Menjaga Kehamilan Muda dengan Cara Spa, Apakah Diperbolehkan?

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Menjaga kehamilan muda identik dengan hal yang tidak menyenangkan. Ibu dilarang makanan ini, minum itu, harus melakukan ini, tidak boleh melakukan itu, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana dengan spa?

Spa dianggap sebagai kebutuhan, terutama para wanita karir yang harus menjaga penampilannya. Spa merupakan cara untuk memanjakan diri. Ibu akan rileks dan juga segar kembali setelah mendapatkan treatment spa. Lalu, apakah spa ini dipebolehkan untuk ibu hamil?

Ternyata, ada beberapa jenis spa yang memang tidak diperbolehkan, apalagi spa yang menggunakan aromaterapi yang memang bisa mengganggu kesehatan wanita hamil. Kali ini, ada beberapa spa yang diperbolehkan untuk ibu hamil. Berikut ulasannya.

Spa yang Boleh Dilakukan Saat Hamil

Salah satu jenis spa yang diperbolehkan untuk dilakukan ketika masa kehamilan adalah facial. Treatment ini biasanya diberikan untuk mengatasi keluhan kesehatan pada wajah seperti bintik hitam dan jerawat. Untuk tujuan tersebut, facial tidak diketegorikan berbahaya bagi ibu hamil.

Hanya saja ibu harus memastikan bahwa spa tersebut tidak menggunakan bahan yang mengandung retinoid. Kandungan ini sangat berbahaya bagi janin. Menurut ahli kesehatan, retinoid merupakan salah satu zat berbahaya yang bisa membuat janin cacat. Untuk itu, hindari penggunaan bahan untuk facial yang mengandung retinoid jika ibu benar-benar ingin menjaga kehamilan muda.

Spa berupa luluran juga diperbolehkan. Memang ada pro dan kontra masalah luluran untuk ibu hamil. Ada yang mengatakan tidak boleh ada yang mengatakan boleh. Yang mengatakan tidak boleh karena mereka menganggap luluran itu berarti juga memijat bagian tubuh. Padahal, memjijat itu sangat berbahaya. Jika salah pijat, bisa jadi perkembangan janin terganggu.

Sementara itu, bagi yang mengatakan luluran itu tidak apa-apa, dikarenakan mereka tahu ada penyedia jasa spa seperti memiliki tenaga ahli yang tahu persis bagian mana yang tidak boleh dipijat untuk ibu hamil. Selain itu, mereka juga tidak menggunakan bahan-bahan kimia. Sekarang ini, banyak sekali penyedia layanan spa yang menggunakan bahan alami, bukan? Itu bisa ibu pilih sebagai cara memanjakan diri tanpa harus mengabaikan tugas ibu untuk selalu menjaga kehamilan muda.

Sementara itu, ada beberapa jenis spa yang sangat terkenal dan banyak diminati oleh kaum hawa namun tidak diperbolehkan jika dalam masa kehamilan.

Spa yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Untuk menjaga kehamilan muda saat bekerja, ibu biasanya memiliki waktu untuk memanjakan diri agar tidak stress. Biasanya, ibu pergi ke tempat spa pada waktu weekend.

Tentu saja hal tersebut sangat wajar. Hanya saja, hindari spa yang justru membahayakan janin. Salah satunya adalah body wrap. Spa yang satu ini bertujuan untuk menghilangkan selulit sehingga tubuh menjadi seksi. Jelas sekali spa yang satu ini tidak diperbolehkan untuk ibu hamil. Apalagi bahan yang sering digunakan membuat tubuh terasa panas. Panas tersebut bisa sangat membahayakan bagi perkembangan janin.

Selain itu, ibu juga harus menghindari sauna. Sauna ada yang menggunakan aromaterapi tertentu yang bisa mengganggu kesehatan janin. Lebih dari itu, sauna juga bisa membuat suhu badan tinggi sehingga bisa membuat bayi lahir dalam keadaan cacat.

Jadi, berhati-hatilah memilih spa. Pastikan spa tidak berbahaya bagi janin dan tidak mengggunakan bahan kimia.

Sebenarnya, ada kegiatan lain yang bisa ibu lakukan selain spa jika tujuannya agar tubuh rileks dan fresh seperti berenang, yoga, dan senam ibu hamil. Tiga kegiatan tersebut sekaligus bisa ibu lakukan sebagai cara untuk menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*