Mengawasi Tumbuh Kembang Balita Walaupun Bekerja? Kenapa Tidak

Tumbuh Kembang Balita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Tumbuh kembang balita itu tanggungjawab orang tua, entah ibu dan juga suami ibu. Akan tetapi, ibu tentu lebih dibutuhkan. Oleh sebab itu, peran ibu sangat penting untuk perkembangan sang buah hati. Bagaimanapun juga, ibu harus mengawasi si kecil.

Lalu, bagaimana jika ibu harus bekerja setiap hari? Bukan suatu alasan lantaran ibu bekerja sehingga ibu tidak memiliki waktu untuk mengawasi tumbuh kembang balita. Sebagai wanita karir, ibu tetap bisa juga lho mengatasi tumbuh kembang si kecil. Berikut beberapa hal yang perlu ibu lakukan.

Mempekerjakan Baby Sitter Profesional

Yang harus dipahami adalah bawasannya mengawasi perkembangan balita itu bukan berarti ibu harus selalu hadir di setiap kegiatan si kecil. Mengawasi itu artinya ibu tahu apa yang terjadi terhadap si kecil yang berkaitan dengan tumbuh kembangnya.

Oleh sebab itu, yang pertama yang sebaiknya ibu lakukan adalah mencari baby sitter yang profesional, yaitu baby sitter yang bisa ibu andalkan. Baby sitter tersebut harus tahu seluk beluk seputar tumbuh kembang balita. Ia harus mengerti bagaimana merawat sang buah hati.

Ini merupakan cara pertama yang harus ibu lakukan. Lalu, apalagi yang bisa menunjukkan bahwa ibu memperhatikan perkembangan balita?

Membawa ke Posyandu

Sekalipun ibu sudah mempekerjakan seorang baby sitter, bukan berarti semua urusan berhubungan dengan si kecil diserahkan kepadanya. Tetap saja pada momen tertentu ibu harus turun tangan sendiri.

Salah satunya adalah pada saat posyandu. Satu bulan sekali, ibu harus luangkan waktu untuk mengantarkan si kecil sendiri ke tempat posyandu. Hal ini penting agar ibu tahu bagaimana kondisi kesehatan si kecil. Ibu juga bisa meminta nasehat secara langsung dengan petugas kesehatan yang ada di tempat posyandu.

Memperhatikan Berat Badan Si Kecil

Walaupun ibu tidak bisa selalu hadir menemani si kecil, ibu bisa juga lho memperhatikan tumbuh kembang balita. Caranya adalah selalu menimbang berat badan secara rutin. Mungkin ibu bisa menimbang berat badan balita satu atau dua kali dalam satu bulan selain pada saat posyandu. Dengan cara ini, ibu bisa memperhatikan apakah tumbuh kembangnya normal atau tidak.

Hal ini disebabkan berat badan balita itu juga dijadikan sebagai salah satu faktor apakah balita sehat atau tidak. Untuk itu, ibu bisa membeli alat menimbang berat badan di rumah agar ibu bisa menimbang berat badan si kecil kapanpun. Dan ini merupakan bagian penting untuk memperhatikan tumbuh kembang balita.

Untuk itu, ibu harus tahu berapa berat badan balita ideal. Dalam hal ini, berat badan balita berdasarkan usianya. Jika ternyata berat badannya di bawah angka normal, maka ibu perlu untuk meningkatkan pemberian makanan yang bernutrisi tinggi.

Pada intinya, ibu tidak perlu dengar apa kata orang lain yang sering mengatakan bahwa sebagai wanita karir ibu tidak bisa memperhatikan tumbuh kembang balita. Sekarang ibu tahu memperhatikan perkembangan si kecil tidak harus berada di sekitar si kecil setiap saat. Dengan cara tersebut di atas, ibu sudah memperhatikan tumbuh kembang anak.

Tidak perlu juga ibu resign hanya karena ibu khawatir dengan tumbuh kembang balita. Dengan menerapkan tips tersebut di atas, ibu akan pastikan balita berkembang normal. Kontrol terus kesehatan si kecil sehingga ibu tidak perlu khawatir dengan tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*