Mulai Kapan Ibu Bisa Menghitung Usia Kehamilan?

menghitung usia kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Menghitung usia kehamilan itu sangat mudah. Setidaknya sekarang ibu sudah bisa menghitung berapa usia kandungan sendiri tanpa harus berkonsultasi dengan dokter. Bahkan, ibu bisa melakukan penghitungan usia kehamilan di rumah ibu sendiri.

Yaitu dengan menggunakan kalkulator online untuk menghitung usia bayi dalam kandungan. Kalkulator tersebut bisa ibu gunakan secara gratis, tanpa harus login. Beberapa website mungkin memiliki tampilan kalkulator yang berbeda, Hanya saja, prinsipnya sama. Ibu hanya perlu memasukkan data seperti kapan hari pertama haid terakhir, bulan serta tahunnya. Mudah sekali, bukan?

Bagaimana jika ibu tidak memiliki akses internet? Tentu saja bisa. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kalkulator menghitung usia kehamilan itu berbeda dalam hal tampilan, hanya saja prinsipnya sama. Kalkulator tersebut menggunakan rumus yang sama. Jadi, jika ibu tidak bisa mengakses internet, ibu bisa menghitung secara manual, yaitu dengan cara menggunakan rumus menghitung kehamilan sebagai berikut.

Rumus ini dinamakan rumus neagele. Bagaimana rumus neagele tersebut?

Rumus pertama        : (x+7) – (y-3) – (z+1)

Rumus kedua            : (x+7) – (y+9) – (z)

Apa itu x, y, dan z? Berikut keterangannya. x merupakan hari terakhir haid, y adalah bulan kehamilan, dan z adalah tahun kehamilan. Jadi, dengan menggunakan rumus tersebut, tetap saja informasi hari, bulan, dan tahun harus ibu berikan, sama persis dengan kalkulator online.

Lalu, kenapa ada dua rumus yang berbeda? Memang kedua rumus tersebut berbeda penggunaannya. Rumus pertama digunakan jika bulan pada saat mengalami HPHT (hari pertama haid terakhir) angkanya lebih dari 3. Jika bulan april dan seterusnya, maka menggunakan rumus pertama.

Salah satu manfaat dari mengetahui usia kehamilan adalah bahwa ibu bisa mengetahui kapan si buah hati akan lahir ke dunia. Jadi, ibu bisa melakukan persiapan mulai pakaian bayi, tempat tidur bayi, acara tasyakuran, dan lain sebagainya.

Hanya saja, satu hal yang harus ibu ketahui bahwa waktu kelahiran yang sudah dihitung menggunakan kalkulator untuk menghitung usia kehamilan itu tidak pasti valid. Hal tersebut karena beberapa hal.

Kenapa Waktu Persalinan Melenceng dari Jadwal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hasil yang ibu dapatkan seputar kapan kelahiran sang buah hati bisa saja melenceng atau tidak sesuai dengan hitungan. Hal tersebut bisa dikarenakan kesehatan ibu hamil. Ibu mungkin sudah mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Akan tetapi, yakinkah jumlah gizi atau nutrisi sudah cukup?

Terkadang ibu hamil tidak sadar asupan nutrisi yang ia dapatkan dari makanan itu tidak cukup. Seperti contoh, ada ibu hamil yang persalinannya harus maju lantaran air ketubannya hampir habis. Bahkan, kebanyakan persalinan harus melalui proses caesar. Tahukah ibu kenapa air ketuban habis? Kebanyakan ibu hamil kurang mengkonsumsi air putih.

Tentu saja ada faktor lain kenapa air ketuban habis. Namun, saran dari dokter adalah ibu harus lebih banyak minum air putih. Ibu bisa cari tahu cara menjaga kehamilan lainnya agar hal tersebut tidak terjadi. Ketahui juga makanan serta minuman yang harus ibu konsumsi yang baik untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan serta untuk memastikan air ketuban di dalam kandungan cukup. Dan yang pasti, kesehatan ibu hamil yang baik akan membuat masa kelahiran bisa sesuai dengan hasil hitungan kalkulator yang ibu gunakan untuk menghitung usia kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*