Menu Makanan Anak 2 Tahun Harus Variatif. Ini Alasannya

menu makanan anak 2 tahun www.awalsehat.nestle.co.id

Banyak sekali pilihan menu makanan anak 2 tahun yang bisa ibu pilih. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan ibu tidak mempunyai ide makanan apa yang seharusnya ibu sajikan untuk sang buah hati.

Tentunya apapun menu makanan untuk anak 2 tahun yang ibu buatkan harusnya mengandung gizi yang tinggi. Jika perlu, ibu sendiri yang memasaknya untuk memastikan bahan yang ibu gunakan benar-benar higienis.

Akan tetapi, bukan itu saja yang penting. Ibu harus pastikan memberikan makanan yang berbeda-beda atau variatif. Ibu tahu kenapa?

  1. Mencegah Anak Mogok Makan

Anak Mogok Makan

www.awalsehat.nestle.co.id

Apa hubungannya antara memberikan menu makanan balita 2 tahun variatif dengan mogok makan? Kelihatannya memang tidak ada hubungannya. Akan tetapi, ibu harus tahu salah satu faktor penyebab anak mogok makan adalah disebabkan ibu memberikan menu makanan yang itu itu saja setiap hari.

  1. Agar Anak Tidak Picky Eater

Anak Picky Eater

www.awalsehat.nestle.co.id

Ibu tahu istilah picky eater? Ini merupakan istilah yang digunakan untuk anak yang pilih-pilih makanan. Ia hanya mau mengkonsumsi makanan tertentu saja.

Ibu harus tahu picky eater ini awalnya bisa disebabkan karena ibu kurang memberikan makanan yang bervariasi. Padahal, dari awal ketika si kecil baru pertama kali harus mendapatkan menu MPASI atau makanan pendamping ASI, seharusnya si kecil sudah mulai dikenalkan dengan makanan yang berbeda-beda.

Ibu bisa membuatkan menu MPASI yang berbeda-beda setiap hari. Diharapkan, hal ini bisa membuat si kecil mengenal berbagai rasa sehingga ketika balita nanti ia tidak menjadi picky eater.

Lebih berbahaya lagi jika anak ibu suka pilih-pilih makanan dan akhirnya membuat indera pengecapnya tidak berkerja secara maksimal. Menurut ahli kesehatan, picky eater ini bisa disebabkan oleh faktor biologis yang disebabkan indera pengecapnya memang tidak berfungsi normal lantaran tidak pernah atau tidak mau mencoba makanan dengan rasa yang berbeda.

  1. Gizi Terpenuhi

makanan bergizi bagi anak

www.awalsehat.nestle.co.id

Sebenarnya, untuk memastikan balita ibu mendapatkan semua gizi harian, itu hal yang tidak sulit. Cukup dengan memberikan makanan yang sehat, cemilan berupa buah, dan juga minum susu Lactogrow yang merupakan susu balita terbaik.

Namun, yang paling penting adalah menu makanan untuk balita 2 tahun. Sementara itu, susu merupakan suplemen saja. Hanya saja, pastikan ibu memberikan suplemen berupa susu balita terbaik. Karena hanya susu balita terbaiklah yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh sang buah hati.

Dalam hal ini, menu makanan harus bervariasi lantaran setiap makanan mungkin tidak mengandung semua nutrisi. Seperti contoh daging lebih banyak mengandung protein sementara sayur lebih banyak mengandung vitamin. Dengan memberikan makanan yang bervariasi,, si kecil bisa mendapatkan semua gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Jadi, ibu sudah tahu kan kenapa ibu perlu memberikan menu makanan anak usia 2 tahun yang bervariasi.

Tidak sedikit balita yang mengalami gizi buruk lantara orang tua mereka tidak begitu memperdulikan menu makanan yang mereka berikan. Mereka berpikir, asalkan si kecil mau makan, itu sudah lebih dari cukup. Toh anak mereka sehat. Itu yang ada dipikiran mereka.

Padahal, kebutuhan gizi balita itu bermacam-macam. Dan semua gizi harus terpenuhi. Untuk itulah, setiap orang tua harus sadar pentingnya untuk memastikan gizi balita terpenuhi. Salah satu cara yang tepat adalah dengan memberikan menu makanan anak 2 tahun yang bervariasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*