Merasa Ada yang Salah dengan Perkembangan Bayi 5 Bulan?

perkembangan bayi facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan bayi memang sebaiknya dikontrol dari minggu ke minggu. Hal tersebut dilakukan jika terjadi masalah maka penanganan bisa segera diberikan. Lalu, apa indikasi bahwa bayi ibu sehat?

Tentu saja ada beberapa tanda perkembangan buah hati ibu mulai dari lahir sekalipun. Biasanya, berat badan bayi akan turun di minggu pertama. Itu bukan berarti perkembangannya bermasalah. Turunnya berat badan bayi di minggu pertama itu dikarenakan cairan dalam tubuh dikerluarkan oleh bayi.

Bagaimana ketika bayi ibu sudah masuk pada usia 5 bulan? Ada beberapa perkembangan yang sangat signifikan ketika si kecil sudah masuk usia 5 bulan. Apakah bayi ibu sudah terlihat perkembangannya? Berikut informasi selengkapnya.

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Banyak sekali orang tua yang excited ketika bayinya sudah masuk usia 5 bulan. Ibu pun pasti seperti itu. Pasalnya, banyak sekali perkembangan yang terjadi. Bayi usia 5 bulan itu sudah memiliki kemampuan motorik kasar seperti mampu duduk dalam jangka waktu yang lama dan memperhatikan benda-benda yang ada di sekitar terutama benda bergerak.

Selain itu, bayi juga sudah bisa mulai bergerak seperti berguling dan terlentang. Itulah mengapa ibu harus waspada jika bayi ibu sudah berusia 5 bulan. Ketika sang buah hati tidur, sebaiknya ibu selalu menjaganya karena takutnya bayi ibu akan berguling dan jatuh dari tempat tidur.

Alangkah baiknya jika ibu membelikan box khusus bayi. Tempat tidur box ini jelas lebih aman. Hanya saja, ibu harus mengambil si kecil jika ingin menyusuinya. Tentu ada sisi positif dan sisi negatif dari tempat tidur box bayi ini.

Selain kemampuan motorik, perkembangan bayi sehat pada usia 5 bulan ditandai dengan cara dia berkomunikasi. Pada usia ini, bayi sudah mulai mengoceh. Ini merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan oleh bayi.

Pada tahap ini, sebaiknya ibu lebih banyak memberikan waktu dan perhatian pada si kecil. Ibu bisa mulai mengajak berbicara seolah-olah si kecil memang sudah bisa berkomunikasi. Cara ini merupakan treatment agar si kecil lebih cepat berbicara dengan orang lain.

Sangat menyenangkan jika ibu bisa melihat si kecil bisa terlelap di malam hari. Ini adalah salah satu tanda perkembangan bayi sehat pada usia 5 bulan. Ibu mungkin masih mengingat ketika harus begadang karena si kecil menangis dan tidak mau tidur di malam hari.

Pada usia 5 bulan, bayi sudah menemukan pola tidurnya. Ia tahu kapan waktunya istirahat dan kapan waktunya bermain dengan ibu. Namun, peran ibu sangat penting. Sebaiknya ibu sendiri yang membuat jadwal kapan sebaiknya si kecil di mandikan agar bisa terlelap tidur. Sebaiknya, ibu berusaha agar si kecil mau tidur di siang hari setidaknya dua kali, agar di malam hari ia bisa terlelap.

Itulah beberapa hal yang perlu ibu ketahui mengenai perkembangan bayi usia 5 bulan. Tentu tidak semua tanda-tanda tersebut di atas akan muncul ketika usia bayi menginjak 5 bulan. Ada yang terlambat berkembang sehingga ibu harus memperhatikan apakah keterlambatan tersebut berakibat buruk atau tidak.

Perkembangan si kecil itu sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti nutrisi dan stimulan dari luar. Nutrisi saja tidak cukup. Itulah mengapa penting sekali ibu memberikan stimulan seperti mengajak bercanda, berbicara, dan mengajarinya duduk. Stimulan-stimulan seperti itu sangat penting sekali untuk perkembangan bayi.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*