Mudahnya Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda Facebook Ibu dan Balita

Menjaga kehamilan muda itu sulit bagi kebanyakan ibu hamil, apalagi kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama. Rasa takut dan khawatir membuat ibu merasa tidak bisa bebas.

Tentu saja hal tersebut sangat wajar terjadi. Rasa khawatir yang akhirnya merasa tidak bebas tersebut lantaran ibu ingin menjaga kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Sayangnya, terlalu khawatir justru akan membuat ibu tertekan dan akhirnya berakibat tidak baik bagi perkembangan janin. Rasa khawatir tersebut sekarang bisa ibu hilangkan jika ibu mendapatkan informasi terpercaya tentang bagaimana cara menjaga kehamilan muda.

Berikut daftar buah-buahan yang aman dan bahkan disarankan untuk dikonsumsi ketika masa kehamilan muda.

  • Alpukat

Alpukat merupakan buah sering dihubungkan dengan kecantikan. Ibu pasti sudah tahu banyak sekali perawatan kecantikan dengan menggunakan buah alpukat.

Namun, ternyata alpukat adalah salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk ibu konsumsi khususnya ketika hamil muda. Kandungannya yang berupa vitamin B kompleks, kalium, dan asam folat sangat dibutuhkan oleh janin. Asam folat sangat berperan dalam perkembangan otak bayi yang masih di dalam kandungan.

Sementara itu, bagi ibu, ada manfaat yang langsung bisa ibu rasakan. Alpukat akan meredakan rasa mual terutama setelah ibu mengkonsumsi makanan. Ibu bisa membuat jus alpukat sebagai hidangan penutup agar ibu tidak lagi mual setelah makan.

  • Buah Naga

Khasiat buah yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Akan tetapi, satu hal kenapa buah naga termasuk dalam makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi untuk menjaga kehamilan muda adalah bahwa buah ini bisa dikatakan 100% anti pestisida. Hal ini dikarenakan kulit buah ini sangat tebal. Selain itu, petani yang menanam buah ini juga jarang sekali menggunakan pestisida.

Oleh karena itu, buah naga relatif lebih aman dan sehat daripada buah yang lain. Apalagi kandungan gizi yang ada di dalamnya. Mungkin, buah lain yang ditanam oleh petani banyak yang masih menggunakan pestisida. Tidak dengan buah naga ini.

  • Kurma

Buah yang satu memang bukan berasal dari Indonesia. Kurma berasal dari timur tengah. Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak bisa mendapatkan buah yang satu ini. Sekarang, sangat mudah memperolah buah kurma di minimarket terdekat.

Kurma sangat penting untuk ibu konsumsi karena kandungan zat besinya yang sangat tinggi. Masalah yang sering dialami oleh ibu hamil pada trisemester pertama adalah anemia. Hal ini dikarenakan ibu kekurangan zat besi yang menghasilkan darah. Sementara itu, janin dalam kandungan memerlukakan darah untuk perkembangannya.

Untuk itu, cara yang tepat untuk mengatasi anemia adalah mengkonsumsi kurma. Hindari mengkonsumsi obat kimiawi untuk meredakan anemia. Memang obat tersebut bisa bereaksi dan lebih cepat menyembuhkan anemia. Akan tetapi, ibu harus tahu ada janin yang perkembangannya merupakan tanggung jawab ibu. Apa yang ibu konsumsi sangat mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Itulah tiga dari beberapa buah-buah yang baik jika dikonsumsi pada masa kehamilan trisemester pertama. Namun, ibu harus ingat bahwa nutrisi memiliki peran dari dalam. Sementara itu, ibu harus memastikan ada kegiatan yang penting ibu lakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan ibu. Ikutilah beberapa kehamilan seperti senam ibu hamil. Kegiatan lain seperti jalan santai atau membaca buku untuk menghindari stress juga bisa ibu lakukan sebagai cara menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*