Menjaga Kesehatan Wanita Hamil Saat Musim Penghujan

kesehatan wanita hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan pada wanita hamil lebih mudah drop ketika musim hujan. Pasalnya, virus serta bakteri penyebab penyakit berkembang ketika musim hujan. Sementara itu, daya tahan seseorang menurun sehingga sangat mudah terserang penyakit.

Bagi ibu hami, ibu harus tahu bagaimana caranya agar kesehatan tidak drop. Jika drop, bukan tidak mungkin hal tersebut akan mengganggu kesehatan janin dalam kandungan juga. Itulah mengapa ada beberapa tips yang perlu perlu perhatikan ketika musim hujan tiba seperti saat ini agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga.

Tidur Cepat

Pada dasarnya, kesehatan wanita hamil itu mudah drop karena daya tahan tubuhnya yang menurun. Hal tersebut tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, hal yang bisa ibu lakukan untuk langkah antisipasi adalah dengan cara lebih sering beristirahat.

Jika ibu biasanya tidur malam jam 9, maka usahakan ibu tidur malam jam 8. Semakin lama tidur, maka semakin bagus bagi tubuh ibu untuk recharge.

Hindari Lembur

Apakah ibu seorang pekerja? Jika ibu sedang hamil, ibu bisa meminta dispensasi kepada atasan ibu agar tidak memberikan beban pekerjaan yang terlalu berat, apalagi hingga lembur.

Biasanya, para pekerja yang lembur sampai larut malam memiliki kebiasaan yang kurang baik, seperti minum kopi, makan di tengah malam, dan lain sebagainya. Tentu saja jika ibu melakukan hal tersebut, akan sangat tidak baik sekali bagi perkembangan janin.

Mungkin ibu bisa berkilah tidak akan mengkonsumsi susu kopi dan makan tengah malam. Lalu bagaimana dengan stress? Lembur itu biasanya dilakukan karena deadline penyelesaian pekerjaan. Dan hal tersebut pasti membuat ibu stress, bukan? Jika stress, maka ibu akan mudah sakit. Apalagi ketika musim hujan seperti saat ini, udara malam sangat tidak baik bagi kesehatan wanita hamil.

Minum Minuman Hangat

Hati-hati memilih minuman untuk ibu hamil. Salah pilih minuman bisa mengakibatkan keguguran.

Minuman hangat memang bisa menjadi teman di dinginnya musim hujan. Wedang jahe misalnya menjadi minuman yang sering dipesan orang-orang ketika musim hujan. Bagaimana dengan wanita hamil? Apakah wedang jahe aman dikonsumsi?

Ibu bisa cross check di info ibu hamil. Ada beberapa pakar kesehatan kehamilan yang tidak menyarankan ibu hamil minum wedang jahe. Hal ini dikarenakan jahe menimbulkan rasa panas pada perut. Dikhawatirkan rasa panas tersebut berakibat buruk untuk perkembangan janin.

Akan tetapi, hal-hal negatif tidak akan terjadi jika ibu tidak berlebihan mengkonsumsi jahe. Sama halnya dengan kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan makan makanan yang sehat untuk wanita hamil. Hanya saja, jika berlebihan akan mengakibatkan hipervitamin

Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

Sebenarnya mengkonsumsi susu kehamilan saja sudah cukup untuk membuat ibu tidak mudah terkena penyakit ketika musim hujan tiba. Susu tersebut mengandung antioksidan yang tinggi yang akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat.

Jika ibu mau rajin mengkonsumsi susu untuk ibu hamil di pagi dan malam hari, maka ibu tidak perlu khawatir menghadapi musim hujan. Kesehatan ibu akan selalu terjaga dan ibu tidak akan mudah sakit.

Jadi, masih takut dengan musim hujan? Apapun kegiatan ibu, musim hujan tidak akan menjadi penghalang. Yang jelas, ibu harus selalu menjaga kesehatan lebih ekstra. Ibu harus ingat ada bayi yang ada di dalam kandungan. Kesehatan ibu kesehatan bayi juga. Kesehatan bayi mutlak tanggung jawab ibu. Teruslah untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*