan pertanyaan pada kondisi hati, paru paru, perut, dan kelamin bayi karena anda akan sedikit kesulitan memeriksanya sendiri. Untuk hati dan paru paru, dokter akan menggunakan stetoskop untuk mendengar ritme detak jantung dan pernafasan bayi. Bila anda terlalu sering membiarkan polusi mendekati bayi terutama asap rokok dan jalan raya, kemungkinan besar nafas bayi akan terdengar lebih berat. Perut dan alat kelamin akan membutuhkan pengetahuan dokter anak, mereka akan tahu apa yang harus dilakukan. Hanya, jangan sia siakan kesempatan bertanya seputar perkembangan bayi 4 bulan anda saat ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*