Nasehat Orang Kuno untuk Menjaga Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Terkadang ibu juga harus mendengarkan apa yang orang terdahulu katakan. Mungkin zaman sekarang lebih modern. Semua hal sudah bisa dijelaskan secara ilmiah sehingga bisa diterima oleh akal. Tapi tidak dengan apa yang dikatakan oleh orang terdahulu. Mereka mengatakan beberapa hal berdasarkan pengamatan sekilas atau bahkan hanya percaya saja tanpa ada alasan yang melandasi.

Akan tetapi, sesekali coba ibu dengarkan apa nasehat mereka tentang bagaimana menjaga kesehatan wanita hamil. Karena tidak semua nasehat mereka itu hanya bersifat mitos saja.

Ibu pasti sudah mendapatkan nasehat lengkap dengan penjelasan dari dokter kandungan, bidan, atau ahli gizi ibu hamil tentang bagaimana menjaga kesehatan kehamilan.

Tapi, rasanya ibu juga perlu untuk mendengarkan nasehat orang kuno berikut ini.

Tidak Boleh Keluar Malam

Salah satu cara orang kuno untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan adanya larangan bagi ibu hamil untuk keluar rumah di malam hari. Sekarang ini, hal yang sangat biasa dilakukan oleh siapa saja di luar rumah hingga jam 9 atau bahkan tengah malam.

Dan tidak jarang juga seorang ibu hamil sekarang ini yang pulang larut malam. Hal ini dilakukan tidak lepas dari tuntutan sebagai wanita karir yang biasanya pulang rumah malam hari.

Jelas, berbeda, bukan?

Tapi coba ibu perhatikan kenapa dulu wanita hamil dilarang keluar malam. Karena memang udara di malam hari itu kurang baik, khususnya bagi ibu hamil yang rentan terhadap penyakit.

Dan lebih dari itu, mungkin dulu jalan tidak terlalu terang karena belum ada lampu. Jadi, dikhawatirkan ibu hamil jatuh dan akhirnya keguguran.

Namun, ibu tidak boleh juga mengambil nasehat ini secara tekstual. Sebenarnya larangan keluar rumah untuk ibu hamil itu berhubungan erat dengan kesehatan kehamilan. Karena dengan berada di rumah saat malam hari, maka seorang wanita hamil memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Larangan ini bukan berarti ibu bisa di dalam rumah tapi tetap bekerja dan lembur hingga tengah malam.

Yang ingin disampaikan melalui nasehat ini adalah bagaimana seorang ibu hamil menjaga kesehatannya dengan cara beristirahat di malam hari.

Jangan Tinggalkan Pekerjaan Rumah

Ibu tahu sekarang ada program senam ibu hamil? Senam ibu hamil tersebut ternyata tidak beda dengan apa yang dilakukan oleh ibu hamil pada waktu dulu, yaitu mengepel dengan jongkok.

Memang tidak semua gerakan pada senam kehamilan sama dengan mengepel. Hanya saja tujuannya sama. Ternyata gerakan-gerakan senam ibu hamil itu bertujuan sama seperti ketika mengepel secara jongkok, yaitu membenarkan posisi janin (khususnya ketika masa persalinan sudah hampir tiba), menguatkan otot pinggul agar bisa melahirkan secara normal, dan untuk menjaga stamina ketika hamil.

Mungkin juga senam ibu hamil ini ada ketika masalah kesehatan seorang wanita hamil menjadi isu lantaran mereka kebanyakan bekerja di kantor dengan duduk dan tidak pernah melakukan aktivitas seperti mengerjakan pekerjaan rumah.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika mulai sekarang ibu coba dengarkan nasehat orang tua terdahulu. Larangan keluar malam dan mengerjakan pekerjaan rumah seperti mengepel hanya dua diantara banyak lagi nasehat yang diberikan oleh orang tua terdahulu.

Jadi, selain mendengarkan nasehat para ahli medis, ibu juga tetap mendengarkan nasehat dari orang tua terdahulu ya. Walaupun terkadang tidak masuk akal, tapi ada tujuan atau makna dibalik nasehat tersebut juga ibu mau lebih memahami nasehat tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*