Normalkah Berat Badan Bayi dalam Kandungan Ibu

berat badan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Berat badan bayi dalam kandungan bisa diketahui ketika ibu sedang memeriksakan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan ke dokter. Kemudian, ibu bisa bertanya apakah berat badan janin ibu normal?

Jika jawabannya normal, ibu pasti sangat lega. Sementara itu, muncul beribu pertanyaan yang harus ibu tanyakan jika jawabannya adalah tidak normal. Bagaimana cara menaikkan berat badan janin agar normal? Apa yang harus ibu konsumsi agar bayi ibu memiliki berat badan normal? Apa yang terjadi jika berat badan janin tidak normal? Kira-kira itulah beberapa pertanyaan yang ada di kepala ibu.

Ibu tidak perlu khawatir karena ada tips mudah agar berat badan janin yang ibu kandung normal.

Perbanyak Mengkonsumsi Ikan Laut

Ada beberapa ikan laut yang memang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Salah satunya adalah ikan kepiting. Ibu bisa mengkonsumsi ikan tuna, ikan salmon, atau ikan tengiri. Tiga ikan tersebut sangat baik bagi perkembangan janin dalam kandungan. Jika perkembangan bayi dalam kandungan baik, berarti berat badan bayi pun baik.

Hanya saja, bagi ibu yang sudah mendapatkan laporan dari dokter bahwa berat bayi dalam kandungan ibu di bawah normal, maka sebaiknya ibu lebih sering mengkonsumsi ikan laut.

Mengkonsumsi Kacang-Kacangan

Kebanyakan kasus berat badan janin di bawah normal itu karena kurangnya suplai protein. Mungkin ibu sudah mengkonsumsi susu ibu hamil yang tinggi protein. Akan tetapi, ternyata protein yang diperlukan oleh janin untuk berkembang itu lebih dari protein yang ada dalam susu. Dan yang jelas, susu merupakan suplemen. Makanan bergizi lah yang paling utama.

Untuk itu, ibu harus mulai mengkonsumsi makan-makanan yang terbuat dari kacang-kacangan. Pasalnya, kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati tertinggi. Ada banyak sekali menu masakan nusantara berbahan kacang-kacangan.

Selalu Membawa Cemilan

Mungkin, cara yang satu ini terdengar tidak lazim jika tujuannya adalah untuk mendapatkan berat badan bayi ideal. Yang terlintas di kepala adalah cemilan itu tidak sehat.

Sebenarnya, ada cemilan yang sehat bahkan jika dikonsumsi ibu hamil sekalipun. Seperti contoh, ibu bisa membawa cemilan yang terbuat dari kacang. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kacang menandung protein nabati yang sangat tinggi. Protein yang cukup akan membuat janin berkembang normal dan berat badannya pun ideal.

Sayangnya, banyak ibu yang menyepelekan hal ini. Ibu yang doyan ngemil harus mulai selektif memiliki cemilan yang sehat untuk dikonsumsi saat kehamilan. Cemilan harus membuat berat badan bayi ideal.

Mengkonsumsi Susu Sebelum Tidur

Berapa kali ibu mengkonsumsi susu? Kebanyakan 2 kali, yaitu di pagi saat sarapan dan malam hari saat makan malam. Akan tetapi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu ibu hamil sebelum tidur. Cara ini sangat mudah dan juga efektif agar bayi dalam kandungan bisa memiliki berat badan ideal.

Ketika tidur, tubuh ibu tidak begitu membutuhkan nutrisi karena bisa dikatakan ibu dalam kondisi istirahat. Beberapa organ tubuh pun istirahat. Dalam keadaan ini, nutrisi akan diambil oleh janin.

Itulah beberapa cara menambah berat badan janin. Memang hasilnya tidak bisa ibu dapatkan secara instan. Diperlukan konsistensi untuk menjalankan tips tersebut di atas. Sayangnya, konsistensi merupakan permasalahan yang sederhana namun susah untuk dilakukan.

Ibu perlu menumbuhkan motivasi untuk menjalankan tips tersebut di atas karena pada dasarnya ibu sangat menginginkan bayi yang sehat dan lahir dengan selamat. Tentunya, salah satu kriteria bayi sehat itu adalah ketika lahir di dunia, berat badan bayi ideal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*