Meniru Kebiasaan Anak Di India yang Setiap Hari Mengkonsumsi Susu Balita Terbaik

susu balita terbaik https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Jika ibu suka menonton film India, pasti ibu melihat kebiasaan anak kecil minum susu setiap hari. Mulai dari kecil hingga dewasa, mereka selalu minum susu.

Bagaimana dengan di negara kita? Sayang sekali, susu balita terbaik hanya diberikan hingga usia tertentu seperti usia 2 sampai 3 tahun. Dengan alasan anak sudah mau minum minuman yang lain, banyak orang tua yang menghentikan memberikan susu.

Tentu ada alasan lainnya lagi seperti harga susu yang mahal, anak sudah dewasa sehingga tidak membutuhkan susu lagi, dan alasan lainnya.

Aneh tapi Nyata

Sebenarnya, India bukan negara yang maju. Bahkan, tingkat kemiskinannya saat ini cukup tinggi. Meskipun memang banyak orang-orang kaya di sana.

Namun, jika ibu pergi ke India, ibu akan melihat keanehan di mana masyarakat miskin sekalipun memberikan susu untuk anggota keluarga mereka, terutama anak-anak mereka. Hal ini tidak hanya ada di film saja, tapi kenyataan.

Memang kita tidak tahu apakah susu yang mereka konsumsi itu bagus atau tidak. Yang jelas, mengkonsumsi susu sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari, terutama di pagi hari saat sarapan.

Melawan Budaya

Apakah kebiasaan mengkonsumsi susu balita seperti yang dilakukan di India bisa diterapkan di Indonesia? Bisa tapi tidak mudah.

Orang India mulai kecil hingga dewasa mengkonsumsi susu karena kebiasaan. Sama halnya dengan orang Indonesia yang dikatakan belum makan jika belum makan nasi. Padahal, ada jenis makanan lain pengganti nasi seperti jagung, ketela, roti, dan lain sebagainya.

Jadi, membuat anak mau mengkonsumsi susu untuk balita setiap hari tidaklah mudah. Harus ada kebiasaan yang dilakukan terus menerus sehingga terbentuklah budaya seperti yang ada di India.

Oleh sebab itu, ada dua kuncinya. Yang pertama kebiasaan, yaitu kebiasaan agar setiap anak Indonesia harus minum susu setiap hari hingga dewasa nanti.

Kebiasaan ini harus diawali dengan kesadaran. Ibu sebagai orang tua harus sadar bawasannya anak harus mengkonsumsi susu setiap hari.

Yang kedua adalah kontinyu. Membiasakan mengkonsumsi susu harus dilakukan secara kontinyu dan juga massive. Setidaknya dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membuat masyarakat Indonesia sadar dan terbiasa mengkonsumsi susu setiap hari.

Yang Bisa Ibu Lakukan

Jika ibu merasa bawasannya penting sekali untuk membangun sebuah kebiasaan atau budaya minum susu khususnya untuk balita hingga dewasa, maka ibu bisa memastikan bawasannya si kecil mendapatkan susu balita yang terbaik. Dan pastikan juga anak ibu mengkonsumsi susu setiap hari. Lakukan hal ini hingga anak ibu dewasa.

Selanjutnya, ibu juga perlu memberikan pemahaman kepada saudara ibu yang memiliki balita bawasannya memberikan susu yang terbaik untuk balita itu sangat penting. Selain baik untuk mengoptimalkan perkembangan anak, susu juga akan membuat anak terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Berbagai melalui dunia maya juga sangat bagus. Sekarang ini setiap orang bisa share pengalaman atau pengetahuannya di internet. Dan kini saatnya ibu bisa berbagi serta menularkan kepada orang lain akan pentingnya memberikan susu untuk balita mereka.

Hal-hal kecil tersebut jika dilakukan secara kontinyu akan membuat semakin banyak orang tua sadar pentingnya memberikan susu untuk balita mereka. Dan bukan tidak mungkin masyarakat Indonesia memiliki budaya minum susu setiap hari suatu saat nanti seperti masyarakat India.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*