Mengenalkan Anggota Tubuh Sejak Kecil Itu Penting Sekali Lho Bu

Friso www.friso.co.id

Hati-hati ya Bu terhadap pedofil. Semua orang tua harus waspada dengan hal ini. Sudah banyak anak kecil yang menjadi korban pedofil. Itulah mengapa ibu harus sejak dini mengenalkan anggota tubuh kepada si kecil.

Orang tua manapun memahami hal tersebut. Namun, bagaimana cara mengenalkan anak tentang anggota tubuh? Ini yang banyak orang tua yang tidak tahu. Di www.friso.co.id, ada beberapa cara menarik mengenalkan anggota tubuh kepada si kecil. Setidaknya dengan mengenalkan anggota tubuh, maka si kecil bisa terhindar dari perilaku pedofil.

Usia Berapa Sebaikanya Anak Dikenalkan Anggota Tubuh?

Jika merujuk pada sex education, tentu ibu baru bisa mengajarkan tentang hal tersebut setelah anak sudah cukup dewasa. Namun, memperkenalkan anggota badan juga bisa dijadikan langkah awal sebelum si kecil belajar tentang sex education.

Balita yang baru mulai belajar bicara sudah boleh diajarkan tentang hal ini. Pada dasarnya, ini merupakan proses agar si kecil bisa berbicara sekaligus mengenal anggota tubuhnya sendiri.

Di sela proses belajar tersebut, ibu bisa masukkan nasehat-nasehat tertentu seperti jangan memperbolehkan siapa saja melihat dan menyentuh organ intim. Jadi, tidak secara langsung ibu mengajarkan pendidikan seks layaknya untuk anak yang sudah dewasa tapi lebih menekankan pada bagaimana si kecil bisa melindungi diri ketika ada orang pedofil.

Apalagi sekarang sudah ad acara yang menyenangkan agar si kecil bisa dengan mudah mengenal anggota tubuh. Jadi, sekalipun si kecil baru mulai belajar bicara, ibu juga bisa mengenalkan anggota tubuh.

Cara yang Digunakan Harus Menyenangkan

Ibu ingin tahu ide apa saja yang bisa digunakan agar si kecil mulai belajar mengenal anggota tubuh? Berikut beberapa ide yang bisa ibu terapkan.

  • Melalui Lagu

Di channel Youtube Friso, terdapat lagu asyik tentang anggota tubuh. Ibu bisa cek channel tersebut dan tonton bersama si kecil. Ia pasti sangat suka.

Lagu jelas cara yang tepat untuk mengenalkan hal-hal yang baru kepada si kecil. Karena dengan cara gembira itulah si kecil bisa dengan mudah menyerap ilmu baru. Selain itu, ia juga bisa secara langsung menirukan bagaimana mengucapkan kata-kata tertentu.

  • Bermain Tebak-Tebakan Cara ini sudah dibahas di www.friso.co.id. Jadi, anak diajak untuk menebak anggota tubuh apa yang ibu tunjuk atau pegang. Atau jika si kecil masih kesulitan untuk mengucapkan nama anggota tubuh, ibu yang mengucapkan dan si kecil yang menunjuk anggota tubuh sesuai dengan yang ibu ucapkan.

Namun, jangan terlalu lama ya bu. Akan lebih baik jika ibu yang menunjung anggota tubuh sementara si kecil yang mengatakan nama anggota tubuh tersebut.

  • Memanfaatkan Sticker

Paling menarik itu bermain dengan sticker. Ini yang sering digunakan untuk mengenalkan hal-hal baru kepada si kecil, tidak hanya anggota badan.

Ibu hanya perlu menyiapkan sticker berupa anggota tubuh dan ibu mengatakan anggota tubuh tertentu dan si kecil akan mencari dan menempelkan sticker anggota tubuh tersebut.

Bagaimana? Apakah ibu sudah mendapatkan ide yang bisa ibu lakukan?

Yang pasti, ibu harus ingat bawasannya sejak dini mungkin si kecil harus tahu anggota tubuh mana yang private sehingga tidak boleh dilihat dan dipegang oleh siapapun kecuali dirinya sendiri dan orang tua. Apalagi si kecil sudah mulai sekolah sehingga ibu tidak mungkin bisa memantau secara terus menerus, bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*