Metode Belajar yang Tepat untuk Si Kecil Sebelum Masuk Sekolah

ibudananak https://www.facebook.com/FrisoIndonesia

Rumah seharusnya menjadi tempat belajar pertama setiap anak. Sementara itu, ibu sebagai orang tua adalah gurunya.

Sayangnya, banyak orang tua yang tidak memahami hal tersebut. Mereka cenderung menyerahkan masalah pendidikan kepada pihak sekolah.

Persoalannya bagaimana jika belum waktunya bagi si kecil untuk sekolah? Apakah ibu membiarkan anak belajar sesuai dengan keinginannya?

Harus dipahami bawasannya otak anak itu selalu berkembang. Dan jika tidak ada stimulus yang tepat, maka perkembangan otak tersebut tidak bisa optimal.

Itulah mengapa sebelum masuk sekolah, seharusnya ibu menerapkan metode belajar untuk anak yang tepat.

Metode Glenn Doman

Ini merupakan metode belajar anak yang sangat terkenal. Pada tahun 1961, penelitian dilakukan dan didapatkan sebuah kesimpulan bawasannya otak itu berkembang. Dan perkembangan otak itu sangat menakjubkan. Otak itu layaknya mata yang bisa melihat dan telinga yang bisa mendengar.

Dari kesimpulan tersebut, satu tim yang terlihat di dalam penelitian tersebut yang terdiri dari dokter, ahli bedah otak, ahli baca, dan psikolog menyarankan agar anak kecil lebih sering mendengar dan melihat.

Semakin sering anak mendengar dan melihat, maka semakin banyak hal baru yang bisa dipelajari oleh si kecil.

Kira-kira seperti itu penjelasan dari metode belajar Glenn Doman. Apakah ibu sudah memiliki gambaran seperti apa penerapannya?

Penerapan Metode Glenn Doman

Dari penjelasan di atas, ibu mengetahui pentingnya anak untuk melihat dan mendengar. Karena melihat dan mendengar akan membuat otaknya cepat berkembang.

Ada satu cara mudah yang bisa ibu lakukan. Pertama, ibu bisa membuat gambar entah itu gambar hewan, gambar angka, huruf, dan lain sebaginya. Usahakan gambar tersebut dalam ukuran yang cukup besar.

Usahakan ibu membuat gambar tersebut semenarik mungkin. Akan lebih baik jika ibu mencetak saja menggunakan mesin printing. Jadi, hasil gambarnya sangat bagus.

Itu baru mengoptimalkan sisi penglihatan saja. Untuk pendengaran si kecil, ibu bisa ucapakan setiap kata sesuai dengan gambar. Misalnya, jika ibu menunjukkan gambar sapi, maka ibu katakana “sapi”.

Semakin sering ibu menerapkan metode ini, maka ibu akan tercengang dengan perkembangan kecerdasan yang buah hati.

Ibu butuh ide lain? Silakan kunjngi situs ibudanbalita. Di sana terdapat ide belajar yang menarik untuk anak.

Hal Penting untuk Dilakukan Ketika Menerapkan Metode Glenn Doman

Setelah ibu mengoleksi ide belajar apa saja yang sesuai dengan Glenn Doman, ada hal lain yang tak kalah penting untuk ibu ketahui.

Untuk memaksimalkan metode balajar ini, ibu harus membatasi waktu belajar. Meskipun si kecil masih terlihat excited untuk belajar, ibu harus hentikan. Jangan sampai si kecil kelelahan yang bisa berujung pada rasa bosan.

Dan satu lagi. Pendekatan yang ibu lakukan itu sangat penting. Percuma ibu sudah tahu ide belajar yang tepat untuk anak tapi cara mengajarkan yang ibu lakukan tidak menarik. Pendekatan yang ibu lakukan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan metode belajar ini.

Metode ini sangat penting untuk diterapkan jika ibu memiliki anak yang baru mulai proses belajar bicara dan membaca. Dipastikan perkembangan si kecil akan sangat cepat sekali jika ibu menerapkan metode Glenn Doman ini.

Tentu saja ibu bisa menerapkan cara lain agar si kecil bisa cepat bicara atau membaca. Temukan banyak tips lainnya untuk memaksimalkan perkembangan balita ibu di www.ibudanbalita.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*