Memilih Nestle Bubur Susu Yang Mengandung Banyak Gizi

nestle bubur susu Source: Forum Ibu dan Kehamilan

Bayi yang sudah berusia 6 bulan memang sudah boleh memakan makanan pendamping ASI. Makanan yang bisa dikonsumsi bayi selain ASI yaitu bubur bayi sehat. Hal ini dikarenakan pencernaan bayi yang masih  belum bisa mencerna makanan yang keras. Bubur bayi sehat adalah bubur yang mengandung gizi yang seimbang. Jika gizi yang seimbang pada bubur bayi tidak terpenuhi maka bayi anda akan mudah sakit dan pertumbuhannya pun akan lambat. Untuk itu anda harus memperhatikan gizi yang terkandung dalam bubur bayi tersebut.

Pemberian gizi pada bubur bayi ini juga haruslah bervariasi. Dengan begitu perkembangan bayi akan sesuai dengan usianya. Kemudian kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh juga terpenuhi dengan nestle bubur susu.

Vitamin yang dibutuhkan oleh bayi merupakan vitamin yang didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Dengan menambahkan sayur-sayuran dan buah-buahan pada bubur bayi akan membantu sel-sel yang berkembang pada bayi tumbuh dengan sempurna. Sayur- sayuran dan buah-buahan yang dibutuhkan bayi juga harus diperhatikan. Dalam menunjang pertumbuhan bayi, sayuran dan buah yang mengandung vitamin C dan A sangat baik untuk bayi. Untuk itu anda harus memberikan bubur bayi yang mengandung kedua vitamin ini. Vitamin C dan A tersebut didapat dari sayuran hijau seperti bayam dan juga wortel. Anda tak perlu bingung mencari bubur yang terdapat kandungan kedua vitamin ini karena kini Nestle Cerelac Bubur Susu mempunyai varian kandungan wotel, bayam dan labu.

Kandungan gizi yang juga harus ada dalam bubur bayi sehat adalah karbohidrat. Karbohidrat ini dibutuhkan bayi sebagai sumber energi. Sumber energi yang terpenuhi pada bayi akan membuat bayi anda ceria dan aktif. Karbohidrat yang dibutuhkan bayi seperti pada biji-bijian, sereal, beras putih dan merah. Anda bisa memberikan bubur bayi dengan karbohodrat yang terdapat di Bubur bayi Nestle. Hal ini karena Nestle mempunyai varian bubur bayi dengan kandungan karbohidrat yang bervariasi. Anda bisa memilih Nestle Cerelac Bubur Susu Oat atau pun beras merah. Kandungan karbohidrat mana pun yang anda pilih baik untuk bayi anda.

Jika anda ingin sistem metabolisme bayi anda berkembang dengan baik maka anda harus memberikan kandungan protein di dalam bubur bayi yang anda berikan. Dengan adanya protein pada bubur bayi juga dapat membuat anda tidak mudah terserang penyakit karena antibodi pada bayi anda kuat dan juga sehat. Anda bisa memilih kandungan protein yang terdapat dalam telur, ikan, ayam atau pun daging merah. Jika anda tidak ingin repot anda bisa memilih kandungan protein yang terdapat di dalam bubur bayi Nestle dengan varian tim ayam sayur. Kandungan tim ayam sayur pada bubur Nestle akan sangat memenuhi kebutuhan protein bayi anda.

Walaupun bayi anda sedang mengonsumsi ASI, anda juga harus memberikan bubur bayi yang mengandung kalsium. Dengan memberikan bubur dengan kalsium maka akan membantu pertumbuhan tulang pada bayi anda. Selain itu juga gigi pada bayi  akan tumbuh tepat waktu. Kalsium yang akan berikan pada bubur bayi ini berasal dari susu atau pun ikan. Untuk memilih bubur bayi sehat yang mengandung kalsium anda tak perlu repot karena semua varian bubur bayi Nestle terdapat kandungan kalsium yaitu susu.

Tanda-Tanda Bayi Sudah Bisa Diberikan Nestle Bubur Susu

Pada usia ini umumnya bayi sudah mulai siap makan makanan padat, walau beberapa ahli menyarankan untuk tetap hanya memberikan ASI atau formula hingga 6 bulan untuk mengurangi resiko alergi terhadap makanan selain ASI dan formula. Berikut ini beberapa tanda yang perlu diperhatikan sebelum memberikan bubur untuk si kecil;

  • Sudah bisa menegakkan kepala sendiri
  • Bisa duduk dengan baik di kursi
  • Bisa melakukan gerakan mengunyah
  • Berat badan terlihat meningkat hingga kira-kira sudah dua kali lipat berat badan ketika lahir
  • Terlihat tertarik pada makanan
  • Bisa menutup mulut jika disodorkan sendok
  • Bisa memindahkan makanan dari mulut bagian depan ke mulut bagian belakang
  • Bisa menggerakan lidah, dan tidak lagi mendorong makanan kelur menggunakan lidah
  • Terlihat masih lapar setelah diberi delapan hingga sepuluh kali ASI atau 1200 cc susu formula

Mengonsumsi Nestle Bubur Susu Tanpa Tambahan Lain

Dalam pemberian bubur susu ini ada makanan yang tidak boleh dicampurkan pada bubur ini, diantaranya adalah;

  • Madu. Tidak dianjurkan untuk bayi dibawah usia satu tahun, karena ada kemungkinan terkena bakteri Clostridium Botulinum. Bayi belum memiliki imunitas terhadap bakteri ini.
  • Garam. Makanan bayi sebaiknya tidak diberi garam karena belum kuat diproses oleh ginjalnya. ASI dan formula sudah mencukupi kebutuhan garam ditubuhnya
  • Gula. Biarkan bayi tidak terbiasa pada rasa manis yang bisa merusak giginya.
  • Kacang. Selain ada kemungkinan tersedak, kacang juga sangat berpotensial menimbulkan reaksi alergi
  • Susu sapi sebagai minuman. Tidak mencukupi kandungan lemak, nutrisi terutama besi, dan kalori. Terlalu banyak sodium. Juga berpotensi menjadi alergen. Kecuali produk susu seperti keju, diperbolehkan setelah bayi berusia 6 bulan.
  • Gandum dan segala produknya. Alergen bisa menimbulkan reaksi alergi
  • Telur. Alergen, terutama bagian putihnya yang memiliki banyak kandungan protein.
  • Buah-buahan asam, seperti jeruk, anggur, nanas. Perut bayi belum kuat untuk diberi makanan asam

Pada usia 4 sampai 6 bulan ini, ASI atau susu formula masih menjadi sumber utama makanan bayi. Makanan lain hanya sekedar tambahan. Belajar makan adalah yang hal yang terpenting pada usia ini. Nestle bubur susu bisa Anda berikan untuk buah hati Anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*