Mengenal Beberapa Metode Melahirkan

kiat mempersiapkan tubuh untuk hadapi proses kelahiran normal www.friso.co.id

Secara umum, proses melahirkan atau persalinan dibagi menjadi dua kategori, yaitu secara normal dan secara tidak normal dengan operasi caesar. 

Akan tetapi, tingginya kesadaran akan pentingnya melakukan persalinan secara normal membuat banyak sekali bermunculan metode melahirkan normal yang berbeda-beda.

Hal ini tidak lain bertujuan agar semakin banyak ibu yang berusaha untuk melahirkan secara normal. Selain itu, beberapa cara ini bisa menghilangkan stigma bawasannya melahirkan secara normal itu sakit.

Apa saja metode melahirkan secara normal yang dimaksud?

  1. Water Birth

Ini metode melahirkan normal yang sedang popular lantaran sudah banyak bidan dan juga dokter yang sudah siap untuk membantu proses persalinan dengan metode ini. Sementara itu, di sisi lain, sudah banyak juga ibu yang memberikan testimoni bawasannya metode ini sangat efektif dan tidak membuat persalinan terasa sakit.

Namun, banyak khawatir dengan metode persalinan yang satu ini. Wajar saja karena bayi akan dilahirkan di dalam air. Bagaimana bayi bisa bernafas jika lahir di air? Itu pertanyaan yang sering muncul.

Bidan atau dokter yang berpengalaman melakukan proses persalinan dengan metode water birth ini tahu apa yang harusnya dilakukan.

Yang pasti, proses persalinan dengan cara ini akan membuat ibu terhindar dari rasa sakit. Proses melahirkan pun lebih mudah karena posisi Anda jongkok di dalam air hangat.

  1. Melahirkan Dengan Cara Berdiri

Meskipun jarang yang menggunakan cara ini, bukan berarti ibu tidak bisa mencoba melahirkan dengan metode ini.

Kabarnya, cara ini lebih mempermudah bayi keluar lantaran posisi ibu yang berdiri sedikit condong ke depan. Dan satu lagi keuntungannya, yaitu mengurangi rasa sakit pada pinggang.

  1. Hypno Birth

Dari namanya saja, ibu mungkin sudah bisa membayangkan metode persalinan seperti apa ini.

Metode ini menggunakan cara hipnotis. Namun, bukan berarti ibu tidak sadar ketika melahirkan. Metode hypno ini lebih bertujuan agar ibu bisa mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Persiapannya sangat panjang. Mulai ketika usia kehamilan 25 minggu, ibu harus berlatih hypno birth ini dengan ahlinya. Pada sesi training ini, ibu akan diajarkan bagaimana ibu bisa konsetrasi dan fokus untuk melahirkan dengan mengeliminasi rasa sakit yang terasa.

Biasanya, metode ini menggunakan musik. Musik akan membantu ibu untuk mensugesti diri ibu sendiri agar tidak merasa sakit saat melahirkan.

Saat melahirkan, ibu harus ditemani oleh seorang yang sudah berpengalaman di bidang hypno birth ini. Pastikan juga orang tersebut telah bersertifikasi.

Jadi, metode apa yang akan ibu pilih?

Yang pasti, sebisa mungkin ibu jangan melakukan proses persalinan secara caesar. Pertama, persalinan secara caesar membuat ibu harus menjalani pemulihan setelah melahirkan dalam kurun waktu yang lama.

Selain itu, kemungkinan besar kelahiran anak selanjutnya pun secara caesar.

Terlepas dari beberapa metode persalinan normal yang berbeda-beda, pada intinya ibu harus menjaga kesehatan jika ingin persalinan normal. Dan hal tersebut bisa terjadi jika ibu mengkonsumsi makanan yang sehat, minum susu Frisomom Gold, dan rajin olahraga.

Dalam hal olahraga ibu hamil, ibu bisa memilih antara jalan sehat, berenang, yoga, atau senam ibu hamil. Olahraga tersebut akan membuat ibu sehat selama masa kehamilan dan tubuh semakin siap untuk melakukan persalinan secara normal.

Sekarang, apakah ibu semakin mantap untuk melahirkan normal? Motivasi dari dalam diri ini juga tak kalah penting.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*