Mengatasi Ruam Popok Bayi dengan Bahan Alami

Mengatasi ruam popok bayi www.johnsonsbaby.co.id

Ibu melihat ada tanda-tanda atau bentol merah pada daerah popok bayi? Jangan khawatir, bisa jadi itu karena bayi ibu mengalami masalah ruam popok, ruam popok ditandai dengan kulit yang meradang dan ruam di daerah popok, yang meliputi paha atas, pantat, dan daerah genital, perlu ibu ketahui bahwa hal tersebut adalah hal yang sangat umum terjadi pada bayi.

Masalah ruam popok juga tidak menandakan bahwa anak ibu kurang terawat. Namun, jika ruam popok tidak diobati dengan cepat makan dapat menyebabkan infeksi jamur atau bakteri, dan membuat masalah yang sebenarnya wajar tersebut menjadi lebih parah. Itulah mengapa mengatasi ruam popok  bayi perlu dilakukan segera ya bu.

Lalu apa sebenarnya penyebab terjadinya ruam popok?

Penyebab ruam popok

Penyebab utama dari ruam popok adalah popok kotor yang terlalu lama digunakan oleh bayi ibu, baik basah karena air kencing atau kotor karena bayi BAB. Penyebab umum lainnya adalah infeksi jamur, alergi makanan, masalah pencernaan, sensitif terhadap popok, dan popok yang tidak dicuci dengan baik. Gejalanya bisa berupa kulit merah, radang, dan bahkan lecet.

Jika bayi ibu mengalami ruam popok, ibu harus membiarkan bayi tidak menggunakan popok untuk sementara waktu agar kulitnya bisa bernapas dan menghilangkan kelembaban dengan alami. Selain itu juga ada banyak cara yang bisa ibu coba untuk membuat bayi ibu merasa nyaman dan mempercepat proses penyembuhan dari ruam popok tersebut.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi masalah ruam popok yang menimpa bayi ibu, namun lebih baik gunakanlah bahan-bahan yang sifatnya alami dan tidak memiliki efek samping yang dapat membahayakan bayi ibu yaa.

Cara mengatasi

Berikut ini cara untuk mengatasi ruam popok bayi dengan menggunakan bahan-bahan alami :

  • Oatmeal

Oatmeal ternyata dapat dijadikan sebagai obat untuk masalah ruam popok pada bayi ibu, caranya dengan menggunakan oatmeal saat ibu sedang memandikan bayi. Campurkan bubuk oatmeal kedalam bak mandi bayi kemudian mandikan bayi didalam bak yang telah terisi air dan bubuk oatmeal

  • Minyak Lavender

Minyak lavender terbukti dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi ruam popok pada bayi ibu, caranya adalah dengan mengoleskan minyak lavender di bagian-bagian yang lecet atau mengalami masalah ruam popok

  • Lidah Buaya

Lidah buaya terbukti memiliki banyak sekali manfaat, selain bagus untuk rambut ternyata lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai solusi mengatasi ruam popok secara alami. Oleskan secara langsung gel atau bagian dalam lidah buaya ke bagian ruam bayi ibu.

  • Plain Yoghurt

Plain Yoghurt mengandung zat acidophilus yang bersifat melawan infeksi ragi, cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan secara lembut ke daerah sekitar ruam bayi.

Namun ibu harus ketahui bahwa tentunya mencegah lebih baik dibandingkan mengobati, jadi sebaiknya untuk selalu memastikan kebersihan area popok bayi, selain itu hindari untuk menggunakan jenis popok sekali pakai kemudian usahakan jika bayi sedang berada dirumah tidak terus dibiarkan menggunakan popok dan jika ternyata masalah ruam popok masih terjadi bisa jadi itu karena merek popok yang ibu gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit bayi yang sensitive dan mudah iritasi, sebaiknya gunakan popok berbahan lembut tandan pewarna dan zat lainnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*