Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalkulator Online, Tapi Kok Meleset?

menghitung usia kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Cara menghitung usia kehamilan sekarang bisa menggunakan kalkulator online, yaitu sebuah aplikasi yang dibuat oleh programmer untuk menghitung berapa usia bayi dalam kandungan.

Sayangnya, banyak sekali ibu yang complain lantaran hasilnya selalu meleset. Salah satu fungsi dari kalkulator ini adalah untuk mengetahui kapan kira-kira bayi akan lahir ke dunia. Namun, banyak ibu yang mengatakan hasilnya meleset dari perkiraan. Jadi, apa ada yang salah dengan menghitung usia kehamilan tersebut?

Mungkin ibu merasa kalkulator itu tidak valid sehingga ibu akan mencari website lain yang menyediakan fasilitas kalkulator untuk menghitung usia bayi dalam kandungan. Ibu bisa ketik di mesin pencari seperti Google dan pasti ibu akan menemukan beberapa website yang menyediakan layanan tersebut.

Akan tetapi, cara kerja semua kalkulator tersebut sama. Ibu akan diminta untuk memasukkan hari terakhir mengalami haid, bulan, dan juga tahun.

Jadi, intinya tidak ada yang salah dengan kalkulator menghitung usia kehamilan. Ketidaktepatan prediksi persalinan itu karena data yang ibu masukkan hanya bersifat kira-kira saja. Jadi, itulah yang menjadikan prediksi waktu persalinan tidak valid dengan kenyataan.

Akan tetapi, ada juga faktor lain yang membuat prediksi tersebut melenceng. Faktor kesehatan ibu dan janin, faktor air ketuban, dan lain sebagainya bisa membuat waktu persalinan berbeda dengan prediksi.

Yang jelas, kalkulator tersebut bisa ibu gunakan untuk mengetahui kira-kira usia kandungan sehingga ibu bisa mengetahui apa saja nutrisi yang perlu ibu berikan pada usia bayi yang ada di dalam kandungan. Tentunya treatment akan sedikit berbeda ketika ibu mengandung pada trisemester pertama, kedua, dan ketiga, bukan? Jadi, itulah manfaat yang bisa ibu dapatkan dari penggunakan kalkulator menghitung usia kehamilan online.

Adakah Cara Lain yang Lebih Valid?

Mungkin ibu juga masih tidak puas dengan penghitungan usia kehamilan secara online dan ibu mencoba untuk mencari cara lain. Sebenarnya, ada cara manual, tapi hasilnya pasti sama. Karena pada dasarnya kalkulator tersebut bekerja seperti halnya cara manual.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih valid, sebenarnya bu tinggal datang ke dokter kandungan dan meminta untuk dilakukan tes USG. Dengan alat USG, prediksi kelahiran lebih valid. Tes USG memasukkan beberapa faktor yang akan menghasilkan prediksi hari kelahiran yang lebih tepat. Namun, sekali lagi, persalinan itu tidak hanya berdasarkan berapa usia bayi dalam kandungan, tapi juga faktor lalin seperti kesehatan ibu dan bayi itu sendiri.

Yang jelas, dengan mengetahu cara menghitung usia kehamilan entah dengan menggunakan proses penghitungan manual, kalkulator online, atau tes USG, ibu bisa membuat perkiraan kapan si buah hati akan lahir ke dunia sehingga ibu bisa mempersiapkan segala hal mulai dari pakaian si kecil, ranjang tidur, popok, dan lain sebagainya.

Dan yang paling penting, ibu juga bisa mempersiapkan mental karena proses persalinan itu cukup berat. Itulah mengapa ketika menghadapi proses melahirkan, wanita hamil disarankan untuk mengikuti senam ibu hamil agar kebugarannya terjaga sehingga ketika proses melahirkan, ia memiliki energi yang cukup.

Selain itu, ibu hamil juga harus lebih tenang dan jangan stress. Pasalnya, stress akan membuat tekanan darah tinggi dan hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan ibu dan juga bayi.

Setidaknya, walaupun ibu tidak mendapatkan informasi yang valid tentang kapan sang buah hati akan lahir, ibu bisa mempersiapkan beberapa hal tersebut di atas setelah tahu hasil dari penggunaan kalkultor menghitung usia kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*