Mengetahui Kesehatan Si Kecil dari Kukunya

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com
Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Tidak perlu ke dokter anak untuk mengetahui kondisi kesehatan si kecil. Karena ibu sekarang bisa mengetahuinya dengan melihat kukunya saja.

Apakah kuku yang kotor berarti kesehatannya kurang baik? Bukan seperti itu. Memang di situs ibu dan balita sudah dijelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan kuku. Hal tersebut sangat penting mengingat kuku itu mencerminkan kesehatan si kecil secara keseluruhan.

Namun, dalam hal ini, bukan itu yang ingin dibahas. Menurut penelitian ilmu kesehatan, kesehatan anak itu bisa dilihat dari warna kukunya lho.

Tidak percaya? Berikut ini penjelasannya.

Warna Kuku Berbeda-Beda

Coba ibu sekarang lihat kuku ibu sendiri. Ada kemungkinan warna kuku ibu, dengan warna kuku orang lain berbeda lho. Mungkin ibu tidak sadar tentang hal ini. Tapi, jika ibu menyadarinya, pasti sangat lucu bagaimana kuku yang sekilas sama tapi ternyata berbeda.

Warna kuku tersebut dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya dipengaruhi oleh darah atau aliran darah ke organ terutama kuku.

Dan itulah yang menjadi salah satu tanda apakah kesehatan anak itu sudah baik atau sebaliknya.

Ada beberapa warna kuku yang berbeda di mana setiap warna menandakan kondisi kesehatan si kecil.

Warna Kuku dan Tanda Kesehatan

Setidaknya ada 4 warna kuku yang berbeda. Memang warna tersebut tidak mencolok terlihat. Ibu harus memperhatikan betul-betul.

Yang pertama adalah kuku berwarna putih. Jika ada bagian kuku si kecil yang berwarna putih, menurut dokter ada indikasi bawasannya si kecil mengalami masalah hepatitis.

Yang kedua adalah warna kuning. Sebenarnya tidak benar-benar kuning tapi terkadang terlihat seperti orange. Warna kuning ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Beruntung jika hanya disebabkan oleh jamur. Jika tidak, maka itu tandanya si kecil mengalami masalah kencing manis.

Ketiga, kuku berwarna kebiru-biruan. Ini salah satu indikasi bawasanya si kecil mengalami infeksi pada paru-paru. Menurut para ahli kesehatan, salah satu tanda anak kekurangan oksigen itu munculnya warna kebiru-biruan pada kuku.

Yang terkahir adalah kuku berwarna pucat. Ini tandanya si kecil mengalami anemia. Ini yang sering terlihat. Dan setelah ibu tahu bagaimana cara mengetahui kesehatan anak melalui warna kukunya, ibu seharusnya lebih tahu apa yang sebaiknya dilakukan, bukan?

Hanya Indikasi Saja

Yang dijelaskan sebelumnya itu hanya indikasi saja. Harus dipahami bawasannya warna kuku dijadikan salah satu indikasi saja karena untuk mengetahui kesehatan anak secara pasti memperlukan banyak indikasi.

Setidaknya, dengan mengetahui informasi ini, ibu bisa mengetahui walaupun sekilas dan belum pasti tentang kondisi kesehatan si kecil.

Langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan dokter. Ibu bisa datang ke tempat praktek dokter anak atau klinik anak. Atau, sekarang sudah ada fasilitas konsultasi online di website ibu dan balita. Jadi, ibu tidak perlu keluar rumah. Cukup gunakan smartphone, laptop, atau PC untuk bisa berkonsultasi secara online dengan dokter anak.

Selain itu, ibu juga perlu tahu lebih banyak lagi informasi tentang kesehatan anak. Sebenarnya ada tanda-tanda kondisi kesehatan anak yang bisa diketahui dan dipelajari oleh orang awam tentang.

Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan ibu bisa melakukan pencegahan sebelum kondisi kesehatan anak semakin memburuk. Bukankah itu yang paling penting? Dapatkan semua informasi penting mengenai kesehatan balita di www.ibudanbalita.com. Di sanalah ibu bisa mendapatkan informasi yang kredibel karena informasi yang disampaikan berdasarkan fakta ilmiah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*