Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda Saat Musim Hujan Tiba

hamil muda www.facebook.com/ibudanbalita

Ibu hamil itu katanya rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Apalagi ketika musim hujan tiba pada saat ini. Ada beberapa jenis masalah kesehatan yang mengintai para wanita hamil di luar sana.

Jika ibu salah satu dari mereka, maka luangkan waktu untuk membaca informasi tentang hal-hal yang terkait dengan masalah kesehatan ibu hamil ketika musim hujan tiba. Apa sajakah itu?

Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi Pada Ibu Hamil Pada Musim Hujan

Setidaknya ada 3 penyakit yang siap menyerang ibu ketika musim hujan ini. Tentunya ibu tidak ingin kondisi ibu tidak fit sehingga mengganggu perkembangan janin dalam kandungan, bukan?

Mungkin ibu bisa mengatakan ada banyak sekali obat di apotek yang baik untuk dikonsumsi saat kehamilan. Tentu saja hal tersebut benar adanya. Namun, apapun obatnya apakah sudah dikatakan sebagai obat aman bagi ibu hamil, pasti ada kandungannya yang mungkin berbahaya untuk janin dalam kandungan, entah kandungan tersebut herbal atau kimia.

Untuk masalah cara pencegahan penyakit ibu hamil muda saat musim hujan akan dibahas di bagian lain. Saat ini, ibu harus tahu setidaknya ada tiga masalah kesehatan yang mengganggu ibu pada masa musim penghujan. Yang pertama adalah flu. Jika ibu sering keluar rumah karena harus berkegiatan di luar rumah atau menjadi wanita karir yang setiap hari harus pergi ke kantor, flu seolah menjadi penyakit yang tidak bisa dihindari. Bahkan, orang yang tidak hamil pun rentan sekali mengalami masalah ini.

Yang kedua adalah diare. Meskipun banyak ibu hamil yang mengalami masalah diare ini bukan pada waktu musim hujan, resiko mengalamai masalah diare pada musim hujan ini lebih tinggi.

Yang ketiga adalah sakit kepala. Pusing ini bisa jadi diakibatkan anemia karena pada dasarnya ibu hamil membutuhkan darah yang lebih. Pasalnya, selain ibu, janin juga membutuhkan darah untuk perkembangannya.

Namun, sakit kepala ini juga bisa diakibatkan karena hujan. Bagi ibu yang memutuskan untuk tetap bekerja saat hamil muda, bersiap-siaplah membawa payung agar tidak terkena rintik-rintik hujan. Jangan sepelekan hujan rintihk-rintik karena justru gerimislah yang sering mengakibatkan kepala pusing.

Lalu, apa saja yang perlu ibu lakukan sebagai langkah pencegahan? Harus dipahami langkah pencegahan itu lebih baik dilakukan daripada pengobatan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengkonsumsi obat sebaiknya menjadi alternatif terakhir karena dikhawatirkan obat-obatan akan berpengaruh pada perkembangan janin.

Langkah Pencegahan

Setelah mengetahui tiga penyakit yang sering menyerang pada musim hujan tersebut di atas, selanjutnya ibu harus tahu cara mencegah masalah kesehatan tersebut. Yang pertama adalah mengkonsumsi madu. Madu baik sekali untuk memperkuat sistem immune. Ibu bisa mengkonsumsi madu secara langsung atau mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman. Usahakan ibu mengkonsumsi madu secara rutin selama musim hujan. Maka daya tahan tubuh ibu semakin kebal.

Cara yang lain adalah selalu membawa payung atau jas hujan. Sekali lagi, jangan sepelekan hujan rintik-rintik karena justru hujan rintik-rintik yang sering menyebabkan sakit kepala.

Selalu mencuci tangan juga cara efektif mencegah terkena segala jenis penyakit. Seperti yang ibu ketahui, saat musim hujan tiba, berbagai jenis kuman penyebab penyakit sangat mudah berkembang dan menyebar. Oleh karena itu, ibu harus rajin mencuci tangan terutama sebelum makan. Gunakan sabun atau desinfektan agar membunuh kuman pada tangan.

Semoga informasi tentang cara menjaga kesehatan ini dapat memperlancar proses kehamilan ibu mulai dari masa hamil muda.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*