Menu Berikut Ini Enak Sekali, Namun Bukan Termasuk Makanan Ibu Hamil

makanan ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Makanan ibu hamil tidak harus mahal. Bahkan, ada menu makanan sehat untuk ibu hamil yang ternyata sangat murah harganya. Ibu sendiri pun bisa membuatnya di rumah seperti pecel, oseng kangkung, sayur bayam, dan lain sebagainya.

Sayangnya, banyak ibu-ibu hamil masih saja mengkonsumsi makanan yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi saat kehamilan. Makanan tersebut memang enak sekali namun siapa sangka makanan tersebut bisa mengganggu perkembangan janin dalam kandungan dan bahkan bisa mengakibatkan keguguran.

Ibu pasti tahu durian, bukan? Buah ini dianggap sebagai buah yang paling enak dan paling mahal. Terlepas dari itu, buah durian merupakan buah yang dulunya hanya disantap orang para raja. Jadi, bisa dikatakan buah durian merupakan buah yang istimewa dibandingkan dengan buah-buah yang lain.

Jika musim buah durian tiba, sangat mudah menemukan penjual buah durian yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Semakin asyik jika buah durian dibelah dan dimakan di tempat itu juga. Jika ibu pecinta buah durian, pasti ibu tahu hal tersebut.

Namun, siapa sangka buah durian ternyata bukanlah makanan ibu hamil. Ada dua zat berbahaya yang terkandung di dalam buah ini, yaitu arachidonat dan alkohol. Menurut para ahli kesehatan kandungan, dua zat ini yang menyebabkan kontraksi pada rahim sehingga rentan sekali terjadi keguguran. Itulah mengapa orang dahulu melarang sekali wanita hamil mengkonsumsi durian. Buah ini termasuk dari beberapa jenis buah yang mengakibatkan keguguran.

Selain itu, durian juga bisa menyebabkan bayi dalam keadaan prematur. Seperti yang ibu ketahui, bayi yang lahir prematur biasanya berat badannya sangat rendah sehingga banyak bayi prematur yang akhirnya meninggal.

Durian memang enak sekali. Namun, setelah ibu tahu resiko yang mungkin terjadi seperti yang dijelaskan di atas, apakah ibu masih kekeuh ingin makan durian juga?

Selain durian, sate juga bukan termasuk makanan ibu hamil. lho bukannya sate bisa menjadi obat anemia? Betul sekali, terutama sate kambing. Ibu hamil sering merasa kepala pusing dan tidak bertenaga. Itu biasanya dikarenakan anemia atau kekurangan darah. Sayangnya, bukan sate yang boleh dijadikan obat anemia.

Sate merupakan daging yang belum benar-benar matang dimasak karena hanya dibakar. Sementara itu, kemungkinan besar masih ada bakteri yang hidup karena cara memasang yang kurang sempurna. Itulah yang menjadi alasan kenapa ibu hamil dilarang makan sate. Bakteri yang masih ada di dalam daging dikhawatirkan masuk ke plasenta dan diserap oleh janin. Bukan tidak mungkin bakteri tersebut akan mengganggu perkembangan janin. Jika ibu mengalami anemia, konsumsilah ikan dan sayuran hijau.

Apakah ibu pecinta empek-empek? Biasanya makanan ini sangat enak sekali dimakan di siang hari. Sayangnya, empek-empek bukan juga jenis makanan ibu hamil. Empek-empek terbuat dari ikan tengiri. Sementara itu, para ahli gizi mengatakan tengiri merupakan salah satu dari sekian banyak ikan laut yang mengandung merkuri dalam jumlah yang banyak.

Ikan laut memang bagus bagi perkembangan bayi di dalam kandungan. Hanya saja, ibu harus memilih ikan laut yang kadar merkurinya rendah seperti ikan tuna, ikan salmon, dan kepiting. Untuk ikan tengiri, ibu sebaiknya tidak mengkonsumsinya.

Ibu jangan khawatir karena masih banyak makanan enak yang bagus untuk kehamilan. Yang jelas, makanan tersebut di atas harus dihindari karena bukan termasuk ke dalam makanan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*