Memenuhi Gizi Ibu Hamil Dengan Pola Makan Yang Sehat

sumber lemak ibu hamil www.awalsehat.nestle.co.id

Bagi Anda Ibu Hamil yang tentunya ingin pertumbuhan janin dalam kandungan Anda lebih baik lagi maka Anda juga harus memenuhi gizi untuk kandungan Anda secara seimbang.

Misalnya saja Anda bisa dengan mengatur gizi tentang pola makan yang sehat dan baik untuk kandungan Anda. Anda juga harus menghindari makanan yang sudah terkontaminasi dengan berbagai zat membahayakan bagi kehamilan Anda.

Dengan bertambahnya usia kehamilan maka akan bertambah pula kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil, terutama ketika usia kehamilan yang memasuki trimester kedua biasanya janin akan tumbuh lebih cepat, terutama pertumbuhan otak dan juga susunan syaraf.

Naiknya berat badan yang ideal antara sebelum hamil dan ketika mendekati persalinan yaitu sekitar 12 sampai 15 kilogram.

Jenis Asupan Nutrisi Ibu Hamil

Agar perkembangan janin lebih maksimal dan gizi Anda tercukupi, maka sebaiknya Anda Mengkonsumsi makanan sehat berikut ini:

1. Pertama yaitu Kalori, kalori yang diperlukan ibu hamil adalah antara 300 sampau 400 kkal perharinya dan bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan.

Misalnya saja; kalori yang didapatkan dari umbi-umbian dan nasi sebagi sumber karbohidrat yaitu 45%, sedangkan 30% diperoleh dari lemak nabati ataupun hewani, dan 25% bisa dari protein dan berbagai macam buah serta sayuran.

2. Kedua yaitu Protein, protein bagi ibu hamil mempunyai fungsi untuk sumber kalori dan zat pembangun, pembentukan darah serta pembentukan sel.

Pada kenyataannya, Ibu hamil memerlukan sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak ketika belum dalam kondisi hamil. Zat protein bisa didapatkan dari putih telur, daging, tempe, tahu, dan juga berbagai jenis kacang.

3. Ketiga yaitu Kalsium, kalsium mempunyai fungsi untuk pembentukan gigi dan tulang janin di dalam kandungan dan juga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis pada ibu hamil.

Zat kalsium bisa didapat dari susu dan produk olahan susu yang lainnya seperti yoghurt.

4. Keempat yaitu Zat Besi, zat besi pada ibu hamil berfungsi untuk membentuk sel darah merah atau hemoglobin dan juga dapat mengurangi resiko anemia pada ibu hamil.

Zat besi yang diperlukan bagi ibu hamil setelah usia kehamilan 20 minggu yaitu sebanyak 30 mg per harinya, dan bisa didapatkan dari ikan, hati, atau daging.

5. Kelima Asam Folat, asam folat sangat dibutuhkan oleh janin karena mempunyai fungsi untuk membangun sel dan sistem syaraf. Ketika trimester pertama janin akan membutuhkan sekitar 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

Dan jika tidak terpenuhi, maka perkembangan janin tidak bisa maksimal bahkan bisa mengalami anenchephaly atau tanpa batok kepala, bibir sumbing dan juga menderita spina bifda atau tulang belakang yang tidak bisa tersambung. Kandungan Asam folat bisa didapatkan dari berbagai macam buahan, beras merah dan berbagai macam sayuran.

6. Keenam yaitu Vitamin A, C dan D. Vitamin A mempunyai fungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan, imunitas menjaga fungsi mata, pertumbuhan tulang dan kulit.

Vitamin C berfungsi untuk menyerap zat besi, kesehatan gusi dan gigi, menjaga jaringan dari organ tubuh dari berbagai kerusakan dan memberikan otak berupa sinyal kimia, hal tersebut terjadi karena vitamin C mengandung antioksidan yang cukup banyak.

Jika gizi diatas sudah dapat terpenuhi maka Anda sebagai Ibu Hamil tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai gejala ringan seperti anemia, gusi berdarah dan gejala kurang enak badan lainnya.

Hal yang lebih penting dalam mengetahui kecukupan gizi ibu hamil, yaitu dengan mengetahui perkembangan berat badan selama kehamilan ketika melakukan pemeriksaan secara rutin. Makanan yang bergizi memang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, sebab juga akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janinnya.

Jenis Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Masa Kehamilan Atau Trimesternya

Makanan ibu hamil memang harus mengandung gizi yang seimbang, itu artinya makanan yang dikonsumsi harus bisa memenuhi segala kebutuhan gizi selama kehamilan.

Oleh sebab itu, meskipun Anda makan dalam jumlah banyak namun bila jenis makanannya tidak bergizi maka tidak akan membantu kesehatan Anda dan janin Anda secara maksimal.

Untuk jumlah kalori yang dibutuhkan ibu hamil sesuai dengan usia kehamilannya, yakni: Makanan untuk ibu hamil muda atau 6 bulan pertama kehamilan lebih baik mengandung kalori sekitar 2.000 kalori setiap harinya.

Akan tetapi, selama 3 bulan terakhir kehamilan (trimester ketiga) Ibu hamil akan memerlukan tambahan sekitar 200 kalori per hari. Jadi jumlah kalori yang dibutuhkan ibu hamil yaitu sekitar 2.200 kalori per hari.

Berdasarkan masa kehamilannya, Ibu Hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi seperti berikut ini:

1. Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama (I) yaitu Pisang, Pisang sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil trimester pertama karena bisa mengurangi mual atau ngidam yang pada umumnya dialami oleh ibu hamil muda dalam 3 bulan pertama.

2. Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua (II) yaitu Telur, Telur merupakan makanan yang bergizi untuk ibu hamil sebab kuning telur mengandung kolin, nutrisi penting yang memiliki peran penting dalam perkembangan otak bayi atau janin selain bisa meningkatkan perkembangan otak Anda sendiri.

3. Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga (III) yaitu Pepaya, Pepaya merupakan buah tropis yang penuh dengan vitamin C, serat, asam folat, dan juga potasium. Pepaya matang juga merupakan buah yang bisa mengatasi sembelit, biasanya sering terjadi selama kehamilan terutama pada trimester ketiga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*