Memilih Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

makanan sehat untuk ibu hamil kompas.com

Memilih menu makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama memang harus  benar-benar diperhatikan sebab makanan yang dikonsumsi pada usia kehamilan muda penting untuk fondasi awal perkembangan janin. Dalam masa trimester pertama, ibu hamil masih berada pada kondisi yang sangat rentan terutama bagi kesehatan bayinya.

Mayoritas kasus keguguran terjadi pada usia kehamilan muda, dan salah satu faktor utama penyebabnya yaitu makanan. Apabila ibu hamil tidak berhati-hati dalam memilih makanan, mungkin saja secara tidak sengaja akan mengonsumsi makanan yang tidak sehat untuk janin atau bahkan makanan penyebab keguguran. Tidak semua menu makanan yang sehat dikonsumsi oleh orang normal atau yamg sedang tidak sedang hamil juga sehat dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pada masa kehamilan muda ibu hamil akan sering merasakan beberapa gejala hamil pada umumnya seperti sering mual dan muntah, pusing, merasa kurang nyaman serta kaki yang terkadang bengkak. Namun hal tersebut ternyata bisa dikurangi dengan cara mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Jika gizi atau nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil setiap harinya dapat terpenuhi, maka seorang wanita hamil bisa mengurangi keluhan-keluhan tersebut. Banyak jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, akan tetapi banyak juga jenis makanan sehat dan alami yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil.

Mengonsumsi Makanan Sehat Bagi  Ibu Hamil Di Bulan-Bulan Awal

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil ketika mengandung di trimester pertama. Jenis-jenis makanan tersebut dinilai kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dan bayi. Disamping itu tentunya juga penting untuk perkembangan janin. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat dan alami yang tepat untuk Anda konsumsi ketika sedang hamil terutama pada trimester pertama.

-Buah

Buah-buahan segar merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama. Nutrisi-nutrisi yang terdapat dalam buah sangat berguna untuk meningkatkan stamina ibu hamil dan untuk pertumbuhan janin terutama dalam trimester pertama. Jenis buah yang baik untuk ibu hamil trimester pertama misalnya saja  adalah jeruk, pisang, dan apel. Rasanya lezat, dan biasanya kebanyakan orang pasti menyukai jenis buah ini. Kandungan asam folat yang ada pada pisang bisa membantu perkembangan sel-sel otak bayi, dan asupan asam folat harus terpenuhi setiap harinya bagi ibu hamil.

– Sayuran

Sayuran merupakan salah satu yang dianjurkan untuk ibu hamil. Sebenarnya bukan hanya untuk ibu hamil, namun semua orang pun disarankan agar mengonsumsi sayuran setiap harinya untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Anda. Jika selama ini Anda kurang suka sayuran atau bahkan tidak suka sayuran. Akan tetapi saat Anda sedang hamil, sesekali konsumsilah sayuran karena konsumsi sayuran sangat baik untuk perkembangan janin Anda dan untuk menamah stamina Anda sendiri setiap harinya. Jenis sayuran yang disarankan untuk ibu hamil yaitu seperti ayam yang mengandung banyak zat besi. Zat besi akan membantu produksi hemoglobin dalam tubuh dan bisa mengurangi rasa mual.

– Kacang-Kacangan dan Sereal

Ketika kandungan Anda masih memasuki usia trimester pertama dan Anda sangat ingin ngemil, Anda mungkin dapat mencoba mengonsumsi jenis kacang-kacangan dan juga sereal. Anda dapat  mengonsumsi kacang kedelai, kacang hijau atau kacang merah sebab  kandungan karbohidrat, vitamin B, kalsium yang ada pada makanan tersebut dapat meningkatkan kondisi kesehatan ibu hamil dan melancarkan perkembangan bayi dalam kandungan. Disamping itu juga merupakan makanan sumber asam folat yang baik untuk ibu hamil. Asam folat sangat penting bagi  perkembangan kecerdasan janin. Namun hindari kacang-kacangan bila Anda alergi. Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang baik bagi  ibu hamil trimester pertama yang harus Anda konsumsi untuk menjaga kondisi diri sendiri dan juga membantu perkembangan janin di dalam kandungan.

Cara Mengolah Makanan Sehat Untuk Ibu Hami Dan Tips Mengatasi Rasa Mual

Anda harus sering makan namundengan porsi yang sedikit. Hal ini ditujukan supaya pekerjaan usus menjadi tidak terlalu berat dan pergerakannya terjadi secara konsumsi. Ketika Anda sedang hamil trimester pertama, seorang ibu hamil dapat  makan sebanyak 6 sampai 8 kali sehari. Setelah mengonsumsi jenis-jenis makanan untuk ibu hamil yang diatas tadi, mungkin Anda juga masih merasa mual dan sering muntah. Untuk menghindari hal tersebut, dianjurkan supaya  Anda tidak langsung turun atau beranjak dari tempat tidur saat bangun di pagi hari.

Setelah membuka mata, silahkan Anda duduk terlebih dahulu sambil megonsumsi makanan-makanan ringan atau minum sari buah. Barulah setelah itu Anda membasuh muka, kemudian sarapan. Untuk menghindari gejala-gejala umum yang mengganggu, makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama harus mengandung banyak serat agar bisa mengurangi konstipasi selama kehamilan. Apabila Anda berhasil mengatasi berbagai gejala mengganggu tersebut, tugas Anda selanjutnya sebagai ibu yang mengandung adalah dengan menjaga kondisi kehamilan Anda.

Apabila  Anda merupakan  seorang wanita karir, kurangilah pekerjaan Anda dan perbanyak istirahat agar kondisi kesehatan Anda tidak menurun. Kemudian jaga juga kondisi mental Anda, usahakan agar selama hamil terutama di usia-usia hamil muda untuk tidak terlalu stres dan pusing memikirkan kehamilan Anda. Bersikaplah lebih santai dan lebih tenang.  Cara dalam mengolah makanan tersebut sebenarnya sangat mudah. Intinya Anda harus benar-benar memperhatikan apa yang akan Anda olah untuk makanan sehat untuk ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*