Menu Ikan Tenggiri untuk Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil itu tidaklah susah. Kali ini, ibu akan mengetahui ternyata ada makanan sehat dan lezat yang bisa ibu konsumsi untuk menjaga kehamilan. Makanan apa itu?

Menu ikan tenggiri cocok sekali untuk ibu yang sedang hamil. Tengiri merupakan ikan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika ibu sedang hamil. Lalu, apa saja manfaat yang diberikan oleh ikan tengiri ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Kandungan dan Manfaat Ikan Tenggiri Bagi Ibu Hamil

Apakah ibu tahu ikan tenggiri itu merupakan kerabat dari ikan tuna? Ternyata, ikan tenggiri itu kerabat ikan tuna. Ikan tuna dikenal sebagai ikan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Itulah mengapa banyak ahli gizi yang sangat menyarankan agar ibu hamil mengkonsumsi ikan tuna.

Jika ibu tidak mendapatkan ikan tuna, ibu bisa ganti menu ikan tenggiri. Ikan yang satu ini tidak jauh beda dengan ikan tuna karena dianggap sebagai kerabat ikan tuna. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa ikan tenggiri mengandung omega 3 yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Lalu, tahukah ibu apa fungsi omega 3?

Omega 3 merupakan salah satu gizi ibu hamil yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan untuk membentuk saraf. Kandungan ini juga ada di dalam susu ibu hamil. Nutrisi berupa omega 3 ini akan membuat otak janin berkembang sehingga bayi nanti lahir cerdas.

Pasti setiap setiap orang tua ingin memiliki anak yang cerdas, bukan? Maka tidak salah jika ibu hamil membuat menu makanan ikan tenggiri, tidak hanya agar kesehatan wanita hamil terjaga, tapi juga agar perkembangan otak bayi dalam kandungan baik.

Berapakah kandungan omega 3 dalam daging ikan tenggiri? Satu ons daging ikan tenggiri mengandung setidaknya 2,6 gram omega 3. Jadi, untuk satu porsi satu ikan tenggiri, kebutuhan omega 3 setiap hari sudah tercukupi.

Akan tetapi, bukan berarti ibu bisa begitu saja mengkonsumsi ikan tenggiri. Pasalnya, ada beberapa peneliti yang berargumen bahwa ikan tenggiri itu juga bisa mengganggu kesehatan wanita hamil.

Hati-Hati Memilih Ikan Tenggiri

Terdapat pro dan kontra apakah ikan tenggiri termasuk makanan sehat untuk ibu hamil atau tidak. Jika ibu mengikuti penjelasan sebelumnya, jelas ikan tenggiri termasuk kategori ikan sehat dan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan omega 3 yang tinggi untuk mencerdaskan otak bayi dalam kandungan.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ternyata, semua jenis seafood, termasuk ikan tenggiri itu bisa saja terkontanasi dengan merkuri. Merkuri ini zat yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Merkuri akan mengganggu kesehatan janin dalam kandungan. Itulah mengapa ikan tenggiri kurang cocok jika dijadikan menu makanan untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Selain itu, ikan tenggiri juga bisa menjadi makanan yang sangat berbahaya jika ibu tidak memasak ikan tersebut dengan baik. Cara memasak yang kurang matang bisa membuat ikan tenggiri ini justru seolah-olah menjadi racun. Pasalnya, ketka ikan tidak dimasak dengan matang, ada kemungkinan bakteri di dalam ikan tersebut masih hidup sehingga jika dikonsumsi ibu hamil, bakteri tersebut bisa mengganggu kesehatan ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.

Dari alasan-alasan tersebut, maka sangat wajar jika ikan tenggiri dikatakan sebagai makanan yang tidak baik untuk ibu hamil. Namun, jika ibu memilih ikan tenggiri yang tidak mengandung merkuri dengan cara memilih ikan tenggiri yang masih kecil serta memasak benar-benar matang, ikan tenggiri tersebut akan menjadi menu makanan penting untuk kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*