Menimbang Baik Buruknya Mengkonsumsi Semangka untuk Kesehatan Wanita Hamil

gizi ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan wanita hamil bisa baik dan juga bisa buruk karena mengkonsumsi buah semangka. Bagi ibu yang suka sekali dengan buah menyegarkan yang satu ini, sebaiknya ibu menimbang-nimbang baik buruknya mengkonsumsi buah semangka. Memang buah ini mengandung banyak nutrisi ibu hamil. Namun, tahukah ibu apa hal buruk yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi buah ini?

Tiga Manfaat Utama Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Orang awam sekalipun pasti tahu apa manfaat dari buah semangka. Buah ini sangat segar apalagi jika dikonsumsi di siang hari saat udara sangat panas.

Namun, bukan itu yang berhubungan langsung dengan kesehatan wanita hamil. Buah semangka ternyata mampu mencegah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu terutama kaki.

Saat usia kehamilan sudah mencapai trimeseter kedua atau bahkan trimester ketiga, tubuh ibu akan semakin lebih berat sehingga kaki bekerja lebih keras. Pada kondisi seperti inilah yang sering menyebabkan pembengkakan pada bagian kaki.

Akan tetapi, bukan itu saja yang menjadi penyebabnya. Kebiasaan duduk di kursi setiap hari juga bisa mengakibatkan pembengkakan pada kaki. Alhasil, ibu akan berat menggunakan kaki untuk bergerak sehingga hal tersebut secara tidak langsung akan mengganggu kesehatan ibu hamil. Ibu akan semakin malas berolahraga dan imbasnya adalah hilangnya kebugaran.

Namun, ibu tidak perlu khawatir. Dengan cara mengkonsumsi buah semangka, bengkak pada bagian kaki bisa diatasi. Hal ini disebabkan kandungan di dalam buah semangka mampu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otok pada bagian kaki.

Selain mengatasi pembengkakan pada bagian kaki, buah semangka juga bisa mengatasi masalah dehidrasi. Ibu bisa bayangkan sendiri bagaimana jika ibu mengalami dehidrasi. Tentu kesehatan wanita hamil dan juga kesehatan janin akan terganggu jika seorang wanita hamil mengalami dehidrasi.

Awalnya, tubuh akan lemas. Namun, jika hal ini terus menerus terjadi, maka ada resiko di mana bayi akan lahir dalam keadaan prematur. Tidak mau kan bay ibu mengalami hal tersebut?

Dengan mengkonsumsi buah semangka, maka kebutuhan air akan terpenuhi. Pasalnya, di dalam buah semangka, terdapat kandungan air sebanyak 90%. Dan yang pasti, mengkonsumsi buah semangka jelas lebih enak daripada minum air putih, bukan?

Apakah selama ini ibu masih sering mengalami morning sickness? Umumnya morning sickness itu dirasakan oleh ibu hamil muda. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan ibu hamil tua juga masih mengalami morning sickness.

Jika hal tersebut tidak diatasi, maka kesehatan wanita hamil akan terganggu. Bahkan, ada juga ibu hamil yang harus bed rest karena mual dan muntah yang dialami membuatnya tidak memiliki tenaga sama sekali.

Namun, ibu tidak perlu khawatir. Untuk meringankan morning sickness, ibu cukup mengkonsumsi buah semangka saja.

Efek Negatif Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Terlepas dari tiga manfaat utama buah semangka untuk kesehatan ibu hamil tersebut di atas, ibu harus tahu ada resiko buruk yang bisa terjadi. Salah satunya adalah diabetes. Bagi ibu yang memiliki riwayat diabetes, sebaiknya ibu tidak perlu mengkonsumsi semangka. Kadar gula di dalam buah ini sangat tinggi sehingga bisa menaikkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Lebih parah lagi, semangka juga bisa menyebabkan ibu mengalami kekurangan darah. Rasa pusing yang tiba-tiba menjadi salah satu tanda yang harus ibu waspadai karena hal tersebut bisa disebabkan darah rendah.

Jadi, pertimbangan yang matang harus dilakukan untuk memastikan apakah akan mendapatkan lebih banyak manfaat atau justru lebih banyak kerugian dari buah semangka untuk kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*