Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil Saja Tidak Cukup

susu ibu hamil https://www.facebook.com/FrisoIndonesia

Susu ibu hamil memang sudah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dan juga ibu hamil itu sendiri. Namun, apakah ibu yakin susu tersebut benar-benar cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin?

Ternyata jawabannya tidak. Meskipun demikian, susu kehamilan itu sangat penting karena dari situlah asupan gizi janin dan juga ibu yang sedang hamil terpenuhi. Hanya saja, pada masa kehamilan, tidak hanya gizi cukup saja yang penting, tapi juga bagaimana menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Oleh karena itu, ibu harus melengkapi dengan beberapa hal, selain secara rutin mengkonsumsi susu ibu hamil. Berikut beberapa hal dimaksud:

Olahraga untuk Ibu Hamil

Ibu pernah dengar istilah senam ibu hamil? Ternyata, selain senam untuk ibu hamil, ada juga jenis olahraga yang sebaiknya ibu lakukan ketika masa kehamilan. Jika senam ibu hamil biasanya dilakukan di sebuah tempat khusus bersama ibu-ibu hamil lainnya dan dipandu oleh instruktur profesional, olahraga ini bisa ibu lakukan sendiri.

Salah satu olahraga yang sangat dianjurkan adalah berenang. Bukannya berbahaya? Ibu tidak perlu khawatir. Menurut penelitian, ternyata berenang bisa menguatkan otot rahim dan panggul sehingga diharapkan ibu akan bisa melakukan proses persalinan dengan lancar dan mudah.

Ada juga tiga jenis olahraga lainnya yang bisa ibu lakukan pada masa kehamilan. Yang jelas, olahraga tersebut sangat aman dilakukan oleh ibu yang sedang dalam kehamilan tua sekalipun.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Istilah makanan bergizi itu berbeda dengan makanan pada umumnya. Pasalnya, ada makanan yang bergizi namun tidak baik untuk ibu yang sedang hamil. Salah satunya adalah makanan seafood berupa kepiting. Meskipun ibu penggemar seafood yang satu ini, usahakan ibu puasa makan kepiting dulu sampai bayi ibu lahir.

Sementara itu, sayur-sayuran hijau seperti bayam merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk perkembangan janin. Bayam berperan dalam mempercepat produksi darah sehingga kebutuhan darah pada rahim terpenuhi. Selain itu, bayam juga mengandung kalsium yang penting ibu dan juga bayi dalam kandungan.

Selama proses kehamilan, ada baiknya juga ibu mengganti nasi putih dengan nasi merah. Jika tidak terbiasa, ibu bisa mencoba untuk mengkonsumsi nasi merah sekali dalam dua hari. Nasi merah memberikan nutrisi ibu hamil seperti karbohidrat tinggi, serat, dan antioksidan.

Memperdengarkan Musik Klasik

Salah satu keutamaan dari mengkonsumsi susu ibu hamil, ibu memberikan nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan janin yang masih ada di dalam kandungan. Akan lebih efektif jika ibu juga memperdengarkan musik klasik. Menurut sebuah penelitian ilmiah, janin yang sering diperdengarkan dengan musik klasik dengan beat rendah memiliki otak yang cerdas. Bisa dikatakan musik klasik bisa mempengaruhi kecerdasan bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Memperdengarkan Beethoven sangat direkomendasikan. Di negara-negara maju, banyak ibu-ibu hamil yang memasang headset di perut mereka dan memutarkan musik Beethoven. Ibu juga bisa mulai memperdengarkan musik Beethoven mungkin ketika santai di sore hari atau di malam hari sebelum tidur.

Menjaga sang buah hati itu bisa ibu mulai ketika masih di dalam kandungan. Lakukan hal-hal tersebut di atas namun jangan lupa juga ibu harus rajin mengkonsumsi susu untuk ibu hamil. Karena pada dasarnya nutrisi yang dibutuhkan oleh janin yang masih ada di dalam kandungan itu sudah terkandung di dalam susu ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*