Menilai Seberapa Penting Maternity Belt Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

gangguan kehamilan friso.co.id

Kini, kesadaran untuk menjaga kesehatan ibu hamil semakin tinggi. Hal ini bisa dilihat banyaknya ibu hamil yang pergi ke bidan atau dokter kandungan rutin satu kali dalam satu bulan. Selain itu, mereka juga semakin aktif mencari informasi bagaimana menjaga kesehatan. Mereka mendapatkan informasi dari membaca buku, ikut forum ibu hamil secara online di www.ibudanbalita.com atau bahkan ada juga yang ikut seminar kesehatan untuk ibu hamil.

Tidak berhenti di situ saja. Sekarang, semakin banyak inovasi yang diciptakan untuk membantu para ibu hamil menjaga kehamilan mereka. Ada yang berupa obat-obatan, suplemen, multivitamin, pakaian ibu hamil, dan lain sebagainya.

Dan salah satu inovasi yang kini banyak dibicarakan adalah maternity belt. Ini sering disebut dengan penyangga perut ibu hamil. Namun, apakah ibu tahu seberapa penting maternity belt ini?

Apa Ibu Perlu Memakai Maternity Belt?

Pertanyaan tersebut di atas bisa ibu jawab jika ibu tahu apa manfaat dari menggunakan alat yang satu ini. Meskipun alat ini sudah ada di pasaran dan tidak sulit untuk ditemukan, bukan berarti semua ibu hamil memakainya. Lihat saja banyak ibu yang merasa kurang nyaman memakai maternity belt. Mungkin ibu juga merasakan yang sama. Namun, setelah mengetahui fungsinya, ibu mungkin akan berubah pikiran.

  • Menjaga Posisi Kepala Janin

Banyak ibu hamil yang was-was jika posisi kepala janin belum berada di bawah padahal kehamilan sudah mencapai trimester ketiga. Mereka akan berpikir bayi akan sulit dilahirkan dan kemungkinan besar dokter akan melakukan operasi caesar. Bagi ibu yang ingin sekali melahirkan secara normal, tentu ini masalah yang besar.

Hal inilah yang membuat ibu perlu memakai maternity belt. Secara umum, alat ini digunakan untuk menjaga kesehatan kehamilan. Akan tetapi, secara spesifik, ini sangat penting untuk menjaga posisi janin, terutama bagian kepala.

  • Mencegah Sakit Punggung

Saat perut ibu sudah besar, ibu akan merasa beban semakin berat. Bagian tubuh yang sangat terbebani adalah punggung lantaran harus mengimbangi bagian perut yang berat. Akibatnya, sering kali ibu akan merasa sakit punggung. Inilah keluhan kesehatan yang dialami oleh ibu hamil tua.

Memperkuat tulang tentu menjadi hal yang dibutuhkan. Akan tetapi, bantuan lain juga diperlukan. Dengan memakai maternity belt, kerja punggung akan semakin ringan sehingga ibu bisa mencegah sakit punggung.

  • Menjaga Postur Tubuh

Kebanyakan ibu hamil akan kehilangan postur tubuh yang bagus setelah melahirkan. Punggung terlihat membungkuk karena selama masa kehamilan mereka membungkuk lantaran beban perut yang berat.

Tentu ibu ingin mendapatkan postur tubuh seperti sediakala, bukan? Oleh sebab itu, mulai kehamilan trimester kedua, ibu sebaiknya menggunakan maternity belt untuk mencegah hal tersebut.

Itulah beberapa fungsi penting dari alat penyangga perut ibu hamil ini. Apakah ibu merasa perlu untuk memakai alat tersebut?

Macam-Macam Maternity Belt

Selama ini mungkin ibu melihat penyangga perut untuk ibu hamil itu yang seperti sabuk melingkar pada perut di mana bagian depannya seperti ada bantalnya. Ternyata, tidak itu saja lho bu. Alat ini bermacam-macam.

Ada yang disebut dengan belly belt. Bentuknya tipis. Alat ini dipakai melingkar ke seluruh bagian perut. Dan ini dipakai di dalam celana. Jadi, jika ibu memakai atau membuka belly belt ini, maka ibu harus membuka resleting terlebih dahulu.

Maternity belt sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Ada bantalan di bagian depan yang digunakan untuk melindungi perut dan juga janin di dalam kandungan. Sementara itu, support harness merupakan penyangga perut ibu hamil yang juga menyangga bagian punggung. Ini sangat bagus bagi mereka yang sangat memperhatikan tentang kesehatan wanita hamil yang tidak ingin mengalami masalah pada bagian punggung selama masa kehamilan.

Lalu, mana yang ibu harus pilih? Tentu pilihannya sesuai dengan kebutuhan. Belly belt biasanya digunakan untuk kehamilan trimester pertama. Bagi ibu yang sering mengalami keguguran sebelumnya karena getaran, ibu bisa pakai alat ini selama masa hamil muda. Sementara itu, maternity belt dan support harness lebih diperuntukkan ibu hamil tua.

Apapun jenis penyangga perut yang ibu pilih, sebaiknya ibu perhatikan bahan yang digunakan terlebih dahulu. Usahakan agar ibu memilih penyangga yang dibuat dari bahan yang lentur. Hal ini untuk memastikan perut disangga dengan baik tanpa harus merasa terlalu tertekan karena ini tidak baik untuk janin di dalam rahim.

Meskipun alat ini bagus untuk kesehatan ibu hamil. ternyata dokter kandungan tidak menyarankan untuk terlalu lama memakai alat tersebut. Pemakaian yang terlalu lama akan membuat otot perut tidak berkembang secara alami karena dibantu oleh alat penyangga tersebut. Ibu bisa menggunakan alat ini di waktu tertentu seperti ketika bepergiaan karena alat ini mencegah dari getaran atau guncangan.

Ini hanya alat saja untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Yang terpenting tetap pada nutrisi. Ini yang sangat menentukan bagaimana ibu bisa menjalani masa kehamilan dengan baik dan bagaimana perkembangan bayi di dalam kandungan. Hal inilah yang membuat dokter kandungan selalul mendorong setiap ibu hamil untuk mengkonsumsi susu ibu hamil Frisian Flag Mama. Kandungan nutrisinya lengkap dan seimbang untuk memastikan tidak hanya janin berkembang dengan baik tapi juga ibu hamil bisa tetap sehingga mulai dari awal kehamilan hingga proses persalinan nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*