Mudahnya Menjaga Kesehatan Wanita Hamil pada Trimester Ketiga

kesehatan wanita hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil pada trimester ketiga itu tidak mudah. Itu persepsi beberapa orang. Padahal, dengan melakukan beberapa hal berikut, ibu bisa menjalani masa kehamilan tua dengan sangat menyenangkan.

Masih ragu? Silakan coba dan ibu bisa merasakan sendiri bahwa menjadi ibu hamil tua itu tidak seperti yang orang bicarakan. Mungkin ibu sering mendengar masa kehamilan tua itu tidak mudah. Beban menjadi berat, mau melakukan kegiatan susah dan malas, serta sering merasakan keluhan kesehatan.

Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika ibu mempraktekkan beberapa hal berikut sebagai cara menjaga kesehatan wanita hamil tua.

Apakah ibu tahu jenis makanan apa yang sebaiknya ibu konsumsi ketika masa kehamilan yang masuk pada trimeseter ketiga? Betul sekali, yaitu makanan yang mengandung banyak kalori.

Makanan yang berkalori tinggi akan menghindarkan ibu dari rasa malas dan mudah lelah. Pada masa kehamilan tua, biasanya wanita hamil memang merasa cepat lelah dan malas melakukan kegiatan sehari-hari.

Bagi wanita karir, tentu hal ini tidak baik. Ibu harus tetap bekerja dan tidak lupa menjaga kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan. Untuk menjaga kesehatan wanita hamil, ibu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi.

Jika biasanya ibu memenuhi kalori sebanyak 300 saja, ibu harus mensyuplai lebih banyak kalori lagi. Namun, jangan lupa juga tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk berkembang.

Sementara itu, untuk menunjang kenyamanan, ibu bisa memilih pakaian yang longgar. Untuk beberapa waktu, ibu harus simpan pakaian ketat nan seksi di dalam almari. Ibu ganti memakai pakaian yang longgar.

Sekarang ini ada pakaian kerja yang longgar untuk wanita hamil. Dengan memakain pakaian tersebut, ibu masih terlihat profesional sebagai wanita karir tanpa harus melupakan kenyamanan karena pada saat ini ibu mengandung.

Beberapa wanita hamil tua merasakan ketidaknyamanan ketika tidur. Pasalnya, perut mereka semakin besar dan susah sekali untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. Ketika kehamilan sudah masuk usia trimeseter ketiga, ibu harus mulai membiasakan diri tidur miring ke samping. Posisi ini akan membuat tidur ibu pulas.

Selain itu, posisi tidur seperti ini ternyata juga bagus untuk perkembangan janin dalam kandungan. Dengan tidur posisi miring, nutrisi dari makanan dan minuman yang ibu konsumsi akan diserap secara maksimal oleh janin. Lebih dari itu, darah juga bisa mengalir lebih lancar. Inilah yang menyebabkan tidur ibu nyaman dan lelap.

Satu hal yang sering tidak anggap penting, padahal ini sangat penting sekali, yaitu rajin membersihkan mulut. Apa hubungannya antara kebersihan mulut dengan menjaga kesehatan wanita hamil pada trimester ketiga?

Harus diketahui bahwa bakteri itu sangat mudah sekali masuk ke tubuh ibu melalui mulut. Agar bakteri tidak masuk ke tubuh yang akhirnya mengganggu kesehatan, ibu harus rajin menggosok gigi setelah makan.

Itulah beberapa hal yang bisa ibu lakukan sebagai langkah untuk kesehatan wanita hamil tua. Tidak sulit bukan menjaga kehamilan tua?

Namun, yang pasti, ibu harus tetap konsultasi kehamilan dengan bidan atau dokter. Ibu harus tanya bagaimana kondisi air ketuban apakah masih mencukupi sampai HPL. Ini menjadi pertanyaan yang wajib untuk ditanyakan. Pasalnya, banyak ibu hamil yang akhirnya dipaksa melahirkan karena air ketubannya tiba-tiba habis.

Untuk itu, konsultasi denga bidan atau dokter kandungan secara rutin. Dan jangan lupa lakukan yang terbaik untuk agar kesehatan ibu dan janin terjaga selalu dengan cara menerapkan tips menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*