Menilik Manfaat Air Hangat Sebagai Cara Menjaga Kehamilan

cara menjaga kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Cara menjaga kehamilan itu tidak hanya melulu pada mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga khusus untuk ibu hamil seperti yoga dan juga senam ibu hamil. Memang semua hal tersebut sangat penting. Namun, tahukah ibu ada hal-hal yang mungkin sering dianggap selepe padahal tersebut dikalah penting dibandingkan dengan susu ibu hamil dalam menjaga kehamilan.

Ibu mungkin tidak percaya jika mengkonsumsi air hangat itu menjadi bagian dari cara menjaga kesehatan wanita hamil. Lebih dari itu, air hangat juga memberikan banyak sekali manfaat lain lagi bagi kesehatan seorang ibu hamli.

Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Air Hangat

Apakah ibu selama ini beraktifitas setiap hari selalu membekali diri dengan air putih? Jika ya, apakah air putih tersebut hangat atau dingin? Kebanyakan air yang dibawa oleh ibu hamil merupakan air dingin. Apalagi jika mereka beraktifitas di sebuah kota yang sangat panas. Tentu saja mereka memerlukan minuman segar seperti air putih yang dingin.

Namun, jika ibu ingin menjaga kehamilan, sebaiknya ibu mempertimbangkan untuk mengganti air dingin dengan air hangat. Ini sebagai cara menjaga kehamilan yang tepat agar ibu terhindar dari depresi dan stres akibat beratnya pekerjaan yang ibu lakukan setiap hari. Menurut pakar kesehatan, mengkonsumsi air hangat bisa menenangkan pikiran sehingga ibu tidak depresi atau stres.

Selain itu, yang tak kalah penting lagi adalah bagaimana air hangat bisa membuat ibu terhindar dari masalah kegemukan atau obesitas. Seperti yang ibu ketahui, banyak sekali efek negatif yang bisa dialami oleh janin dalam kandungan jika ibu mengalami obesitas. Kemungkinan bayi akan lahir dalam keadaan cacat, bayi mengalami keguguran, dan bayi lahir dalam keadaan kegemukan. Untuk itu, salah satu tips menjaga kehamilan adalah mengkonsumsi air hangat agar obesitas bisa dicegah.

Apakah ibu sampai sekarang masih sering mengalami morning sickness? Memang morning sickness itu hal yang alami dialami oleh ibu hamil karena hal tersebut disebabkan oleh tingginya tingkat produksi hormone. Akan tetapi, mual dan muntah yang merupakan tanda-tanda morning sickness juga bisa disebabkan adanya masalah dengan sistem pencernaan.

Itulah mengapa ibu perlu menerapkan cara menjaga kehamilan berupa mengkonsumsi air hangat. Dengan mengkonsumsi air hangat, sistem pencernaan akan lebih baik sehingga ibu tidak akan sering mual dan muntah.

Manfaat Mandi Air Hangat

Selama masa kehamilan, mungkin ibu akan merasa tidak banyak hal yang bisa memanjakan ibu. Beberapa perawatan kecantikan dilarang, kegiatan olahraga favorit tidak boleh dilakukan, dan masih banyak lagi.

Salah satu hal menyenangkan yang bisa ibu lakukan selama masa kehamilan adalah berendam dengan air hangat. Setelah ibu pulang kerja, tidak salah jika ibu bersantai dengan cara merendam di air hangat. Selain menyenangkan dan menenangkan, ini juga bagian dari cara menjaga kehamilan. Dengan berendam air hangat ini, ibu bisa lebih tenang, pikiran fresh, dan ibu terhindar dari stres.

Tentu saja bukan berarti ibu harus berendam air hangat setiap hari. Namun, ibu bisa melakukan cara menenangkan diri seperti ini satu minggu sekali atau dua kali.

Jadi, harus dipahami bahwa cara menjaga kehamilan itu tidak selalu seputar mengkonsumsi makanan sehat atau minum susu ibu hamil. Ada juga cara sederhana yang bisa ibu lakukan yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kehamilan. Jadi, setelah ibu tahu manfaat air hangat, silakan ibu terapkan cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*