Menu Sehat Ibu Hamil Agar Janin Sehat Tanpa Cacat

menu sehat ibu hamil Source: Pinterest

Menu sehat ibu hamil tentu tidak lepas dari gizi dan nutrisi yang seimbang. Seringkali pada usia kehamilan yang masih muda anda menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi jenis makanan. Hal ini tentu saja tujuannya baik untuk dapat menjaga kesehatan dan perkembangan janin anda. Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran. Selain itu gangguan yang seringkali terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan.

Padahal pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga dapat berkembang dengan baik.  Pada ibu hamil muda bukan berarti harus mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak akan tetapi memperhatikan kualitas dari makanan yang anda konsumsi. Pengaturan makanan yang anda konsumsi harus tepat sasaran yaitu disesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan, kebutuhan dan perkembangan janin.Terlebih bagi awal kehamilan dimana perubahan hormonal dapat meningkatkan sensitivitas yang mempengaruhi ibu hamil muda.

Menu Sehat Ibu Hamil Muda

Berikut ini  beberapa makanan  atau bahan makanan yang disarankan untuk di konsumsi oleh para ibu hamil ;

  • Sereal

Pada pagi hari seringkali menjadi masalah bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan. Sehingga anda dapat mengatasi gangguan mual, muntah dan kehilangan nafsu makan dengan mengkonsumsi sereal. Sereal selain memiliki variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan anda juga mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Kandungan dari gandum utuh dapat mengandung energi dan serat yang disesuikan dengan kebutuhan ibu hamil.

  • Produk susu

Kandungan yang terdapat di dalam susu dapat membantu anda dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak dan pembentukan otot dan juga transportasi oksigen ke janin. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein dan mineral maka dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi. Pilihan susu kedelai dapat menjadi alternatif anda yang mempunyai kecukupan vitamin D dan rasa yang berbeda juga tambahan manfaat bagi ibu hamil.

  • Ikan

Makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 dapat membantu pembentukan otak janin meskipun demikian anda harus berhati-hati karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan menggangu perkembangan janin. Hindari pula mengkonsumsi ikan yang mentah karena dapat meningkatkan kadar lemakk jenuh di dalam tubuh.

  • Kandungan Air dan Vitamin

Kandungan air dan vitamin penting untuk diperhatikan. Bagi ibu hamil yang seringkali mengalami mual maka anda dapat mengkonsumsi lebih banyak air putih yang dicampurkan dengan sari buah tanpa tambahan gula. Penting untuk menambah vitamin yang mendukung masa kehamilan apalagi diusia kehamilan muda. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada bidan atau dokter untuk mendapatkan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan kandungan anda.

Menu sehat Ibu Hamil Yang Terbuat Dari Sayuran

Sayuran sangat penting untuk ibu hamil. Kekurangan sumber vitamin dari sayuran bisa menjadi hal yang sangat berbahaya untuk ibu maupun janin yang dikandungnya. Sayuran yang sangat baik untuk ibu hamil ini seperti kangkung, kacang dan masih banyak lagi. Beberapa jenis sayuran yang sehat dan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda maupun ibu hamil tua, diantaranya adalah :

  • Kangkung

Kangkung ini sudah sangat akrab sekali dengan lidah kita. Kangkung juga dikenal sebagai sayuran yang bikin ngantuk jika dikonsumsi. Pendapat ini tidak salah karena pada kangkung mengandung zat yang disebbut zinc dan selenium. Kandungan ini merupakan unsur sedatif yang mana akan membuat syaraf menjadi leih rileks sehingga dapat menyebabkan rasa ngantuk. Jika dikonsumsi secara teratur, kangkung ini dapat mencegah kita dari insomnia.

  • Kacang kacangan

Kacang kacangan ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis sayuran ini mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Dari berbagai jenis kacang, kacang buncis adalah jenis dari kacang kacangan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Yang mana kacang buncis ini mengandung kalsium dan olat yang cukup tinggi.

  • Kol dan kembang kol

Sayuran untuk ibu hamil11Kol maupun kembang kol ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena kembang kol maupun kol itu sendiri mengandung asam folat yang sangat baik untuk ibu maupun janin. Namun bunda harus berhati hati, jika mengkonsumsi kol dalam keadaan mentah, pastikan sudah mencucinya sampai bersih agar tidak ada bakteri yang tertinggal.

  • Bayam

Bayam ini mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain mengandung vitamin dan mineral, bayam juga mengandung vitamin A, C dan K. Tidak berhenti disitu, bayam ini juga salah satu jenis sayuran yang tinggi akan kandungan asam folatnya. Yang mana asam folat ini sangat bermanfaat untuk perkembangan janin.

  • Jagung

Jagung biasanya kita konsumsi dengan cara direbus atau dibakar. Tapi ada juga jenis jagung yang dapat kita konsumsi dengan cara disayur. Jagung manis merupakan salah satu jenis jagung yang dapat dijadikan sayur. Rasanya yang manis dan lezat ini tidak kalah dengan kandungan gizinya yang tinggi. Jagung mempunyai kandungan vitamin B12 yang sangat bagus untuk meningkatkan darah dan menjaga kalium didalam tubuh. Selain manfaatnya yang cukup tinggi tadi, jagung ini juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk ibu hamil.

  • Terong ungu

Terong ungu ini juga merupakan jenis sayuran untuk bahan dasar dari menu sehat ibu hamil yang tinggi dengan kandungan asam folatnya. Selain asam folat, terong ungu juga mengandung zat besi, kalori, vitamin B1, B2 dan juga vitamin C.

  • Sayur Bok Choy

Sayur Bok Choy ini mengandung berbagai sumber vitamin seperti A, C dan D plus kalsium, mangan, vitamin B6 dan fosfor. Selain itu sayur bok choy juga bisa menjaga imun tubuh.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*